Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

7 Tahapan Riyadhah yang Benar dan Lengkap dengan Pembahasannya

7 Tahapan Riyadhah yang Benar dan Lengkap dengan Pembahasannya
7 Tahapan Riyadhah yang Benar dan Lengkap dengan Pembahasannya.


SwaraWarta.co.id - Riyadhah adalah suatu upaya yang sungguh-sungguh untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Riyadhah dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, seperti ibadah, dzikir, wirid, puasa, sedekah, dan lain sebagainya.

Tujuan Riyadhah

Tujuan riyadhah adalah untuk membersihkan jiwa dari segala macam kotoran dan keburukan, sehingga jiwa menjadi bersih, suci, dan siap untuk menerima hidayah dari Allah SWT. 

Riyadhah juga bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih keridhaan-Nya.

Tahapan Riyadhah

Menurut Imam Al-Ghazali, tahapan riyadhah yang benar terdiri dari tujuh tahapan, yaitu:

  1. Tahap Ilmu dan Makrifat

Tahap pertama adalah tahap ilmu dan makrifat. Pada tahap ini, seorang hamba harus memiliki ilmu yang benar tentang agama Islam, termasuk tentang Allah SWT, Rasul-Nya, dan akhirat. 

Ilmu dan makrifat akan menjadi landasan bagi seorang hamba dalam melakukan riyadhah.

  1. Tahap Taubat

Tahap kedua adalah tahap taubat. Pada tahap ini, seorang hamba harus bertobat kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukannya. 

Taubat akan membersihkan jiwa dari segala macam kotoran dan keburukan.

  1. Tahap Godaan

Tahap ketiga adalah tahap godaan. Pada tahap ini, seorang hamba akan menghadapi berbagai macam godaan dari setan dan hawa nafsu. 

Godaan-godaan tersebut harus dihadapi dengan sabar dan tawakal kepada Allah SWT.

  1. Tahap Kendala-Kendala

Tahap keempat adalah tahap kendala-kendala. Pada tahap ini, seorang hamba akan menghadapi berbagai macam kendala dalam melakukan riyadhah. Kendala-kendala tersebut dapat berupa kendala fisik, mental, atau sosial. 

Seorang hamba harus berusaha untuk mengatasi kendala-kendala tersebut dengan sabar dan tawakal kepada Allah SWT.

  1. Tahap Dorongan dan Motivasi

Tahap kelima adalah tahap dorongan dan motivasi. Pada tahap ini, seorang hamba harus memiliki dorongan dan motivasi yang kuat untuk terus melakukan riyadhah. Dorongan dan motivasi tersebut dapat berasal dari dalam diri sendiri, seperti rasa cinta kepada Allah SWT dan keinginan untuk meraih keridhaan-Nya.

  1. Tahap Menghindari Faktor-Faktor Pengrusak

Tahap keenam adalah tahap menghindari faktor-faktor pengrusak. Pada tahap ini, seorang hamba harus menghindari segala macam faktor yang dapat merusak riyadhah yang dilakukannya. 

Faktor-faktor pengrusak tersebut dapat berupa maksiat, kemaksiatan, dan perbuatan-perbuatan yang dapat melalaikan dari ibadah.

  1. Tahap Pujian dan Syukur

Tahap ketujuh adalah tahap pujian dan syukur. Pada tahap ini, seorang hamba harus senantiasa memuji dan bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. 

Pujian dan syukur akan semakin memperkuat iman dan ketakwaan seorang hamba.

Tips Melakukan Riyadhah yang Benar

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan riyadhah yang benar:

  • Mulailah dari hal-hal yang kecil dan bertahap. Jangan memaksakan diri untuk melakukan riyadhah yang terlalu berat, karena hal itu justru akan membuat riyadhah menjadi tidak efektif.
  • Carilah bimbingan dan nasihat dari orang yang ahli. Orang yang ahli dapat memberikan petunjuk dan bimbingan yang tepat dalam melakukan riyadhah.
  • Bersabar dan jangan mudah menyerah. Riyadhah adalah proses yang panjang dan membutuhkan kesabaran. Jangan mudah menyerah jika menemui kesulitan dalam melakukan riyadhah.

Riyadhah adalah suatu upaya yang sungguh-sungguh untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Riyadhah dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, seperti ibadah, dzikir, wirid, puasa, sedekah, dan lain sebagainya.

Tujuan riyadhah adalah untuk membersihkan jiwa dari segala macam kotoran dan keburukan, sehingga jiwa menjadi bersih, suci, dan siap untuk menerima hidayah dari Allah SWT.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter