BERIKUT Ini Hasil Ujian Pengantar Statistika Sosial Dari 90 Mahasiswa Kelas Frekuensi 31-40 2 41-50 17 51-60 13 61-70 9 71-80 26 81-90 8 91-100 15

- Redaksi

Monday, 23 June 2025 - 12:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Berikut analisis hasil Ujian Pengantar Statistika Sosial dari 90 mahasiswa. Data menunjukan distribusi nilai yang menarik untuk dikaji lebih lanjut. Analisis ini akan mencakup perhitungan frekuensi relatif, interpretasi data, dan implikasi untuk peningkatan pembelajaran di masa depan.

Data mentah menunjukkan distribusi nilai sebagai berikut: Kelas 31-40 (2 mahasiswa), 41-50 (17 mahasiswa), 51-60 (13 mahasiswa), 61-70 (9 mahasiswa), 71-80 (26 mahasiswa), 81-90 (8 mahasiswa), dan 91-100 (15 mahasiswa).

Tabel Distribusi Frekuensi Relatif

Untuk analisis yang lebih mendalam, kita perlu menghitung frekuensi relatif. Frekuensi relatif dihitung dengan membagi frekuensi masing-masing kelas dengan total jumlah mahasiswa (90). Berikut tabel distribusi frekuensi relatif:

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kelas | Frekuensi | Frekuensi Relatif
——- | ——– | ——–
31-40 | 2 | 0.022
41-50 | 17 | 0.189
51-60 | 13 | 0.144
61-70 | 9 | 0.100
71-80 | 26 | 0.289
81-90 | 8 | 0.089
91-100 | 15 | 0.167

Baca Juga :  ANDRI Adalah Seorang Manajer Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Di Perusahaan Ritel Yang Akan Membangun Organisasi Belajar

Dari tabel di atas, terlihat dengan jelas proporsi mahasiswa pada setiap rentang nilai. Perhatikan bahwa frekuensi relatif menunjukkan persentase mahasiswa yang berada di setiap kelas interval.

Interpretasi Data

Interpretasi data ini akan fokus pada tiga aspek utama: distribusi nilai, konsentrasi nilai, dan analisis kelompok nilai. Dengan memahami ketiga aspek ini, kita dapat menarik kesimpulan yang lebih komprehensif.

Distribusi Nilai Mahasiswa

Distribusi nilai menunjukkan rentang nilai yang dicapai oleh mahasiswa. Kelas 71-80 memiliki frekuensi relatif tertinggi (28,9%), menunjukkan banyak mahasiswa berkumpul di rentang nilai ini. Sebaliknya, kelas 31-40 memiliki frekuensi relatif terendah (2,2%), menunjukkan sedikit mahasiswa yang mendapatkan nilai sangat rendah.

Konsentrasi Nilai

Konsentrasi nilai menunjukkan di mana sebagian besar nilai mahasiswa berkumpul. Data menunjukkan konsentrasi nilai yang cukup tinggi pada rentang nilai menengah ke atas. Hampir setengah dari mahasiswa (47,8%) berada di rentang 41-80.

Baca Juga :  Kunci Jawaban! Bagaimana Sikap Seorang Ketika Ditimpa Musibah Jelaskan Alasannya?

Analisis Kelompok Nilai

Kita dapat mengelompokkan nilai menjadi tiga kategori: rendah (31-50), sedang (51-80), dan tinggi (81-100). Analisis ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang sebaran kemampuan mahasiswa.

  • Nilai Rendah (31-50): Hanya 21,1% mahasiswa yang berada di kategori ini. Ini mengindikasikan sebagian besar mahasiswa mampu mencapai nilai minimal yang diharapkan.
  • Nilai Sedang (51-80): Sebanyak 53,3% mahasiswa berada di kategori ini. Proporsi yang cukup besar ini menunjukkan mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup baik tentang materi.
  • Nilai Tinggi (81-100): 25,6% mahasiswa berada di kategori ini. Ini menunjukkan adanya potensi mahasiswa unggul yang perlu diperhatikan dan dibina lebih lanjut.

Pola Distribusi dan Implikasi

Pola distribusi nilai cenderung mendekati distribusi normal, namun sedikit condong ke kiri (negatif). Hal ini menunjukkan kecenderungan lebih banyak mahasiswa memperoleh nilai di atas rata-rata.

Baca Juga :  Doa Susah Tidur, Terapkan Biar Jam Istirahat Makin Teratur

Implikasi dari data ini sangat penting untuk perbaikan proses pembelajaran. Keberhasilan sebagian besar mahasiswa menunjukkan metode pembelajaran yang efektif. Akan tetapi, perhatian khusus perlu diberikan kepada 2,2% mahasiswa yang mendapatkan nilai sangat rendah. Hal ini dapat dilakukan melalui bimbingan tambahan atau penyesuaian metode pembelajaran.

Potensi mahasiswa unggul (25,6%) juga perlu diperhatikan dan dikembangkan melalui program pengayaan atau kesempatan belajar lanjutan. Secara keseluruhan, data ini memberikan gambaran komprehensif tentang kinerja mahasiswa dan dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa depan.

Kesimpulannya, analisis ini memberikan gambaran yang lengkap dan mendalam tentang hasil ujian Pengantar Statistika Sosial. Dengan memahami distribusi nilai, konsentrasi nilai, dan implikasi data, kita dapat merencanakan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Berita Terkait

Apa Fungsi dari Prosedur Verifikasi dalam HACCP? Simak Penjelasannya Berikut!
Apa Langkah Pertama dalam Pengembangan Rencana HACCP? Berikut ini Penjelasannya!
SECARA Umum, Idealisme Menyatakan Bahwa Realitas Terdiri Dari Ide-Ide, Pikiran, Akal (Mind), Atau Jiwa (Selves), Bukan Benda Materi
MODERNISME, Sebagai Sebuah Narasi Besar Peradaban Manusia Ditopang Oleh Pelbagai Macam Pemikiran, Narasi Ini Sangat Kuat Menguasai Sejarah Pemikiran
JELASKAN Tentang Pemikiran Empirisme Dari Hobbes Yang Bertolak Belakang Dengan Rasionalisme!
SEBUTKAN Pemikiran Idealisme George Berkeley Yang Turut Andil Dalam Perkembangan Pemikiran Idealisme!
JAWABAN Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidikan Nilai Dalam Konteks Pendidikan Nasional?
APA Skenario Yang Mungkin Dapat Menyebabkan Perang Dunia Ketiga Berdasarkan Bukti-Bukti Yang Ada Sekarang? Coba Buat Dan Jelaskanlah Skenario Tersebut
Tag :

Berita Terkait

Monday, 23 June 2025 - 17:14 WIB

Apa Fungsi dari Prosedur Verifikasi dalam HACCP? Simak Penjelasannya Berikut!

Monday, 23 June 2025 - 16:28 WIB

Apa Langkah Pertama dalam Pengembangan Rencana HACCP? Berikut ini Penjelasannya!

Monday, 23 June 2025 - 12:34 WIB

SECARA Umum, Idealisme Menyatakan Bahwa Realitas Terdiri Dari Ide-Ide, Pikiran, Akal (Mind), Atau Jiwa (Selves), Bukan Benda Materi

Monday, 23 June 2025 - 12:29 WIB

MODERNISME, Sebagai Sebuah Narasi Besar Peradaban Manusia Ditopang Oleh Pelbagai Macam Pemikiran, Narasi Ini Sangat Kuat Menguasai Sejarah Pemikiran

Monday, 23 June 2025 - 12:24 WIB

JELASKAN Tentang Pemikiran Empirisme Dari Hobbes Yang Bertolak Belakang Dengan Rasionalisme!

Berita Terbaru

Nyeri pada kaki (Dok. Ist)

Lifestyle

Nyeri Kaki pada Wanita: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Monday, 23 Jun 2025 - 16:16 WIB