Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Media Asing Soroti Gibran Rakabuming Raka, Ternyata Ini Alasannya

 

Terungkap ini alasan media asing soroti Gibran Rakabuming Raka
Terungkap ini alasan media asing soroti Gibran Rakabuming Raka
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Beberapa media asing sedang membicarakan pemilihan presiden (pilpres) di Indonesia. 

Perbincangan bukan berkaitan dengan hasil survei capres, melainkan adanya indikasi pelanggaran pemilu. 

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyebutkan bahwa calon wakil presiden (cawapres) dari pasangan capres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dipanggil untuk dimintai keterangan. 

"Bawaslu Jakarta Pusat memanggil Gibran karena diduga melanggar aturan kampanye dengan membagikan susu gratis kepada masyarakat pada acara publik hari bebas mobil (car-free day) bulan lalu," tulis Reuters dalam artikel "Indonesia election watchdog summons president's son over alleged violation" dikutip Kamis (4/1/2023).

"Perlu ada klarifikasi dari Gibran, kami ingin memastikan apakah (tuduhan) itu benar atau tidak," tambahnya memuat pernyataan pejabat Bawaslu Dimas Trianto Putro.

Gibran Rakabuming Raka adalah putra dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan calon presiden (capres) Prabowo Subianto. 

Pada artikel itu juga ditegaskan bahwa Peraturan Gubernur Jakarta tahun 2016 sebenarnya melarang adanya acara mingguan di sepanjang Jalan MH Thamrin-Sudirman. 

"Belum jelas apakah pemerintah kota akan menjatuhkan hukuman apa pun," tambahnya.

Namun, menurut Reuters, Bawaslu sebenarnya tidak memiliki kewenangan untuk menghukum Gibran.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter