Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Soal Kecelakaan Tabrakan Kereta Api di Cicalengka, Begini Menurut Pendapat Puan Maharani!

Puan Maharani Soal Tabrakan Kereta
Puan Maharani Kritisi Kecelakaan Kereta di Cicalengka-SwaraWarta.co.id (Sumber: JawaPos)


SwaraWarta.co.id - Ketua DPR RI Puan Maharani telah menyoroti keamanan transportasi setelah peristiwa kecelakaan antara Kereta Api Turangga dan Kereta Api Bandung Raya, yang menyebabkan empat orang meninggal dunia.

Mantan Menko PMK tersebut mendesak PT KAI dan tim terkait untuk menemukan penyebab insiden tersebut dan melakukan evaluasi serta perbaikan pada sistem keamanan transportasi publik, termasuk moda transportasi lainnya.

Puan menekankan perlunya pemantauan oleh Kementerian Perhubungan untuk memastikan keamanan pengelolaan di semua moda transportasi.

Tujuannya adalah mencegah terjadinya peristiwa serupa di masa depan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Protokol harus dijalankan sesuai standar untuk mengurangi risiko human error yang dapat merugikan pengguna jasa transportasi.

Selain itu, Puan mengingatkan pemerintah untuk menjamin keselamatan warga yang menggunakan transportasi, menekankan pentingnya PT KAI memberikan pelayanan terbaik kepada korban kecelakaan dengan memfasilitasi dan memenuhi semua kebutuhan mereka.

Peristiwa kecelakaan melibatkan KA Turangga relasi Bandung-Surabaya terjadi di jalur petak Stasiun Cicalengka-Harpugur pada Jumat (5/1) pukul 06.03 WIB.

Empat petugas kereta api, termasuk masinis, asisten masinis, pramugara, dan anggota keamanan, meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.

Puan Maharani juga menyoroti pentingnya pelayanan terbaik dari PT KAI bagi korban, menuntut agar semua kebutuhan mereka dipenuhi dengan baik.

Hal ini mencerminkan keprihatinan dan perhatian terhadap kesejahteraan para korban dan keluarganya dalam menghadapi tragedi tersebut.

Dalam upayanya meningkatkan keamanan, Puan meminta agar evaluasi tidak hanya terbatas pada kereta api, tetapi juga melibatkan semua moda transportasi umum, termasuk jalur darat yang rawan kecelakaan.

Dengan demikian, langkah-langkah pencegahan dapat diimplementasikan secara menyeluruh untuk menjaga keselamatan seluruh masyarakat.

Dengan keterlibatannya dalam isu ini, Puan Maharani menunjukkan kepemimpinan dan tanggung jawabnya sebagai Ketua DPR RI dalam mengawal keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

Diharapkan langkah-langkah konkret akan diambil untuk memastikan peristiwa serupa tidak terulang di masa depan, menjadikan transportasi publik lebih aman dan nyaman bagi semua penggunanya.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter