Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Contoh Kerajinan Non Benda yang Mudah Ditemui, Sudah Pernah Tau?

 

Contoh Kerajinan Non Benda yang Mudah Ditemui, Sudah Pernah Tau?
Tarian sebagai salah satu contoh kerajinan tangan non benda yang masih populer (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Pada dasarnya, kerajinan non benda dapat diartikan sebagai bentuk seni yang tidak menghasilkan barang fisik.

Namun, kerajinan non benda dapat digunakan untuk mempertahankan, mengembangkan, dan melestarikan kebudayaan.

Contoh Kerajinan Non Benda yang Paling Populer 

Kerajinan non benda memainkan peran penting dalam mengisi kehidupan manusia, seperti sebagai hiburan atau sarana penyampaian pesan moral, etika, dan kebijaksanaan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, kerajinan non benda juga disebut sebagai alat yang merangkul generasi muda untuk mengenali kebudayaan dan seni warisan nenek moyang mereka.

Melalui seni budaya kerajinan non benda, kita dapat mengetahui banyak sejarah dan asal-usul suatu kebudayaan. Berikut contoh kerajinan non benda, yakni:

1. Tarian

Tarian, sebagai salah satu contoh kerajinan non benda, adalah sebuah bentuk ekspresi yang memiliki tujuan beragam, seperti mengungkapkan emosi, menyadari identitas, dan mempertahankan tradisi.

Seiring waktu, banyak jenis tarian berkembang yang kini dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. 

Tidak hanya itu, tarian-tarian ini juga bisa menjadi peluang bagi sebagian orang sebagai penghasilan. 

Namun, ada juga kekhawatiran bahwa, dengan keterlibatan komersialisasi, tujuan dari tarian sebagai suatu bentuk kerajinan non benda bisa hilang.

2. Drama

Drama juga merupakan contoh kerajinan non benda yang memiliki nilai tersendiri dalam menyampaikan pesan moral, perasaan, dan makna hidup. 

Drama juga dapat menonjolkan identitas suatu komunitas dan menunjukkan kebudayaan, nilai, dan pandangan hidup mereka, serta dianggap sebagai sarana untuk memperkuat solidaritas sosial antar komunitas.

3. Musik

Musik adalah kerajinan non benda yang sangat terkenal di seluruh dunia. Segala sesuatu tentang musik bisa mengungkapkan suara dan ekspresi emosi manusia.

4. Puisi

Puisi, adalah contoh kerajinan non benda yang juga sangat populer. Biasanya, puisi dikenal sebagai bentuk seni dalam tulisan. 

Hampir setiap bahasa memiliki puisi mereka sendiri yang memiliki gaya unik dan pola yang tergantung pada bahasa atau budaya.

5. Pantun 

Pantun, yang merupakan bagian dari puisi, juga besar di Indonesia, tanah kelahiran Melayu. 

Pantun biasanya dibaca dalam bentuk permainan kata-kata dan memiliki struktur empat baris yang berima.

6. Cerita Rakyat 

Cerita rakyat juga termasuk contoh kerajinan non benda yang disampaikan dari generasi ke generasi. 

Seiring perubahan zaman, sebagian dari cerita rakyat ini telah kehilangan sumbernya dan menjadi legenda.

Sayangnya, di era globalisasi saat ini, banyak kebudayaan lokal yang terusik oleh pengaruh kebudayaan luar, sehingga dapat mengancam eksistensi kerajinan non benda yang ada. 

Oleh karena itu, penting untuk terus mempromosikan dan menjaga agar kerajinan non benda tetap hidup, terpelihara, dan terus berkembang di masa depan.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter