Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Terungkap Pegi Setiawan DPO Pembunuhan Vina Sempat Ngontrak Bareng Sang Ayah

 

Pegi Setiawan
Pegi Setiawan
 (Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - Pada tahun 2016 di Cirebon, Pegi Setiawan, yang juga dikenal sebagai Perong, melakukan pembunuhan terhadap Vina dan pacarnya Rizky atau Eky. Setelah itu, Pegi berhasil kabur dan menjalani hidup sebagai buronan selama beberapa waktu. 

Dalam pelariannya, Pegi mengganti namanya menjadi Robi Irawan dan berpindah-pindah tempat tinggal untuk menghindari polisi.

"Upaya tersangka PS menghilangkan identitas, yang pertama, sekitar bulan September 2016 sampai dengan tahun 2019 menyewa kamar kontrakan di Katapang, kabupaten bandung dan mengaku bernama Robi Irawan," katanya, Minggu (26/5/2024).

Baca Juga:

Disebut Salah Tangkap Pegi Setiawan, Ini Jawaban Polda Jabar

Namun, akhirnya Pegi berhasil ditangkap oleh Polda Jawa Barat. Selama pelariannya, Pegi tinggal bersama ayahnya, A Saprudi, di sebuah kontrakan di wilayah Katapang, Kabupaten Bandung

Ayahnya disebut turut membantu menyembunyikan identitas anaknya dengan menyatakan bahwa Pegi bukan anaknya, melainkan keponakannya.

Baca Juga:

Polda Jabar Hilangkan 2 DPO di Kasus Vina Cirebon, Apa Alasannya?

"Dikenalkan oleh A. saprudi kepada TJ (pemilik kontrakan) adalah sebagai keponakannya yang bernama Robi. A Saprudi ini adalah ayah kandung dari PS. Dan PS memiliki 2 akun FB atas nama Pegi Setiawan dan Robi Irawan," ucap Jules Abraham.

Polda Jawa Barat menemukan bahwa setidaknya delapan orang terpidana kasus Vina pada saat itu tidak menyadari bahwa Pegi adalah DPO yang sedang diburu oleh polisi. 

Namun, setelah dilakukan penyelidikan yang lebih lanjut, Pegi berhasil diidentifikasi sebagai pelaku pembunuhan.

Direskrimum Polda Jabar, Kombes Pol Surawan, mengatakan bahwa pihaknya sedang mengevaluasi apakah A Saprudi dapat dijadikan tersangka atas keterlibatannya dalam menyembunyikan Pegi.

"Terkait tersangka lain memang tidak mau menyebutkan Pegi itu siapa. Baru kemudian setelah kita minta keterangan, PS ini telah meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke Katapang. Di sana dia tinggal satu kos bersama ayah kandung dan ibu tirinya. Namun, PS tidak mengenalkan diri sebagai anak kandung dari ayahnya. di sana dia mengaku sebagai keponakan. Namanya juga sudah diganti bukan lagi PS tetapi menggunakan nama Robi," ucapnya

 Hal ini disebabkan karena ayah Pegi diduga turut membantu menyembunyikan buronan dalam kasus pembunuhan Vina.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter