Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

15 Tempat Wisata di Cirebon yang Masih Hits di Tahun 2024

Tempat Wisata di Cirebon
Keraton Kasepuhan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Masih bingung mentukan tempat wisata yang cocok untuk liburan Anda mendekati Lebaran nanti? Kalau mencoba Tempat Wisata di Cirebon yang sedang hits di tahun 2024 ini, bagaimana?

Tentunya banyak pilihan Tempat Wisata di Cirebon yang bisa Anda masukan ke dalam agenda perjalanan liburan Anda di liburan Lebaran nanti.

Bukan karena Tempat Wisata di Cirebon ini banyak ragamnya, juga memiliki banyak keunggulan yang bisa jadi menarik perhatian Anda untuk mengunjunginya.

Cirebon secara geografis masih termasuk ke dalam wilayah Jawa Barat, di mana di kota ini menyajikan banyak wisata sejarahnya termasuk Keraton Cirebon yang terkenal itu.

Tempat Wisata di Cirebon yang masih hits di tahun 2024


Tempat Wisata di Cirebon
Situ Cicerem - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada banyak pilihan objek wisata menarik yang berada di sekitaran Kota Cirebon yang tentunya menawarkan fasilitas dan kelebihannya sendiri.

Tempat Wisata di Cirebon ini menambah pembendaharaan objek wisata yang layak dikunjungi yang ada di Indonesia.

Ada banyak lokasi wisata yang direkomendasikan, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Keraton Kasepuhan Cirebon


Tempat Wisata di Cirebon
Keraton Kasepuhan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Cirebon yang pertama adalah Keraton Kasepuhan, yang merupakan destinasi wisata sejarah yang layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Keraton Kasepuhan bisa jadi merupakan tonggak sejarah berdirinya Kota Cirebon yang merupakan perpaduan kultural dari budaya Tiongkok hingga agama Islam yang masuk kemudian.

Di Keraton Kasepuhan ini terdapat sebuah kereta kencana yang kemudian diberi nama sebagai Singa Barong yang tampak gagah dengan ornamen hiasnya yang merupakan perpaduan kultur China, agama Islam, serta Hindu.

2. Situ Cicerem


Tempat Wisata di Cirebon
Situ Cicerem - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Merupakan sebuah danau atau telaga dengan panorama alamnya yang menakjubkan dengan dikelilingi pepohonan rindang di sekeliling telaga.

Situ Cicerem terkenang dengan permukaan airnya yang jernih dan mampu memantulkan warna biru dari langit hingga tampil eksotis.

Situ Cicerem menyajikan banyak spot cantik untuk dijadikan latar belakang jepretan kamera.

3. Pantai Kejawanan


Tempat Wisata di Cirebon
Pantai Kejawanan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Bagi yang suka menikmati keindahan laut dengan debur ombaknya, Tempat Wisata di Cirebon yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Pantai Kejawanan menyajikan keindahan khas pesisir pantainya meski tidak menyajikan pesona pasir putih seperti di pantai-pantai lainnya.

Namun, pantai ini mampu menyajikan keindahan lain yang sangat luar biasa, yakni panorama saat tenggelamnya matahari di ufuk barat.

4. Alun-Alun Kejaksan


Merupakan destinasi wisata yang sebaiknya Anda kunjungi pada sore hari hingga menjelang malam tiba, karena tempat ini akan sangat ramai dikunjungi pada waktu-waktu tersebut.

Selain bisa menikmati salah satu sudut Kota Cirebon ini dengan lampu-lampu hiasnya, di tempat ini para pengunjung bisa berburu wisata kuliner khas yang lezat dan tentunya otentik.

5. Kampung Sabin


Tempat Wisata di Cirebon berikutnya yang terbilang unik dan menarik adalah Kampung Sabin yang merupakan objek wisata berupa destinasi yang mengusung tema suasana di Ubud, Bali.

Di lokasi wisata ini terdapat hamparan sawah, gapura, umbul-umbul, serta ornamen hias pendukung lainnya yang memiliki aksen khas Pulau Bali.

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan di tempat ini termasuk resto yang menawarkan aneka menu andalan.

6. Objek Wisata Hutan Plangon


Merupakan wisata sejarah yang menyimpan jejak jejak masa lalu dari keberadaan Pangeran Panjunan dan Kejaksan.

Kedua tokoh di atas merupakan dua tokoh penting dalam perjalanan sejarah ajaran agama Islam di Cirebon.

Di masa lalu, Hutan Plangon adalah tempat peristirahatan kedua tokoh bersejarah di atas.

7. Kampung Batik Trusmi


Bagi penyuka kerajinan dan barang-barang seni, Kampung Batik Trusmi tentunya sangat cocok untuk dikunjungi karena di tempat ini para pengunjung bisa membeli sekaligus melihat prosesi pembuatan batik khas Cirebon.

Bukan hanya bisa membeli dan menyaksikan kain batik dibuat, tetapi juga di tempat ini para pengunjung juga bisa berburu kuliner khas Cirebon yang tentunya sangat lezat dan juga memiliki ciri khas tersendiri.

8. Danau Setu Patok


Tempat Wisata di Cirebon berikutnya adalah Danau Setu Patok, merupakan sebuah danau yang memiliki panorama alam yang begitu menakjubkan.

Karena hal inilah tempat ini jarang sepi pengunjung, hampir setiap hari tempat ini dibanjiri oleh para pengunjung, bukan sekadar menikmati panorama alamnya saja tetapi juga digunakan sebagai objek untuk untuk foto-foto.

9. Cirebon Waterland


Merupakan objek wisata wahana permainan air, di mana di lokasi ini para pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang bersama keluarga dan juga anak-anak.

Di lokasi Waterland ini terdapat 3 buah kolam renang dengan kedalaman yang berbeda termasuk yang dikhususkan untuk berenang anak-anak.

Setelah berenang, di lokasi ini para pengunjung bisa menikmati aneka kuliner yang tersedia.

10. Gua Sunyaragi


Tempat Wisata di Cirebon selanjutnya adalah Gua Sunyaragi, merupakan bangunan yang terbuat dari bongkahan batu karang yang akan mengingatkan kita pada bangunan di dunia fantasi semacam dongeng.

Di bangunan gua ini tedapat tiga bangunan utama yang diberi nama Gedung Pesanggrahan, Bale Kambang, dan juga Mande Beling yang bentuknya berupa bangunan joglo.

Arsitektur bangunan ini sangat rumit tetapi disitulah daya tariknya bagi para pengunjung.

11. Makam Sunan Gunung Jati


Merupakan objek wisata religi paling populer di Cirebon, di mana di tempat ini tokoh penyebar agama Islam paling terkenal di Cirebon, yakni Sunan Gunung Jati dimakamkan.

Ornamen yang terdapat di Makam Sunan Gunung Jati kental unsur Tiongkoknya, hal ini karena berhubungan dengan sang Sunan yang pernah tinggal di negeri tersebut.

Makam ini banyak dikunjungi oleh para peziarah terutama pada bulan-bulan yang dianggap istimewa.

12. Desa Wisata Cikalahang


Merupakan desa wisata yang memiliki daya tarik utamanaya yang tentunya paling disukai oleh para pecinta dunia memancing.

Bukan hanya itu, di lokasi ini para pengunjung bisa menikmati kuliner yang khas berbahan dasar ikan.

13. Wanawisata Ciwaringin


Merupakan kawasan hutan yang di dalamnya didominasi oleh pohon kayu putih.

Di kawasan wanawisata ini juga para pengunjung bisa menikmati objek wisata lainnya yakni Danau Ciranca yang memiliki panorama alam yang tidak kalah indahnya.

14. Telaga Remis


Tempat Wisata di Cirebon berikutnya adalah Telaga Remis yang merupakan sebuah danau alami yang di sekelilingnya ditumbuhi deretan pohon pinus yang rimbun.

Keindahan alamnya memang luar biasa indah dengan tampilan air telaganya yang bening.

Penamaan Telaga Remis ini merujuk kepada hewan remis yang merupakan sejenis kerang yang hidup di perairan tawar.

15. Keraton Kanoman


Merupakan salah satu bangunan bersejarah yang masih berdiri hingga saat ini. Bagi para pecinta wisata sejarah di tempat ini bisa ditelusuri masa kehidupan jaman kerajaan di seputaran Kota Cirebon.


Selain 15 Tempat Wisata di Cirebon di atas, masih banyak tempat-tempat lain yang bisa dijadikan referensi untuk tujuan liburan Anda.


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.