Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Hukum Puasa Bagi Ibu Menyusui, Simak Ini Biar Tidak Salah Persepsi

 

Berdasarkan hukum puasa, ibu menyusui boleh tidak melakukannya namun wajib mengganti di lain hari
Berdasarkan hukum puasa, ibu menyusui boleh tidak melakukannya namun wajib mengganti di lain hari
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Terdapat beberapa pendapat yang menyatakan bahwa hukum puasa pada ibu menyusui yang sedang dalam proses menyusui anaknya tidak diwajibkan

Namun ada juga pendapat yang menegaskan bahwa hukum puasa bagi ibu menyusui wajib. 

Menurut pandangan mayoritas para ulama, hukum puasa bagi ibu menyusui sama dengan hukum puasa bagi ibu hamil. 

Artinya, jika ibu menyusui merasa bahwa berpuasa akan membahayakan kesehatan dirinya maupun bayi yang disusui, maka ia diperbolehkan untuk tidak berpuasa. 

Sebaliknya, jika ibu menyusui merasa mampu untuk berpuasa tanpa membahayakan kesehatannya dan kesehatan bayinya, maka ia diwajibkan untuk berpuasa seperti halnya orang lain.

Namun, perlu diingat bahwa ketentuan ini hanya berlaku jika sang ibu merasa khawatir atas kesehatan dirinya dan bayi yang sedang disusui. 

Jika ibu menyusui merasa mampu untuk berpuasa, maka dianjurkan untuk melakukannya.

Dalam hal ini, orang tua dianjurkan untuk memperhatikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui yang tetap ingin berpuasa selama Ramadan. 

Pertama, ibu menyusui dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang selama sahur dan berbuka puasa. 

Kedua, ibu menyusui disarankan untuk meminum air yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. 

Ketiga, jika ibu menyusui merasa lelah atau kelelahan saat berpuasa, disarankan untuk istirahat yang cukup supaya kesehatannya tetap terjaga.

Dalam Islam, kesehatan dan keselamatan diri dan orang lain adalah hal yang sangat penting. 

Oleh karena itu, jangan sampai kita menempatkan kesehatan diri dan bayi yang sedang disusui dalam bahaya hanya karena ingin mengejar kewajiban berpuasa selama Ramadan. 

Bahkan, Rasulullah SAW sendiri mengatakan bahwa kesehatan adalah nikmat yang sangat besar dan kita harus selalu menjaganya.

Dalam kesimpulannya, hukum puasa bagi ibu menyusui sebenarnya bergantung pada kondisi kesehatan ibu dan bayi yang sedang disusui.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter