Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

7 Keutamaan Tadarus Al Qur'an di Bulan Suci Ramadhan, Apa Saja?

 

7 Keutamaan Tadarus Al Qur'an di Bulan Suci Ramadhan, Apa Saja?
Keutamaan Tadarus Al-Qur'an di bulan Suci Ramadhan (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Muslim, yang di mana umat Muslim diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Selain itu juga dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan sunnah yang diperintahkan oleh Allah melalui Al Quran dan Rasulullah saw. 

Salah satu amalan yang disunahkan di bulan Ramadhan adalah Tadarus Al Quran, yaitu membaca Al Quran di malam hari.

Sejak turunnya ayat pertama Al Quran di waktu malam pada bulan Ramadhan, bulan suci ini disebut dengan Syahrul Qur’an atau Bulan Al Quran. 

Seperti yang tertera dalam Surah Al-Baqarah ayat 185, Allah SWT telah memilihi bulan Ramadhan untuk menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia. 

Oleh karena itu, di bulan Ramadhan, kita dapat menjumpai umat Muslim yang membaca Al Quran di masjid hingga larut malam atau di rumah, untuk meningkatkan nilai keimanan dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Keutamaan Tadarus Quran di Bulan Ramadhan.

Selain mendapatkan pahala yang besar, terdapat juga keutamaan tadarus Al Quran di Bulan Ramadhan yang perlu diketahui sebagai tambahan motivasi dalam melaksanakan amalan ini. 

1. Mendapat Syafaat dari Al Qur'an 

Pertama, orang yang membaca atau menghafal Al Quran dan melaksanaknnya di Bulan Ramadhan akan menjadi pemberi syafaat di hari kiamat. 

Hadist menyatakan bahwa pada saat kiamat tiba, Nabi Muhammad saw akan datang untuk memberikan Syafa’at kepada umatnya yang rajin membaca dan mengamalkan Al Quran.

2. Akan Didatangi Al Qur'an Kelak di Akhirat 

Kedua, Al Quran akan mendatangi orang-orang yang membaca dan mengamalkan isi kandungannya di akhirat kelak. 

Ini dapat memotivasi umat Muslim untuk saling mengingatkan dan mendukung satu sama lain dalam membaca dan mengamalkan Al Quran selama di dunia.

3. Menjadi Hujjah atau Pembela di Hadapan Allah

Ketiga, Al Quran dapat menjadi hujjah atau pembela di hadapan Allah SWT. Salah satu Hadist menyatakan bahwa Al Quran adalah hujjah bagi orang yang memilikinya dan membacanya.

4. Termasuk Golongan Terbaik di Sisi Allah

Keempat, orang yang gemar membaca Al Quran di Bulan Ramadhan akan masuk ke dalam golongan orang terbaik di sisi Allah. 

Karena selama hidupnya, dia senang membaca Al Quran dan mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai keimannya sangat tinggi.

5. Pahala Dilipatgandakan 

Kelima, pahala yang didapatkan seorang muslim ketika membaca Al Quran di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan menjadi lebih besar dari pada bulan-bulan lainnya. 

Ini adalah salah satu anugerah Allah SWT yang membuat umat Muslim lebih terpacu untuk fokus dalam membaca Al Quran di bulan suci ini.

6. Ditempati Malaikat di Surga Kelak

Keenam, orang yang membaca dan menghafal Al Quran akan ditemani malaikat mulia di surga kelak. 

Orang yang gemar membaca Al Quran akan memiliki keberkahan dan melindungi dirinya dari berbagai marabahaya serta kesialan.

7. Memiliki Bau Harum

Terakhir, orang yang rajin membaca Al Quran di bulan Ramadhan akan memiliki bau harum dan enak di sisi Allah SWT. 

Orang yang rajin membaca Al Quran akan menciptakan energi positif yang dapat membangun karakter dan keimanan Muslim yang lebih kuat.

Dengan memahami keutamaan Tadarus Al Quran di Bulan Ramadhan ini, diharapkan umat Muslim dapat lebih semangat dan konsisten dalam melaksanakan amal ibadah ini tidak hanya pada bulan suci Ramadhan, tetapi juga di bulan-bulan berikutnya. 

Hal ini menjadi salah satu cara untuk menjadi lebih dekat dengan Allah SWT, mendapatkan keberkahan, serta meningkatkan nilai keimanan dan taqwa kepadaNya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter