Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Cak Imin Sebut Akan Sambut Khofifah Indar Parawansa jika Maju Pilgub Melalui PKB


Cak Imin
Cak Imin
( Dok. Ist)


 SwaraWarta.co.id - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, memberikan tanggapan terhadap kemungkinan Khofifah Indar Parawansa maju di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024.

"Ya kalau (Khofifah) mau daftar ya kita sambut dengan baik," kata Cak Imin kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (4/5/2024).

BACA JUGA: Cak Imin Rahasiakan Kader yang Akan Maju di Pilkada Jatim

 Cak Imin menyambut baik jika Khofifah ingin mendaftar melalui PKB. Namun, ia mengaku belum ada komunikasi lanjutan dengan Khofifah mengenai hal itu.

"Belum, belum, belum (ada komunikasi dengan Khofifah)," jelasnya

Sementara itu, Emil Elestianto Dardak menyatakan komitmennya untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim 2024.

BACA JUGA: PKB dan NasDem Gabung Koalisi Prabowo, Anies Beri Tanggapan Begini

 Ia sudah berkomunikasi dengan partai lain di luar Demokrat, Gerindra, PAN, dan Golkar terkait hal tersebut.

"Ya di luar itu tadi kami juga melakukan komunikasi tentunya karena kita percaya bahwa niat baik ini akan tentunya tambah barokah kalau kita bisa semakin banyak rekan-rekan yang masuk dalam seperjuangan," kata Emil Dardak usai menghadiri halalbihalal ICMI di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (1/5).

BACA JUGA:

Emil mengatakan Demokrat perlu menjalin komunikasi dengan Gerindra, PAN, dan Golkar terkait kemungkinan mengusungnya kembali sebagai pendamping Khofifah di Pilgub Jatim 2024. 

Namun, ia menyebut bahwa menjadi hal wajar jika partai lain mengusulkan nama lain sebagai pendamping Khofifah.

"Tahap pertama tentunya saya perlu bersama segenap elemen Partai Demokrat perlu membangun komunikasi dengan tadi partai yang sudah resmi memberikan dukungan pada Bu Khofifah agar tentunya kita bisa menjadi sebuah pasangan, gitu kan. Nah di proses ini sangar wajar dan lumrah apabila mungkin ada harapan bagaimana partai tertentu bisa mengusulkan kadernya," ujarnya.

Emil mengaku telah menjalin silaturahmi dengan beberapa tokoh partai politik lain selain Demokrat terkait kemungkinan maju kembali bersama Khofifah.

Ia optimis bahwa pasangan Khofifah-Emil untuk Pilgub Jatim 2024 dapat dilanjutkan.

"Tetapi proses ini adalah proses yang sangat lumrah dalam perpolitikan tetapi insyallah komunikasi juga berjalan baik. Kami cukup optimis bahwa akan ada titik temu untuk kemungkinan pasangan Khofifah-Emil bisa dilanjutkan," ujarnya.

Sebagai informasi, Khofifah Indar Parawansa sudah memperoleh rekomendasi dari empat partai politik untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jatim 2024. 

Namun, sejumlah partai politik masih belum menentukan calon wakil gubernur yang akan mendampingi Khofifah.

Keempat partai politik yang memberikan rekomendasi kepada Khofifah antara lain Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat. 

Dari empat partai itu, hanya Demokrat yang sudah memberikan rekomendasi sepaket untuk Khofifah-Emil Dardak. 

Sedangkan tiga partai lainnya masih mendiskusikan kemungkinan mendukung Emil Dardak, meski elektabilitas mantan Bupati Trenggalek tersebut tinggi berdasarkan survei lembaga-lembaga tertentu.

Khofifah sendiri sudah menegaskan ingin berpasangan kembali dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024. Ia menyampaikan hal ini di acara halalbihalal dengan pengurus LDII Jatim yang terbaru.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter