Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya, Benarkah Pahala Dilipatgandakan?

 

5 Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya, Benarkah Pahala Dilipatgandakan?
Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Bulan Ramadhan adalah waktu yang istimewa bagi umat Islam. Dalam bulan ini, setiap muslim yang baligh harus melakukan puasa Ramadhan sebagai rukun Islam yang ketiga. 

Puasa Ramadhan memiliki banyak keutamaan yang dijelaskan dalam Alquran dan hadits

5 Keutamaan Puasa beserta Dalilnya

Puasa Ramadhan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membersihkan jiwa dan menyucikannya. Selain itu, puasa memiliki beberapa keutamaan seperti berikut ini:

1. Bulan Penuh Berkah

Puasa Ramadhan dilakukan pada bulan yang berkah, di mana pintu surga dibuka lebar dan pintu neraka ditutup rapat. 

Bulan ini juga memiliki satu malam spesial yang disebut Lailatul Qadar, di mana ibadah pada waktu tersebut memiliki nilai lebih baik daripada ibadah selama seribu bulan.

Rasulullah Saw bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Artinya: "Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan," (HR. Ahmad).

2. Bulan Penghapusan Dosa 

Selain itu, Allah SWT berjanji akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu bagi orang yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab. 

Bahkan, dosa-dosa tersebut akan dihapuskan hingga Ramadhan berikutnya.

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

Artinya: “Shalat lima waktu dan juma’t ke Jum’at berikutnya, Ramadlan ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

3. Pahala Akan Dilipatgandakan 

5 Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya, Benarkah Pahala Dilipatgandakan?
Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan (Dok. Istimewa)

Selain mendapat ampunan dosa, orang yang berpuasa Ramadhan juga akan mendapat pahala yang dilipatgandakan. 

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّ

َنَا أَجْزِى بِهِ

Artinya: Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. (HR. Muslim

4. Memberi Makan Orang Berbuka Menjadi Pahala

Selain itu, orang yang memberi buka puasa pada orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berpuasa. 

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أجْرِ الصَّا ئِمِ لَا يَنْقُصَ مِنْ أجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ

Artinya: "Barang siapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut," (HR Ahmad

5. Mendapatkan Syafaat Ketika Rajin Membaca Al-Qur'an 

Orang yang berpuasa dan membaca Alquran pada malam Ramadhan juga akan mendapatkan keistimewaan khusus, yaitu syafaat di hari kiamat.

اَلصُّيَامُ وَاْلقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ يَقُوْلُ اَلصِّيَامُ أيْ رَبِّ مَنَعْتُهُُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتَ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِى فَيْهِ وَيَقُوْلُ اْلقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِالَّيْلِ فَشَفِّعْنِي فِيْهِ قَالَ فَيُشَفِّعَانِ

Artinya: "Puasa dan Al Quran akan memberikan syafaat seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: "Ya Rabbi, aku mencegahnya dari makan dan minum di siang hari." Al Quran juga berkata: "Aku mencegahnya dari tidur di malam hari, maka kami mohon syafaat buat dia."Beliau bersabda: "Maka keduanya dibolehkan memberi syafaat," (HR Ahmad)

Hal ini menjadikan puasa Ramadhan sebagai waktu yang penuh rahmat dan berkah. Semoga kita dapat menjalankannya dengan penuh keikhlasan dan mendapatkan manfaat dari ibadah yang kita lakukan.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter