Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Pantai Yogyakarta yang Cantik dan Eksotik

Pantai Yogyakarta
Pantai Parangtritis - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Pantai Yogyakarta terkenal karena kecantikan dan keeksotikannya sehingga tidak pernah sepi dikunjungi oleh para Wisatawan.

Bukan hanya itu saja Pantai Yogyakarta terkenal karena pantai dengan panorama laut birunya yang memanjakan mata para pengunjung.

Ada beragam fasilitas yang ditawarkan di beberapa Pantai Yogyakarta termasuk di dalamnya ada snorkeling, naik delman di tepi pantai, atau mengendari ATV sepanjang tepian pantai, atau bisa juga bermain sandboarding.

Bukan hanya itu di sekitar Pantai Yogyakarta juga terdapat banyak kios yang menyajikan banyak menu khas yang bisa dinikmati setelah lelah bermain di pantai, yang pastinya kuliner ini menyediakan menu yang enak dan lezat.

Pantai Yogyakarta yang Populer, Cantik  Eksotik, dan Hits


Pantai Yogyakarta
Pantai Parangkusumo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Terdapat banyak sekali Pantai Yogyakarta yang sangat populer hingga banyak didatangi oleh para wisatawan, baik lokal, luar daerah, maupun wisatawan asing.

Tercatat ada sekitar belasan Pantai Yogyakarta yang menyajikan segenap keindahannya untuk dinikmati siapa pun yang datang.

Dari sekian banyaknya pantai-pantai yang ada di Yogyakarta yang sangat populer di kalangan para pelancong, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Pantai Parangtritis


Pantai Yogyakarta
Pantai Parangtritis - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Pantai Yogyakarta yang satu ini memang sangat terkenal dari semenjak dahulu kala. Pantai ini kerap dijadikan salah satu lokasi tujuan bagi sekolah yang sedang melakukan study tour.

Pantai Parangtritis lokasinya sangat dekat dengan pusat kota yakni hanya sekitar 26 kilometer jaraknya dari Jalan Malioboro yang terkenal itu.

Kalau dihitung secara hitungan waktu, untuk sampai di Parangtritis jika titik berangkatnya Malioboro maka akan menghabiskan waktu selama 52 menit saja.

Pantai Parangtritis terkenal dengan tebing batu dan gunung-gunung yang mengelilinginya, yang juga menjadi salah satu daya tarik pantai ini.

Di Pantai Parangtritis para pengunjung bisa menyewa delman atau ATV untuk menjelajahi pinggir pantai sambil menikmati ombak dan pemandangan laut.

2. Pantai Parangkusumo


Pantai Yogyakarta
Pantai Parangkusumo - Pinterest (Sumber: Pinterest)



Lokasi Pantai Parangkusumo sangat berdekatan dengan Parangtritis, pantai ini dianggap memiliki sisi keramat yang dipercayai oleh masyarakat setempat.

Warga setempat meyakini bahwa Pantai Parangkusumo merupakan pintu gerbang dari dunia ghaib yakni Kerajaan Ratu Laut Kidul yang legendaris itu.

Pantai Parangkusumo sering dijadikan tempat upacara persembahan untuk sesajen laut, atau larung laut.

Terdapat banyak gumuk di sekitar pantai ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Di lokasi ini para pengunjung bisa merasakan sensasi bermain seluncur pasir atau sandboarding.

3. Pantai Depok


Pantai Yogyakarta
Pantai Depok - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Berada tidak jauh dari Pantai Parangtritis yakni jaraknya sekitar 1,5 kilometer, pantai ini paling diburu oleh para penyuka makanan laut karena pantai ini lokasinya sangat dekat dengan tempat pelelangan ikan.

Sehingga untuk menemukan makanan laut yang murah tidaklah terlalu sulit karena stoknya tentunya sangat berlimpah.

Bukan hanya itu, Pantai Depok dipenuhi oleh sejumlah kios makan yang menyajikan beraneka ragam menu seafood yang lezat-lezat.

Makannya pun bisa sambil lesehan yang tentunya menambah kenikmatan saat bersantap.

Rasa seafood di lokasi ini sangat fresh karena diambil langsung dari tempatnya.

4. Pantai Goa Cemara


Pantai ini sangat rindang karena terdapat banyak pohon cemara yang tumbuh di sekitar area pantai.

Di tempat ini, terdapat mercusuar yang berdiri dengan ketinggian mencapai 40 meter yang tentunya bisa dinaiki untuk menyaksikan pemandangan pantai dari atas ketinggian.

Dari atas mercusuar ini Pantai Goa Cemara tersaji indah dengan diselingi rindangnya pohon cemara itu sendiri berpadu dengan birunya warna air lautnya.

Di sekitar pantai ini juga berjejer kios penjual makanan laut yang tentunya bisa disambangi untuk mengisi perut.

5. Pantai Glagah


Pantai Yogyakarta berikutnya adalah Pantai Glagah, yang lokasinya berada di wilayah Kulon Progo.

Di lokasi pantai ini para pengunjung disuguhkan oleh dua keunikan yang berbeda, yakni keindahan laguna pantainya serta area pemecah ombak di sisi sebelahnya.

Di pantai ini para pengunjung diimbau hati-hati dan waslada karena gelombang di sini sangat dahsyat dan cukup berbahaya.

Jadi sangat tidak aman untuk aktivitas berenang atau sejenisnya. Di lokasi pantai ini juga dipasang banyak tetrapod untuk menghalau laju ombak yang sangat besar tersebut.

6. Pantai Indrayanti


Salah satu Pantai Yogyakarta lainnya adalah Pantai Indrayanti di mana pantai ini lokasinya berada di Kawasan Gunung Kidul.

Dari pusat kota Yogyakarta para pengunjung harus melewati perjalanan yang memakan waktu sebanyak 2 jam.

Pantai memiliki panorama alamnya yang sangat indah hingga menjadi salah satu pantai paling populer yang banyak dikunjungi para wisatawan.

Namun, meskipun pantai ini dikunjungi banyak orang, kebersihan dan keindahannya tetap terjaga.

Daya tarik dari pantai ini karena laut birunya yang berpadu cantik dengan hamparan pasir putihnya yang membentang luas dari arah timur hingga ke arah barat pantai.

Selain fasilitasnya yang cukup lengkap di sekitar pantai ini yakni resto dan juga fasilitas penginapan, untuk yang suka menguji hormon adrenalin bisa menyewa jetski untuk menjelajahi sekitar perairan Pantai Indrayanti.

7. Pantai Nguluran


Terdapat wahana teras kaca yang disediakan oleh pihak pengelola pantai ini. Lokasinya ini semakin istimewa karena langsung dilatarbelakangi oleh panorama Samudera Hindia yang sangat indah dan memukau.

8. Pantai Sundak


Tidak jauh dari Pantai Indrayanti, terdapat salah satu pantai lainnya yang menyajikan keindahan alamnya yang tidak kalah cantik.

Sama halnya dengan pantai tetangganya, pantai ini pun menyajikan keindahan hamparan pasirnya yang berwarna putih bersih, dan juga air lautnya yang berwarna biru jernih.

Hal lain yang menarik dari pantai ini adalah terdapat hamparan terumbu karang kecil yang luasnya mencapai 30 meter yang dekat dari bibir pantainya.

Yang menarik adalah permukaan karang tersebut tidaklah kasar tetapi lebih cenderung lembut dan lunak. Hal ini dikarenakan karang tersebut diselimuti tumbuhan air sejenis rumput laut.

9. Pantai Sadranan


Pantai ini memiliki banyak terumbu karang yang muncul di sekitaran bibir pantai. Karang ini sendiri memiliki fungsi sebagai pemecah gelombang sebelum tiba ke tepi pantainya.

Di pantai ini para pengunjung bisa menyewa perahu kano, juga melakukan aktivitas snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut pantai ini.

10. Pantai Nglambor


Sama halnya dengan di Pantai Sadranan, di pantai ini para pengunjung bisa melakukan aktivitas snorkeling.

Untuk sampai ke pantai ini para pengunjung harus berjalan kaki karena akses kendaraan ke lokasi tujuan sangat sulit.

Kendaraan hanya bisa sampai di area parkir yang sudah disediakan untuk kemudian melanjutkannya dengan berjalan kaki.

Pantai Yogyakarta memang menyajikan banyak keindahan serta panoramanya yang membuat decak kagum, pantas saja pantai-pantai di Yogyakarta yang banyak ini hampir ke semuanya selalu menjadi incaran para wisatawan untuk dikunjungi.

Dan Itulah 10 Pantai Yogyakarta paling populer juga eksotik dari banyak pantai lainya yang rekomendasi untuk disinggahi ketika liburan.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.