Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Lebih Potensial, Berikut Cara Memilih Jurusan SMK dengan Tepat

Lebih Potensial, Berikut Cara Memilih Jurusan SMK dengan Tepat
Cara memilih jurusan SMK (Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Jika ingin sukses dalam bekerja, salah satu yang perlu diperhatikan adalah memilih jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan tepat. 

SMK adalah sekolah setara dengan SMA yang mengajarkan keahlian dan keterampilan. Dalam artikel ini, akan disampaikan tips memilih jurusan SMK yang tepat.

Cara Memilih Jurusan SMK yang Benar

Saat ini sudah banyak SMK swasta ataupun Negeri yang menyediakan jurusan beragam. Oleh karena itu, peserta didik harus memilih jurusan yang sesuai dengan keinginannya.

Berikut beberapa cara memilih jurusan SMK yang dapat dijadikan sebagai referensi saat Kamu memasuki bangku SMK yakni:

1. Pilih Jurusan Sesuai Minat

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat. Jangan memilih secara terpaksa dan tergesa-gesa. 

Cari jurusan yang sesuai dengan hobi sehingga belajar akan lebih menyenangkan dan bermanfaat.

2. Sesuaikan dengan Cita-cita 

Kedua, sesuaikan dengan cita-cita. Misalnya, jika ingin menjadi teknisi kendaraan ringan otomotif, maka pilih jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. 

Sedangkan jika ingin menjadi teknisi komputer dan jaringan, maka jurusan yang tepat adalah Teknik Komputer Jaringan. 

Pastikan pilihan jurusan sesuai dengan cita-cita yang ingin dicapai. Sebab jurusan juga mempengaruhi prospek kerja di masa mendatang.

3. Kumpulkan Banyak Informasi Tentang Jurusan

Ketiga, kumpulkan banyak informasi. Banyaknya pilihan jurusan di SMK bisa membuat bingung.

 Tanyakan pada orang terdekat untuk merapatkan pilihan jurusan yang tepat. Pastikan pilihan jurusan sesuai dengan minat dan memenuhi kebutuhan pasar atau dunia kerja.

4. Jangan Terpaku Pada Nilai Pelajaran

Keempat, jangan terlalu terpaku pada nilai mata pelajaran. Jangan khawatir jika nilai sekolah tidak bagus, karena SMK mengajarkan keterampilan bukan hanya nilai akademik.

5. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya 

Kelima, cari tahu jurusan SMK yang paling diminati. Cari informasi tentang keterampilan apa saja yang diajarkan, kualitas lulusan dari jurusan dan informasi lainnya.

Keenam, cari informasi tentang prospek jurusan yang dipilih untuk dunia kerja. Pastikan jurusan yang dipilih memiliki prospek kerja yang baik.

6. Perhatikan Jenjang Pendidikan 

Terakhir, pertimbangkan jenjang pendidikan berikutnya saat memilih jurusan SMK. Dengan memilih jurusan yang tepat di SMK, kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan mudah.

Misalnya, jika memilih jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK, maka bisa melanjutkan ke jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer saat kuliah.

Itulah beberapa cara memilih jurusan SMK dengan tepat. Untuk itu, Kamu bisa menerapkannya saat memasuki usia SMA/SMK.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter