Museum Tsunami Aceh, dan 9 Area yang Bisa Dinikmati oleh Para Pengunjung Saat Lebaran

Avatar

- Redaksi

Thursday, 4 April 2024 - 07:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Museum Tsunami Aceh – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)

SwaraWarta.co.id – Bila Anda sedang merencanakan perjalanan ke Kota Serambi Mekah untuk pulang kampung ataupun mengisi libur Lebaran yang akan datang, cobalah untuk mampir ke Museum Tsunami Aceh yang terkenal itu.

Di sana Anda akan bisa merenung dan mengingat betapa dahsyatnya bencana alam gempa bumi dan tsunami yang meluluhlantakkan Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Meseum Tsunami Aceh dibuat sebagai monumen peringatan akan bencana mahadahsyat tersebut, sekaligus menjadi destinasi edukasi yang bisa jadi tempat pembelajaran memahami bencana dan cara evakuasi bila bencana itu terjadi di tempat lain.

Museum Tsunami Aceh menjadi monumen pengingat bahwa pada tanggal 26 Desember 2004 sauadara-saudara kita di Aceh dan sekitarnya harus menjadi korban bencana massal yang akan dikenang sebagai salah satu bencana paling mematikan di dunia.

Sebagai catatan penting, gempa dan tsunami Aceh mengguncang Bumi Rencong dengan kekuatan dahsyat sebesar 9,3 dalam Skala Richter yang mampu memporak-porandakkan kota.

Ratusan ribu jiwa dinyatakan meninggal dan hilang pasca bencana gempa dan tsunami ini serta meninggalkan sisi trauma pada para korban yang selamat tetapi harus kehilangan banyak anggota keluarga.

Museum Tsunami Aceh untuk kemudian dibangun tidak sekadar sebagai monumen peringatan, tetapi juga menjadi sebuah simbol ketahanan masyarakat Aceh dalam menghadapi bencana baik saat ataupun pasca bencana.

Museum Tsunami Aceh juga menjadi sarana edukasi untuk meningkatan mental dan kesadaran diri saat menghadapi bahaya bencana yang bisa saja terjadi di mana saja dan kapan saja, setelahnya.

BACA JUGAMuseum Layang-Layang dan 9 Hal Menarik Bila Berkunjung ke Tempat Edukatif Ini

Hal Menarik Apa Saja yang Ada di Meuseum Tsunami Aceh


Museum Tsunami Aceh
Museum Tsunami Aceh – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Banyak hal menarik yang bisa disaksikan di dalam bangunan museum yang tentunya bisa diambil manfaat dari segi edukatif-nya.

Di bangunan museum kita bisa belajar bagaimana cara kita menyelamatkan atau hal apa yang harus dilakukan bila terjadi bencana, khususnya gempa bumi ataupun tsunami.

Baca Juga :  Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi: 5 Kolam Renang yang Bikin Anak Betah Berlama-lama

Bukan hanya itu, di bangunan museum ini terdapat bagian-bagian yang menjelaskan bagaimana bentuk pemulihan area terdampak pasca bencana, juga rekontruksi area pasca bencana, yang tentunya menarik untuk disimak.

1. Sejarah Pembangunan Museum Tsunami Aceh

Dibangun pada tahun 2008 atau 4 tahun selepas bencana, Museum Tsunami Aceh menjadi monumen pengingat atas korban-korban yang meninggal dan hilang dalam bencana, sekaligus mengangkat tekad dan ketahanan masyarakat Aceh yang harus berjuang untuk lepas dari trauma yang mendalam atas kejadian bencana ini.

Selain alasan di atas, Museum Tsunami Aceh juga dijadikan bangunan untuk menjadi ajang edukasi kepada siapa pun untuk belajar dari kejadian bencana di Aceh ini.

Pelajaran yang bisa diambil tentu saja meliputi peningkatan kesadaran akan bencana dan bahaya alam yang bisa mengintai kapan saja, juga bisa menjadi fasilitas untuk pelatihan akan kesiapsiagaan bila terjadi bencana atau hal yang tidak diinginkan pada saat terjadinya bencana.

Ada hal yang menarik dari keberadaan Museum Tsunami Aceh ini yang tidak banyak orang tahu, yakni perancang bangunan ini atau arsitekturnya yang tak lain dan tidak bukan adalah mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Bangunannya sendiri memiliki konsep futuristik hasil olah pikirnya Pak Ridwan Kamil ini.

Bukan tanpa alasan bangunan Museum ini mengambil desain dari Ridwan Kamil, hal ini karena desainnya memang unik dan menarik, juga menjadi pemenang di ajang sayembara internasional yang diadakan pada tahun 2007.

Di museum ini banyak hal yang membuat terenyuh akan bencana dahsyat yang telah terjadi, dan itu tentu saja menjadi fakta sejarah yang memilukan.

BACA JUGAMuseum Taman Prasasti dan Aura Mistis yang Membersamainya

2. Koleksi Unik dan Menarik

Museum Tsunami Aceh menyajikan banyak hal dan elemen menarik sekaligus unik yang bisa dinikmati sekaligus direnungkan oleh para pengunjung.

Baca Juga :  Sering dianggap Keramat, Ternyata Gunung Kawi Tawarkan Surganya Pariwisata

Ada banyak koleksi menarik di dalam bangunan yang berupa koleksi kebendaan semisal truk PMI, kepala bus, helikopter, serta berbagai puing dan serakan yang ada di lokasi bencana kala itu.

Benda-benda tersebut dijadikan semacam memorabelia untuk mengungat bahwa betapa dahsyatnya bencana yang terjadi pada saat itu.

Benda-benda ini sengaja dipajang sebagai pengingat bahwa bencana besar pernah terjadi di Indonesia, dan lokasi tepatnya ada di Kota Serambi Mekah, Banda Aceh.

3. Lorong Tsunami


Museum Tsunami Aceh
Museum Tsunami Aceh – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Di dalam area bangunan Museum Tsunami Aceh terdapat satu spot yang menarik perhatian para pengunjung, yakni Lorong Tsunami.

Lorong Tsunami merupakan lorong khusus yang menggambarkan bagaimana bencana besar itu terjadi di Aceh, yang tentunya mampu menyajikan level mencekam yang tidak ada tandingannya.

Di lorong ini, para pengunjung seolah digirung masuk ke zona waktu kala itu pada saat bencana besar sedang terjadi.

Di Lorong Tsunami dilengkapi elemen elemen pendukung untuk mempertegas keadaan bencana kala itu dengan penambahan efek suara, tingkat pencahayaan yang disesuaikan, serta rekontruksi lingkungan sekitar pasca bencana.

4. Ruang Khusus untuk Memori Hall

Pada bangunan Museum Tsunami Aceh terdapat Memori Hall, yang sengaja dibuat dan didedikasikan untuk mengenang para korban yang dinyatakan meninggal dunia maupun yang dinyatakan hilang dan tidak ditemukan.

Di Memori Hall ini sebanyak ratusan ribu nama-nama korban dituliskan untuk mengenang keberadaan mereka setelah menjadi korban meninggal pada bencana gempa bumi dan tsunami ini.

Nama-nama ini ditulis sebagai bentuk penghormatan sekaligus pengingat bahwa para korban pernah ada sebelum bencana mahadahsyat itu menjadikannya korban meninggal.

BACA JUGAMuseum Basoeki Abdullah dan 9 Hal Menarik di Dalamnya

5. Miniatur Rumah Tradisional Aceh

Di Museum Tsunami Aceh ini juga para pengunjung bisa menyaksikan adanya miniatur bangunan rumah tradisional khas Aceh yang kental dengan budaya serta arsitekturnya yang sangat otentik.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Wisata di Korea Selatan

6. Pameran Temporer


Museum Tsunami Aceh
Museum Tsunami Aceh – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)




Ada hal menarik yang biasa dilakukan oleh pihak pengelola museum yakni penyelenggaraan pameran berkala.

Di mana pameran yang diadakan secara temporer ini membahas aspek-aspek terkait perihal kebencanaan juga upaya pemulihan pasca terjadinya bencana.

Sebuah upaya yang patut diapresiasi untuk pembelajaran diri dalam menghadapi setiap bencana yang mungkin saja terjadi di masa mendatang 

Pameran ini tentunya memberikan banyak wawasan yang sangat mendalam bagi para pengunjung yang tentu saja bersinggungan dengan topik kebencanaan tersebut.

7. Cafe Rooftop

Di Museum Tsunami ini terdapat juga sebuah bangunan yang ada di bagian atas yang berfungsi untuk bersantai menikmati aneka makanan, sekaligus bersantai dan menyaksikan pemandangan alam sekitar dari atas bangunan museum.

8. Ruang Perdamaian MoU Helsinki

Merupakan ruangan yang terdapat di area museum yang mengetengahkan ruang untuk mengenang kesepakatan damai yang dilakukan oleh pihak Pemerintahan Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka atau GAM.

Hal di atas merupakan tonggak sangat penting pasca terjadinya bencana Aceh sebagai upaya rekonsiliasi.

9. Fasilitas Edukatif

Dalam museum ini juga terdapat area untuk belajar dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan masalah kebencanaan, mulai dari sejarah, pemulihan pasca bencana, mitigasi, serta hal penting lainnya.

Hal ini tentunya menjadi bentuk lain penghormatan kepada para korban meninggal pada bencana gempa dan tsunami di Aceh di masa yang silam.

BACA JUGA: Museum Bank Mandiri, 7 Hal Menarik di Dalamya: Orisinalitas juga Otentik

Museum Tsunami Aceh mulai beroperasi pada pukul 09.00 pagi hingga pukul 12.00 khusus hari Senin hingga Kamis, dilanjut sesi kedua pada pukul 14.00 siang hingga pukul 16.00 sore.

Untuk hari Jumat, museum tidak dibukan, beroperasi lagi pada hari Sabtu dan Minggu dengan waktu kunjungan dengan jam yang sama seperti hari-hari biasa.***

Berita Terkait

Tanggapan PT Garuda Mengenai John yang Lahir dan Mendapat Fasilitas Penerbangan Geratis
Taman Olba: Tempat Wisata Edukasi di Ngawi yang Wajib Dikunjungi
Rekomendasi Sate Terenak di Jakarta, Dijamin Bikin Nagih
Beauty Lux Jogja: Klinik Kecantikan Terbaik di Yogyakarta
Honabelle: Cita Rasa Brownis Panggang Premium Nomor 1 di Yogyakarta
Misteri Kamar Nyi Roro Kidul di Hotel Ambarukmo: Dari Keindahan Hingga Cerita Mistis
Alsha Tour, Pilihan Perjalanan Umroh Aman dan Nyaman
Seru!! Melihat Aksi Beberapa Remaja Warga Bermain Seluncuran di BKB Semarang.

Berita Terkait

Saturday, 27 July 2024 - 07:22 WIB

Tanggapan PT Garuda Mengenai John yang Lahir dan Mendapat Fasilitas Penerbangan Geratis

Friday, 26 July 2024 - 08:52 WIB

Taman Olba: Tempat Wisata Edukasi di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

Sunday, 21 July 2024 - 19:05 WIB

Rekomendasi Sate Terenak di Jakarta, Dijamin Bikin Nagih

Thursday, 18 July 2024 - 19:05 WIB

Beauty Lux Jogja: Klinik Kecantikan Terbaik di Yogyakarta

Thursday, 18 July 2024 - 18:04 WIB

Honabelle: Cita Rasa Brownis Panggang Premium Nomor 1 di Yogyakarta

Berita Terbaru

Cara Membuat Kuah Bakso yang Sedap

kuliner

Cara Membuat Kuah Bakso yang Sedap, Auto Bikin Lapar!

Saturday, 27 Jul 2024 - 07:25 WIB