Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Tujuan Resensi Novel dalam Kehidupan Sehari-hari Pecinta Literasi Wajib Tau!

 




Tujuan resensi novel merupakan kegiatan mencari informasi dari bacaan
Tujuan resensi novel bisa dimanfaatkan oleh calon pembaca
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id
-Tujuan resensi novel bukan hanya sekedar memberikan pandangan subjektif tentang kesenangan atau ketidak-sukaan atas sebuah karya. 

Namun, tujuan resensi novel juga berfungsi sebagai sebuah informasi tambahan bagi calon pembaca.

Fungsi dan Tujuan Resensi Novel

Bagi calon pembaca wajib tau, sebenarnya apa sih tujuan resensi novel. Berikut ini tujuan resensi novel:

1. Informasi Umum

Pertama, resensi novel berfungsi sebagai pembuka pintu bagi pembaca buku yang mungkin belum mengenal atau belum pernah membaca karya yang diresensi sebelumnya. 

Resensi diharapkan dapat memberikan gambaran umum mengenai isi novel, alur cerita, latar belakang, dan karakter tokoh-tokohnya. 

2. Bahak Pertimbangan

Kedua, resensi novel juga berfungsi sebagai bahan pertimbangan untuk menambah wawasan tentang karya sastra dan genre sastra yang sedang dibicarakan. 

Apalagi untuk orang yang sedang menggeluti dunia sastra atau sedang menempuh pendidikan di jurusan sastra, resensi novel sangat membantu untuk memperluas pengetahuan mereka.

3. Bentuk Apresiasi

Ketiga, resensi novel juga berfungsi sebagai sarana apresiasi terhadap karya sastra sehingga karya itu menjadi lebih dihargai oleh pembaca. 

Karya sastra merupakan karya seni yang harus diapresiasi untuk nilai-nilai estetikanya. Saat resensi positif diberikan dan diterima, penulis dan penerbit merasa dihargai dan termotivasi untuk terus menghasilkan karya. 

4. Saran Kritik 

Keempat, resensi novel juga berfungsi sebagai sarana kritik terhadap karya sastra dalam hal penyajian cerita, karakter tokoh, alur, gaya dan sebagainya. 

Kritik yang membangun dari resensi novel terkadang dibutuhkan oleh pengarang untuk mengembangkan karya sastra yang lebih baik. 

5. Promosi

Kelima, resensi novel berfungsi sebagai sarana promosi bagi penulis dan penerbit. 

Karya-karya sastra yang memiliki resensi positif dapat mempengaruhi pembeli buku untuk membeli dan bersedia membaca karya tersebut. 

Itulah beberapa tujuan dari resensi novel. Resensi dapat membantu pembaca untuk mengetahui gambaran umum mengenai sebuah novel.

Memberikan informasi tambahan, menambah wawasan sastra, serta memberikan sarana apresiasi dan kritik.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter