Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jacob Rothschild Meninggal, Kekayaan Diperkirakan Tembus 1 Milyar Dollar

Rotchschild Meninggal
Jacob Rotcschild Meninggal-SwaraWarta.co.id (Sumber:SINDONews)


SwaraWarta.co.id - Finansier dan filantropis Jacob Rothschild dari dinasti perbankan terkenal Rothschild telah meninggal dunia pada usia 87, demikian diumumkan keluarganya pada hari Senin.

Rothschild memulai karirnya di bank keluarga, NM Rothschild & Sons, pada tahun 1963, sebelum memutuskan untuk memulai bisnis dan organisasi amal.

Keluarganya memberikan penghormatan kepadanya dalam sebuah pernyataan.

"Ayah kami Jacob adalah sosok yang besar dalam kehidupan banyak orang, seorang finansier yang sangat berprestasi, seorang penyokong seni dan budaya, seorang pelayan publik yang berdedikasi, seorang pendukung gigih penyebab amal di Israel dan budaya Yahudi, seorang lingkungan yang peduli, dan seorang teman, ayah, dan kakek yang dicintai," demikian pernyataan keluarganya.

"Ia akan dimakamkan sesuai dengan adat Yahudi dalam sebuah upacara keluarga kecil, dan akan diadakan peringatan pada tanggal yang akan datang untuk merayakan kehidupannya," tambah mereka, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Keluarga Rothschild memiliki kekayaan diperkirakan sekitar 825 juta poundsterling ($1 miliar), menurut daftar orang kaya Sunday Times tahun lalu.

Keluarga besar Rothscild pernah diberitakan bahwa mereka menyumbangkan jutaan poundsterling untuk  yayasan Yahudi, pendidikan, dan seni.

Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair termasuk di antara para pemimpin politik dan budaya yang memberikan penghormatan kepada Rothschild.

Blair menggambarkannya sebagai "tokoh besar dalam komunitas Yahudi Britania" dan memuji karyanya dalam memajukan perdamaian di Timur Tengah.

Lahir di Berkshire, barat London, Rothschild mendapatkan pendidikan di Eton College dan mempelajari sejarah di Christ Church College, Universitas Oxford.

Setelah memutuskan untuk meningglkan bank Rothschild, ia kemudian mengambil kendali Rothschild Investment Trust, sekarang RIT Capital Partners.

Ia menjabat sebagai ketua perusahaan tersebut, salah satu trust investasi terbesar di Bursa Efek London, hingga tahun 2019.

Ia juga adalah salah satu pendiri J Rothschild Assurance Group, sekarang St James's Place, bersama Mark Weinberg pada tahun 1980, dan menjabat sebagai wakil ketua di apa yang saat itu merupakan BSkyB Television, di antara peran-peran lainnya.

Di sektor budaya, ia menjabat sebagai ketua dewan trustee di National Gallery London dan ketua National Lottery Heritage Fund.

Yayasan Rothschild, badan amal yang mengelola bekas rumah keluarga, yaitu rumah pedesaan Waddesdon Manor, mengumumkan bahwa putri Jacob Rothschild, Hannah, akan menggantikannya sebagai ketua.

Jacob Rothschild menikah selama lebih dari 50 tahun dengan Serena, yang meninggal pada tahun 2019.

Mereka memiliki empat anak, yaitu Hannah, Beth, Emily, dan Nat, serta cucu-cucu yang banyak.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter