Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pembangunan Pendidikan di Indonesia Masih Belum Merata Sepenuhnya

Pembangunan Pendidikan di Indonesia Masih Belum Merata Sepenuhnya

Pembangunan Pendidikan di Indonesia Masih Belum Merata Sepenuhnya. 



SwaraWarta.co.id - Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan suatu bangsa.

Melalui pendidikan, masyarakat dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan memajukan bangsa.

Pemerintah Indonesia telah berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai kebijakan dan program.

Namun, hingga saat ini, pembangunan pendidikan di Indonesia masih belum merata sepenuhnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pembangunan pendidikan di Indonesia belum merata, antara lain:

  • Faktor geografis. Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas dengan kondisi geografis yang beragam. Hal ini menyebabkan pembangunan pendidikan di berbagai daerah menjadi tidak merata. Daerah-daerah terpencil dan tertinggal, seperti di Papua dan Nusa Tenggara Timur, masih memiliki akses pendidikan yang terbatas.

  • Faktor ekonomi. Kemiskinan merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan anak-anak tidak dapat bersekolah. Banyak anak dari keluarga miskin yang harus bekerja untuk membantu perekonomian keluarga sehingga tidak memiliki waktu untuk bersekolah.

  • Faktor sosial budaya. Adat istiadat dan budaya tertentu di masyarakat tertentu dapat menghambat akses pendidikan. Misalnya, ada beberapa daerah yang masih memiliki tradisi kawin muda, sehingga anak-anak perempuan dipaksa menikah muda dan tidak dapat bersekolah.

Akibat dari pembangunan pendidikan yang belum merata, terdapat beberapa permasalahan pendidikan yang masih terjadi di Indonesia, antara lain:

  • Rendahnya angka partisipasi pendidikan. Menurut data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), angka partisipasi kasar (APK) pendidikan dasar di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 96,8%. Angka ini masih belum mencapai target yang ditetapkan oleh Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu 100%.

  • Rendahnya kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan di Indonesia masih belum merata. Hal ini terlihat dari hasil-hasil tes internasional seperti PISA dan TIMSS yang menunjukkan bahwa siswa Indonesia masih berada di peringkat bawah.

  • Persoalan putus sekolah. Persoalan putus sekolah masih menjadi salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia. Menurut data Kemendikbudristek, jumlah anak putus sekolah di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 1,2 juta siswa.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia, antara lain:

  • Pembangunan infrastruktur pendidikan. Pemerintah telah membangun sarana dan prasarana pendidikan, seperti sekolah, perpustakaan, dan laboratorium, di berbagai daerah.

  • Peningkatan kualitas guru. Pemerintah telah meningkatkan kualitas guru melalui berbagai program pelatihan dan sertifikasi.

  • Pemberian bantuan pendidikan. Pemerintah memberikan bantuan pendidikan kepada siswa dari keluarga miskin, seperti bantuan biaya sekolah, bantuan seragam, dan bantuan alat tulis.

Upaya-upaya tersebut perlu terus dilanjutkan dan ditingkatkan agar pembangunan pendidikan di Indonesia dapat lebih merata dan berkualitas.

Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia:

  • Pemerintah perlu memperkuat kebijakan pemerataan pendidikan. Kebijakan pemerataan pendidikan perlu dirumuskan dengan memperhatikan faktor-faktor geografis, ekonomi, dan sosial budaya.

  • Pemerintah perlu meningkatkan anggaran pendidikan. Anggaran pendidikan perlu ditingkatkan agar dapat mendukung berbagai program dan kegiatan pemerataan pendidikan.

  • Masyarakat perlu berperan aktif dalam pembangunan pendidikan. Masyarakat perlu mendukung upaya pemerintah dalam pemerataan pendidikan, misalnya dengan memberikan pendidikan kepada anak-anak di lingkungannya.

Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya, diharapkan pembangunan pendidikan di Indonesia dapat lebih merata dan berkualitas.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter