Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Rekor Baru dan Insiden Dramatis di Latihan MotoGP Catalunya 2024

MotoGP
MotoGP Catalunya Spanyol 2024 - SwaraWarta.co.id (Sumber: Bola.net)


SwaraWarta.co.id - Sehari setelah mengumumkan rencana pensiunnya, Aleix Espargaro mencetak rekor lap baru sepanjang masa untuk memimpin latihan Jumat yang penuh insiden di MotoGP Catalunya 2024.

Sementara itu, Marc Marquez berada di luar sepuluh besar - tidak terbantu oleh bendera kuning setelah jatuhnya saudara dan rekan setimnya, Alex Marquez - sehingga harus menuju Kualifikasi 1 pada hari Sabtu.

Brad Binder (dua kali di Tikungan 2), Fabio Quartararo, Fabio di Giannantonio (dua kali), Alex Marquez, dan Augusto Fernandez semuanya mengalami jatuh selama sesi sore.

Meskipun mengalami dua kali jatuh di awal, Binder berhasil duduk di posisi kedua di belakang rekan setim KTM-nya, Jack Miller, pada pertengahan sesi.

Maverick Vinales kemudian naik ke puncak sebagai pembalap pertama yang memasang ban baru, sempat mempertahankan Aprilia di posisi teratas hingga rekan setimnya, Espargaro, membuat Aprilia menduduki posisi satu-dua.

Pemimpin di sesi pagi hari, Jorge Martin, kemudian menempatkan Ducati Pramac-nya di depan, dengan rookie Pedro Acosta, Franco Morbidelli, dan Francesco Bagnaia menyelinap di antara Martin dan duo Aprilia.

BACA JUGA: Jay Idzes Tampil Penuh, Venezia Lolos ke Final Playoff Promosi Serie A


Namun, Espargaro merespon dengan mencetak rekor lap baru di menit-menit akhir, dengan Binder mengatasi masalah sebelumnya untuk memimpin di depan Acosta dan Bagnaia.

Alex Rins membuat kejutan dengan membawa aero baru Yamaha ke posisi kesembilan dan akses langsung ke Kualifikasi 2.

Wild-card HRC Stefan Bradl, yang seperti Johann Zarco memiliki paket aero baru, tidak berkendara pada sore itu karena sakit.

Pemimpin klasemen MotoGP Pramac, Jorge Martin, memimpin di depan saingan tim pabrik 2025, Marc Marquez (Gresini), dan Brad Binder dari KTM selama latihan pembuka MotoGP Catalunya 2024.

Martin, yang memegang keunggulan 38 poin dalam kejuaraan dunia, menyimpan performa terbaiknya untuk akhir sesi dan finis 0,292 detik lebih cepat dari Marquez.

Namun, Martin mengganti ban baru di akhir sesi, sementara Marquez tetap menggunakan ban lama.

Binder, rookie GASGAS Pedro Acosta, dan Aleix Espargaro dari Aprilia - yang berkendara untuk pertama kali sejak mengonfirmasi pensiun di akhir musim - semuanya berada dalam selisih 0,472 detik dari Martin.

Alex Marquez, juara bertahan Francesco Bagnaia, Augusto Fernandez, Jack Miller, dan Raul Fernandez melengkapi sepuluh besar.

Setelah melakukan tes pribadi di Mugello, tim Honda dan Yamaha memiliki bagian-bagian baru akhir pekan ini; termasuk aero pada M1 dan RC213V milik Johann Zarco dan Stefan Bradl.

BACA JUGA: Seorang Wanita di Merak Tewas Tertabrak Kereta Usai Hendak Menyebrang


Zarco berada di posisi ke-13, meskipun menggunakan aero standar.

Fabio Quartararo dan Alex Rins mencatat waktu lap yang sama untuk posisi ke-15 dan ke-16, dengan Luca Marini mendapatkan dorongan sebagai pembalap Repsol Honda terbaik di posisi ke-17, 1,049 detik dari Martin.

Latihan Jumat di MotoGP Catalunya 2024 penuh dengan insiden dan perubahan posisi dramatis.

Aleix Espargaro, yang baru saja mengumumkan rencana pensiunnya, membuat gebrakan dengan mencetak rekor lap baru dan memimpin latihan.

Pembalap Aprilia ini menunjukkan performa luar biasa, meskipun berada di penghujung karirnya.

Sementara itu, Marc Marquez mengalami nasib kurang beruntung, harus berjuang untuk masuk sepuluh besar setelah terhalang oleh bendera kuning karena jatuhnya saudara dan rekan setimnya, Alex Marquez.

Ini berarti dia harus melalui Kualifikasi 1 pada hari Sabtu, sebuah tantangan tambahan dalam usahanya untuk meraih posisi yang baik di balapan.

Brad Binder, meskipun sempat jatuh dua kali di Tikungan 2, berhasil bangkit dan duduk di posisi kedua pada pertengahan sesi, di belakang rekan setimnya, Jack Miller.

Momen kebangkitan Binder ini menunjukkan determinasi dan keterampilannya dalam menghadapi situasi sulit.

Maverick Vinales juga menunjukkan performa yang kuat dengan menjadi pembalap pertama yang memasang ban lunak baru, dan sempat memimpin hingga Aleix Espargaro membuat Aprilia menduduki posisi satu-dua.

Namun, Jorge Martin dari Pramac Ducati akhirnya menempatkan dirinya di depan dengan waktu tercepat, sebelum Espargaro merebut kembali posisi teratas dengan rekor lap baru di menit-menit akhir.

Insiden jatuh yang melibatkan beberapa pembalap, termasuk Fabio Quartararo, Fabio di Giannantonio, Alex Marquez, dan Augusto Fernandez, menambah drama dalam sesi latihan ini.

Meskipun demikian, pembalap seperti Alex Rins berhasil menunjukkan performa impresif dengan aero baru Yamaha, membawa dirinya ke posisi kesembilan dan mendapatkan akses langsung ke Kualifikasi 2.

Dengan berbagai inovasi teknis dan perubahan pada motor, seperti aero baru pada Yamaha M1 dan Honda RC213V, sesi latihan ini memberikan gambaran awal tentang persaingan ketat yang akan terjadi di balapan MotoGP Catalunya 2024.

Para pembalap dan tim terus beradaptasi dan mencari cara untuk mendapatkan keunggulan di sirkuit, menjanjikan balapan yang menarik dan penuh aksi.***
Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.