Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Cara Memperbanyak ASI, Dijamin Kebutuhan Si Kecil Akan Terpenuhi!

Cara Memperbanyak ASI, Dijamin Kebutuhan Si Kecil Akan Terpenuhi!
Memompa asi untuk meningkatkan kualitasnya (Dok. Istimewa)


 SwaraWarta.co.id - Menjaga kesehatan dan kebutuhan si kecil memang menjadi prioritas utama bagi setiap orang tua, terutama ketika sedang dalam masa menyusui. 

Cara Memperbanyak ASI dengan Mudah 

Namun, banyak ibu yang sering mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI yang cukup dan terkadang bisa membuat si kecil menjadi kurang bergizi. 

Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara yang dapat membantu memperbanyak produksi ASI.

1. Memompa ASI Setelah Menyusui

Ibu menyusui dapat memompa ASI setelah menyusui bayi. Karena biasanya payudara masih penuh dengan ASI setelah bayi disusui dan ini bisa menyebabkan payudara terasa kencang dan keras. 

Dalam hal ini, penggunaan pompa ASI dipercaya dapat membantu menjernihkan kelenjar susu menjadi lebih baik dan juga membuang semua ASI yang tersisa. 

Menyimpan ASI di dalam lemari pendingin dengan suhu yang ideal untuk jadwal menyusui selanjutnya bisa membantu menjaga kualitas ASI. 

Metode ini membantu untuk memperbanyak produksi ASI karena payudara yang kosong dapat memicu produksi ASI tetap berjalan dan meningkatkan produksinya seiring waktu.

2. Lebih Sering Menyusui Bayi

Cara kedua, menyusui bayi lebih sering. Pada awal kelahiran bayi, jadwal pemberian ASI biasanya belum teratur. 

Meski begitu, ibu disarankan untuk memberikan ASI kapan pun bayi membutuhkannya. 

Menyusui lebih sering bisa meningkatkan produksi ASI karena pelepasan hormon prolaktin yang berperan merangsang produksi ASI pada ibu. 

Ibu disarankan memberi ASI setidaknya 2-3 jam sekali atau 8-12 kali dalam sehari. Semakin sering memberikan ASI, maka produksinya juga akan bertambah.

3. Menjaga Lingkungan Sekitar

Cara ketiga, menjaga lingkungan sekitar yang nyaman dan tenang saat menyusui. Ibu disarankan untuk mengelola perasaan cemas, stres, atau depresi dengan baik. 

Berbagai masalah psikologis tersebut diketahui dapat memengaruhi produksi ASI. Karenanya, tindakan dan upaya untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan santai bisa membantu ibu dan bayi merasa nyaman. 

Melakukan aktivitas positif atau hobby seperti melukis, perawatan ke salon, hingga meditasi dapat membantu menstabilkan perasaan ibu dan memicu perasaan senang. Hal ini juga sangat efektif sebagai sebuah cara memperlancar ASI.

4. Gunakan Kedua Sisi Payudara 

Cara keempat, gunakan kedua sisi payudara. Hal ini artinya biarkan bayi menyusui secara bergantian di kedua payudara. 

Peletakan bayi pada kedua payudara secara bergantian bisa membantu menambah produksi ASI. 

Rangsangan atau stimulasi pada kedua payudara dapat membantu memicu produksi ASI. 

Kedua sisi payudara juga memastikan bahwa keduanya dapat mengeluarkan ASI dengan proporsional dan nutrisi yang tepat untuk si kecil.

5. Pijat Laktasi 

Pijat laktasi adalah salah satu manfaat yang bisa mengoptimalkan proses menyusui dan membantu meningkatkan produksi ASI. 

Jika terdapat sumbatan pada payudara, pijat laktasi dapat membantu memperlancar pengeluaran ASI pada ibu. 

Gerakan pada pijat laktasi dapat merangsang produksi hormon oksitosin yang berperan dalam proses pengeluaran ASI

Pijat laktasi dilakukan dengan memijat bagian payudara secara lembut, kemudian berlanjut ke tengkuk, punggung, bahu, dan pinggang. 

Pijatan ini dapat membuat otot menjadi rileks serta memperlancar sirkulasi darah dan kerja hormon oksitosin, yang menunjang prosesnya



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter