Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Level Gunung Marapi Naik! Warga Sekitar Harus Siaga

Status Level Gunung Marapi Naik
Level Gunung Marapi Naik, Warga Diimbau Siaga-SwaraWarta.co.id (Sumber: CNN)


SwaraWarta.co.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengingatkan masyarakat terkait peningkatan status Gunung Marapi, Sumatera Barat, menjadi Level III atau Siaga terhitung sejak Selasa, 9 Januari 2024, pukul 18.00 WIB.

Hendra Gunawan, Kepala PVMBG Badan Geologi, menekankan agar penduduk dan pengunjung di sekitar Gunung Marapi tidak memasuki area dalam radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi.

Ia juga mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar lembah, aliran sungai, dan bantaran sungai berhulu di puncak Gunung Marapi untuk waspada terhadap potensi bahaya lahar.

"Dilarang memasuki wilayah radius 4,5 km dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Gunung Marapi," jelas Hendra Gunawan dalam laporan aktivitas gunung api pada Rabu (10/01/2024).

Selain itu, masyarakat diimbau untuk menghadapi dampak erupsi, seperti menggunakan masker untuk melindungi saluran pernapasan dari hujan abu dan menjaga kebersihan air bersih.

Hendra Gunawan juga mengajak semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, menghindari menyebarkan informasi palsu, serta mengikuti petunjuk pemerintah daerah.

Pemerintah Daerah Kota Bukit Tinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam diminta untuk berkoordinasi dengan PVMBG di Bandung atau Pos Pengamatan G.

Marapi di Jl. Prof. Hazairin No.168 Bukit Tinggi guna mendapatkan informasi langsung tentang aktivitas Gunung Marapi.

Selain itu, masyarakat, instansi pemerintah, dan instansi terkait disarankan untuk memantau perkembangan aktivitas Gunung Marapi melalui aplikasi Magma Indonesia, situs web Magma Indonesia (vsi.esdm.go.id atau magma.esdm.go.id), serta media sosial PVMBG (Facebook, Twitter, dan Instagram).

Dalam laporan cuaca per Rabu (10/01/2024) hingga pukul 06.00 WIB, kondisi meteorologi Gunung Marapi mencatat cuaca mendung dengan angin bertiup lemah ke arah barat daya.

Suhu udara tercatat sekitar 21.8 °C, kelembaban udara 81.6%, dan tekanan udara 681.2 mmHg.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tidak menyebarkan berita palsu, dan mengikuti arahan resmi pemerintah daerah.

Semua pihak diharapkan dapat bersinergi dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan bersama di tengah meningkatnya aktivitas Gunung Marapi.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter