Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Makanan Khas Kebumen yang Rekomendasi untuk Dicicipi

Makanan Khas Kebumen
Sate Ambal - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Kebumen, merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah, dikenal dengan kekayaan kuliner yang beragam dan menggugah selera, termasuk Makanan Khas Kebumen-nya sendiri.

Makanan Khas Kebumen memiliki cita rasa yang unik serta lezat, yang temtunya bisa menarik minat banyak Wisatawan yang datang untuk mencicipinya.

Keberagaman Makanan Khas Kebumen sangatlah mencolok, mulai dari Sate, Soto, hingga makanan manis sertacamilan untuk oleh-oleh.

Setiap hidangan yang ditawarkan tentunya memancarkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner yang khas dari daerah ini.

Salah satu daya tarik kuliner Kebumen adalah keaslian bahan-bahannya yang sering berasal dari hasil pertanian lokal.

Hal ini tentunya memberikan pengalaman gastronomi yang autentik serta mendalam bagi pengunjung yang mencoba makanan di sana.

Tidak sekadar rasanya yang memikat, tetapi juga kehangatan dan keramahan orang-orang Kebumen yang membuat pengalaman kuliner di sana menjadi tak terlupakan.

Dari mulai makanan tradisional hingga kreasi kuliner modern termasuk di dalamnya, Kebumen menawarkan berbagai pilihan yang memuaskan bagi para pecinta dan pemburu kuliner lezat yang ingin menjelajahi Jawa Tengah.

BACA JUGA: 5 Makanan Khas Papua Tengah yang Bikin Nagih: dari Papeda hingga Udang Selingkuh

Makanan Khas Kebumen


Dan berikut adalah beberapa makanan khas Kebumen paling populer yang tidak boleh dilewatkan:


1. Sate Ambal


Makanan Khas Kebumen yang pertama adalah Sate Ambal. Hidangan ini menggoda lidah dengan daging ayamnyavyang dibumbui dengan campuran tempe bubuk, bawang putih, kemiri, serta rempah-rempah lainnya.

Sate Ambal biasanya disajikan bersama makanan lain yakni lontong, sambal kacang, beserta lalapannya, sehingga mampu menciptakan harmoni rasa yang memanjakan lidah.

Keistimewaan sate ini terletak pada penggunaan tempe bubuk di dalam bumbunya yang tentunya unik karena jarang kuliner lain pakai, sehingga memberikan sentuhan gurih dan manis yang unik serta sulit untuk dilupakan.

Kombinasi bumbu yang meresap ke dalam daging ayam serta teksturnya yang lembut membuat Sate Ambal menjadi sajian yang dicari oleh para penggemar kuliner unik.

Dengan cita rasa yang khas serta pengalaman makan yang begitu memuaskan, Sate Ambal menjadi salah satu must-try saat menjelajahi ragam kuliner di daerah Kebumen.


2. Ayam Es Bening


Makanan Khas Kebumen
Ayam Es Bening - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ayam Es Bening merupakan salah satu Makanan Khas Kebumen, Jawa Tengah, yang bahan dasarnya berasal dari Desa Es Bening di Kebumen.

Hidangan ini biasanya terbuat dari ayam kampung goreng yang telah dibumbui dengan rempah khas yang tentunya bisa menggugah selera.

Keistimewaan Ayam Es Bening tidak hanya terletak pada cita rasanya yang komplit rempahnya yang khas, tetapi juga kemampuannya untuk disimpan dalam waktu yang cukup lama, jika ditempatkan di dalam freezer hingga 5 bulan.

Hal ini menjadi alasan untuk membuatnya menjadi pilihan praktis bagi mereka yang ingin menikmati hidangan khas Kebumen ini kapan pun mereka inginkan, tanpa perlu merasa khawatir akan rusaknya kualitas rasa atau tekstur.

BACA JUGA: 14 Makanan Khas Kebumen yang Disukai Banyak Orang

Dengan kesegaran dan kelezatan yang tetap terjaga meskipun telah disimpan dalam waktu yang sangat lama, Ayam Es Bening menjadi salah satu makanan khas Kebumen yang sangat dicari untuk dinikmati oleh para wisatawan dan juga penduduk setempat.

Hidangan ini tentunya tidak sekadar memperkaya ragam kuliner Kebumen, tetapi juga menjadi bagian dari identitas kuliner yang membanggakan bagi daerah ini.

3. Soto Tamanwinangun


Makanan Khas Kebumen
Soto Tamanwinangun - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Soto Tamanwinangun merupakan sajian khas Kebumen yang sangat memukau dengan menggunakan bahan dasar daging bebek atau entok sebagai bahan utamanya.

Keunikan soto ini tentu saja terletak pada tekstur empuk dan cita rasa gurih yang ditawarkan oleh daging bebek atau entok yang disuwirkan dengan sangat lembut.

Dalam penyajiannya, Soto Tamanwinangun biasanya menyuguhkan kuah yang kaya akan aroma rempah dan gurih, sehingga menciptakan perpaduan rasa yang memanjakan lidah.

Selain itu, hidangan ini juga dilengkapi dengan berbagai macam sayuran segar seperti tauge, kol, dan seledri, hal ini akan menambahkan aroma plus rasa yang segar serta menyehatkan.

Daging yang dipilih memiliki tentu saja yang memiliki kualitas terbaik, sehingga teksturnya tetap empuk dan cita rasanya lebih intens dan terjaga.

Selain itu, daging bebek atau entok juga dikenal memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, sehingga menjadikan Soto Tamanwinangun tidak hanya lezat tetapi juga bergizi.

Dengan cita rasanya yang khas serta aromanya yang menggoda, Soto Tamanwinangun sudah menjadi menu favorit dan populer di kalangan penduduk setempat maupun juga wisatawan yang sedang berkunjung ke Kebumen.

BACA JUGA: 3 Jenis Makanan Khas Papua Selatan yang Rekomendasi untuk Dinikmati Karena Kelezatannya

4. Nasi Penggel


Nasi Penggel, merupakan makanan khas Kebumen, adalah kuliner pilihan sempurna untuk sarapan ataupun menu makan siang.

Hidangan ini terdiri dari nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang serta dimasak bersamaan dengan santan, sehingga menciptakan cita rasa yang gurih dan tentunya sangat nikmat.

Umumnya, dalam penyajiannya, Nasi Penggel disandingkan dengan nangka muda, sayur lodeh, serta olahan jeroan seperti babat kikil juga tetelan, yang semakin menambahkan kelezatan dan keanekaragaman rasa.

Penggunaan santan kental dalam memasak memberikan tekstur yang lembut serta menghasilkan hidangan nasi yang kaya akan rasa.

Kombinasi antara nasi yang lembut, ditambah santan yang kaya, serta aneka bahan pelengkap yang segar menjadikan Nasi Penggel menjadi hidangan yang tak terlupakan bagi para penggemar kuliner.

Kelezatan dan kenikmatan dari hidangan ini membuatnya menjadi salah satu menu favorit di Kebumen, serta menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kekayaan kuliner daerah ini hingga terkenal ke mana-mana.

5. Yutuk Goreng


Salah satu makanan khas Kebumen, Jawa Tengah lainnya, yang menarik perhatian para pemburu kuliner adalah Yutuk Goreng.

Yutuk merupakan sejenis hewan laut yang banyak ditemukan di pesisir pantai, biasanya memiliki cangkang yang mirip dengan undur-undur.

Yutuk sering diolah menjadi berbagai hidangan, termasuk di antaranya untuk peyek, bakwan, serta camilan lainnya.

Akan tetapi, salah satu cara yang populer untuk menikmati yutuk adalah dengan menggorengnya hingga menjadi sangat renyah dan baru disajikan sebagai lauk bersama nasi hangat.

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Khas Bandung yang Cocok jadi Andalan Wisata Kuliner

Tekstur binatang laut yang satu inu cukup unik dan juga memiliki cita rasa yang khas, sehingga memberikan pengalaman kuliner yang memiliki sensasi berbeda.

Meskipun kurang dikenal secara luas, yutuk goreng merupakan salah satu kuliner yang harusnya patut untuk dicoba bagi mereka yang sedang berkunjung ke daerah Kebumen.

Dengan menggabungkan rasa laut yang segar dan juga kaya, Yutuk memiliki sensasi renyah dari proses penggorengan, yutuk goreng akan menawarkan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan di pesisir pantai Kebumen.


Kelima Makanan Khas Kebumen tersebut menjadi beberapa kuliner yang ada di daerah tersebut yang menjadi menu populer.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.