Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Amalan Ibu Hamil yang Sesuai Syariat Islam untuk Mempermudah Masa Persalinan

Amalan Ibu Hamil
Ibu Hamil - SwaraWarta.co.id (Sumber: Freepik)


SwaraWarta.co.id - Amalan Ibu Hamil sebaiknya dilakukan dengan rutin karena mengandung sisi manfaat yang berlimpah, baik bagi ibu hamilnya sendiri, maupun bagi sang janin yang sedang dikandungnya.

Amalan Ibu Hamil mencakup gerakan dan juga ucapan yang dinilai baik dari segi Syariat agama maupun dari sudut pandang tatakrama dalam keseharian.

Amalah Ibu Hamil tentunya harus mengikuti kaidah-kaidah Agama yang berlaku dalam kehidupan sehingga memiliki efek manfaat yang tentunya sangat luar biasa.

Momen kehamilan pastinya merupakan momen bahagia yang paling dinantikan oleh segenap anggota keluarga di rumah.

Kehamilan adalah salah satu anugerah terbesar yang diberikan Allah kepada pasangan yang sudah sah dalam ikatan agama dan menginginkan keturunan.

Seorang ibu tentunya memiliki tanggung jawab lebih besar tentunya karena diberikan kesempatan mengandung sang calon higga sembilan bulan ke depan.

Karena hal ini, sang ibu harus benar-benar menjaga dirinya juga kandungannya dengan hati-hati agar pada saatnya tiba, bisa melahirkan bayi dengan sehat dan juga lancar seperti yang diinginkan oleh seluruh keluarga.

Mengandung calon bayi adalah anugerah tertinggi yang dimiliki oleh seorang ibu, karena hal itulah segala gerak dan laku sang ibu harus benar-benar dijaga dan diperhatikan.

Dalam aturan ajaran agama Islam, ada banyak amalan-amalan serta doa-doa yang sebaiknya dilakukan oleh sang ibu pada saat mengandung agar dirinya bisa sehat selama mengandung.

Atau juga bisa sehat baik dirinya sendiri maupun kandungannya, dan tentunya amalan dan doa ini bisa memudahkan sang ibu pada saat persinan dan bisa mendapatkan bayi dengan sehat baik secara jasmani maupun rohani.

Amalan-amalan untuk ibu hamil yang sesuai syariat Islam ini bisa dilakukan semenjak trimester awal, hal ini bisa dilakukan juga untuk menambah tingkat ibadah sang ibu selama dalam masa kehamilan.

Ada banyak manfaat dan berkah bila sang ibu mengamalkan terus amalan dan doa-doa sepanjang masa kehamilan ini, karena amalan tersebut bisa mendatangkan keberkahan.

Amalan Ibu Hamil yang Bermanfaat untuk Mempermudah Persalinan dan Mendapatkan Bayi Lahir dengan Sehat dan Selamat


Amalan Ibu Hamil
Ibu Hamil - SwaraWarta.co.id (Sumber: Freepik)



Ada beberapa amalan yang sangat bermanfaat bila dilakukan oleh ibu hamil hingga menjelang persalinan, yang tentunya memiliki nilai berkah yang terkandung dalam amalan tersebut.

1. Membaca Surat Al-Araf ayat Nomor 54


Amalan Ibu Hamil yang pertama adalah membiasakan diri untuk membacakan Surat Al-Araf ayat ke-54.

Ayat ini merupakan ayat yang bisa mengajarkan kita akan adanya kebesaran Sang Pemilik Hidup, Allah SWT sebagai pencipta keberadaan alam dunia beserta isinya juga alam langit beserta isinya juga.

Membaca doa ini dengan intens memilkik khasiat bisa melancarkan persalinan metika masa kehamilan sudah menua.

Dalam Surat Al-Araf ayat ke-54 kebesaran Allah atas keberadaan langit dan bumi dengan jelas disebutkan, ini tentunya membuka mata kita bahwa apapun yang akan terjadi merupakan kehendak dari Allah termasuk di dalamnya adalah kehamilan juga kelahiran.

Dengan memperbanyak membaca ayat ini Allah akan melancarkan ibu yang sedang mengandung dalam proses kelahirannya.

Doa ini sebaiknya terus-menerus diamalkan dari sejak awal kehamilan hingga menjelang masa kelahiran sang ibu.

Amalan bisa dilakukan dari mulai bangun tidur, ketika, luang, atau selesai sholat, atau dengan sengaja menyediakan waktu khususnya.


2. Amalan Doa untuk Kesehatan Sang Calon Bayi


Amalan Ibu Hamil
Ibu Hamil - SwaraWarta.co.id (Sumber: Freepik)



Amalan Ibu Hamil yang kedua adalah membaca-baca doa yang isinya menginginkan kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan sang ibu.

Amalan ini juga meminta kepada Allah agar diberikan bayi yang tidak sekadar sehat tetapi juga sempurna secara tampilan fisik dan tidak kurang satu hal apa pun.

Bukan hanya itu amalan ini juga memiliki manfaat yang luar biasa bila kerap diamalkan selama masa kehamilan.

Doa ini selain mencakup kesehatan sang bayi, tapi juga doa untuk melindungi sang bayi dari berbagai penyakit serta diberikan keselamatan saat lahir dan berproses di dunia.

Banyak sekali amalan doa untuk anak sehat yang tersebar dalam kalamullah, yang isinya tentu saja mengungkapkan harapan dan keinginan untuk diselamatkan baik pada saat hendak, sedang, atau setelah melahirkan.

Sang Ibu tentunya meminta doa terbaik untuk sang bayi dengan harapan bahwa doa tersebut benar-benar dikabulkan oleh Allah SWT.


3. Amalan Doa Meminta Agar Janin dalam Kandungan Bisa Sehat dan Tumbuh Secara Sempurna


Amalan Ibu Hamil berikutnya adalah membaca doa Surat Ali Imran ayat ke-38 yang memiliki khasiat bisa membuah bayi dalam kandungan bisa sehat dan juga memiliki tubuh yang sempurna.

Amalan doa ini sendiri merupakan doa yang sesuai dengan kisah Nabi Zakaria yang telah meminta kepada Allah agar diberikan bayi yang sehat juga sempurna secara fisik dan mental.

Dalam amalan doa dari kisah Nabi Zakaria ini dapat diambil kesimpulan bahwa doa terbaik untuk keturunan sepatutnya terus didengungkan agar Allah mengabulkan doa terbaik yang dipanjatkan sang ibu dan sang bapak.

Meski doa ini sebenarnya tidak dikhususkan untuk ibu hamil, akan tetapi doa ini sangat relevan karena masih bersinggungan dengan masalah keturunan atau calon janin dan persalinan.

Amalan doa ini sebaiknya terus dilakukan sepanjang masa persalinan dan seterusnya.

4. Doa Dari Seorang Suami agar Diberi Keturunan yang Shaleh


Amalan Ibu Hamil berikutnya adalah doa dari seorang suami, calon ayah dari bayi yang sedang dikandung, agar dianugerahkan anak yang shaleh.

Amalan doa ini tentunya diinginkan oleh setiap orang tua karena anak yang sholeh adalah warisan paling berharga bagi para orang tua yang kelak bisa menolong mereka dari segala amal buruk yang pernah atau bisa saja dilakukan para orang tua selama hidup di dunia.

Dalam hal ini, ayah juga memiliki posisi sangat penting pada saat sang istri berada pada masa kehamilan.

Karena hal itu amalan doa ini sebaiknya rutin dilaksanakan juga oleh sang calon ayah agar anak yang kelak akan lahir bisa sholeh kalau laki-laki dan sholeha bila anaknya berjenis kelamin perempuan.

Doa yang dimaksud, dan harus terus diamalkan adalah doa yang diambil dari Surat Ali Imran ayat 38, yang intinya berisi permintaan kepada Allah agar anak yang dikandung oleh istrinya adalah anak yang merupakan keturunan yang baik.


5. Doa Pasca 4 Bulan Kehamilan


Amalan Ibu Hamil berikutnya adalah amalan doa yang dilakukan setelah kewat masa kehamilan 4 bulan.

Dalam ajaran agama Islam, ruh mulai ditiupkan ke dalam jasad pada saat usia kehamilan memasuki 4 bulan.

Pada bulan ke-4 inilah yang harus banyak amalan doa terbaik didengungkan agar bisa diselamatkan pada proses kehamilan, persalinan, hingga saat bayi sudah lahir ke dunia.

Pada usua 4 bulan adalah momen terbaik untuk memperbanyak amalan doa baik dark sang ayah tetutarama dari sang ibu yang tengah mengandung.

Itulah 5 Amalan Ibu Hamil yang sebaiknya diperbanyak agar mendapatkan keturunan yang baik juga sehat, sholeh, dan diberikan kelancaran saat persalinan.


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.