Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Ragam Karakter Anak Usia Dini, Bunda Wajib Paham Ini!

 

Anak usia dini
Anak usia dini
( Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - Karakter anak usia dini sebenarnya wajib diketahui oleh semua bunda terutama yang masih pemula. 

Pasalnya karakter anak usia dini terkadang ada yang terbawa hingga beranjak ke usia lanjut. 

Ragam Karakter Anak Usia Dini

Berikut ini sejumlah karakter anak usia dini yang bisa Kamu ketahui:

1. Unik

Bersifat unik Setiap anak memiliki ciri-ciri, minat, kesukaan, latar belakang, dan budaya yang berbeda-beda, sehingga tidak ada yang dapat dikatakan 'mirip'. Keunikan anak juga dapat dilihat dari kemampuan, cara belajar, dan hal-hal yang mampu menarik perhatiannya. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan, dijamin Berhasil

2. Spontan

Bersifat spontan Anak usia dini cenderung bersikap spontan dan apa adanya. Mereka tak akan berpikir untuk mengungkapkan apa yang dirasakan atau dipikirkan tanpa memperdulikan pendapat orang lain.

Baca Juga: Ciri-ciri Balita yang Mau Punya Adek, Bunda Wajib Paham!

3. Ceroboh

Ceroboh Anak usia dini cenderung tak mempertimbangkan tindakan yang akan diambil. Jika ingin sesuatu, mereka akan melakukannya saat itu juga meskipun hal tersebut akan melukai mereka.

4. Aktif 

Aktif dan energik Anak usia dini memiliki energi yang tak ada habisnya. Mereka terus bergerak ke sana ke mari dan hanya diam saat tertidur.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Anak GTM, Nomor 2 Cukup Ampuh

5. Egois

Egois Anak usia dini memikirkan apapun berdasarkan cara pandang dan pengetahuannya. Mereka menganggap apapun yang disukai dan diinginkan menjadi milik mereka.

6. Pemarah 

Pemarah Perkembangan emosional dan sosial anak usia dini belum stabil sehingga mereka bisa marah dengan mudah dan mengekspresikannya dengan bebas.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Susu Formula untuk Anak 1 Tahun, Bunda jangan Sampai Salah Pilih

7. Penasaran 

Penasaran Anak usia dini memiliki rasa ingin tahu yang besar. Mereka selalu bertanya dan mencari tahu jawaban dari segala hal yang membuat mereka penasaran

8. Kemampuan Mengingat Terbatas

Kemampuan mengingat terbatas Anak usia dini akan mengingat objek yang menarik perhatiannya, menjadi akrab dan mengetahui bagian tubuh, serta siapa saja yang menjadi anggotanya. 

Namun, rentang ingatan mereka masih terbatas. Oleh karena itu, orang tua perlu mengingatkan secara berulang ulang pada anak.

Bagaimana? Bunda sudah paham karakter anak usia dini?

Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter