Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jenis-jenis Pengharum Ruangan Secara Umum, Mana Favoritmu?

 

Jenis-jenis Pengharum Ruangan Secara Umum, Mana Favoritmu?
Pengharum ruangan berbentuk elektrik (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Kehadiran pengharum ruangan bukan hanya memberikan keharuman saja, tetapi juga mampu menghadirkan perasaan senang serta membangkitkan suasana hati.

Jenis-jenis Pengharum Ruangan yang Jarang Diketahui 

Oleh karena itu, era modern ini menyajikan banyak sekali jenis pengharum ruangan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera. 

Namun, sebelum memilih pengharum ruangan, kita perlu mengenal jenis-jenisnya terlebih dahulu.

1. Pengharum Ruangan Berbentuk Lilin

Pertama-tama, terdapat pengharum ruangan berbentuk lilin. Lilin beraroma mampu membangkitkan mood yang ingin ditimbulkan dalam ruangan, selain memberikan kehangatan dan keseimbangan. 

Selain itu, produk pengharum ruangan berbentuk lilin juga menghadirkan berbagai bentuk dan ukuran yang beragam yang bisa disesuaikan dengan desain ruangan. 

Lilin dapat diletakkan di tengah-tengah ruangan agar aroma tersebar merata pada seluruh penjuru. 

Akan tetapi, sebaiknya kita memilih lilin berkualitas tinggi untuk menghindari risiko terbakar tidak merata akibat suhu ruangan yang kurang stabil. 

Selain itu, kita perlu memilih lilin yang terbuat dari bahan yang aman, seperti beeswax atau minyak esensial, dan tidak mengandung zat berbahaya seperti parafin.

2. Diffuser

Kedua, pengharum ruangan berbentuk diffuser. Alat ini bekerja dengan menyerap minyak beraroma melalui buluh dan menyebarkannya ke seluruh ruangan. 

Jenis pengharum ruangan ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan bagi mereka yang memiliki anak kecil, karena lebih aman dan tidak menimbulkan rasa asap yang seringkali mengganggu. 

Kita dapat menempatkan diffuser di tempat yang tepat, seperti pada ruang tamu atau ruang keluarga yang memberikan keharuman yang ringan dan terus-menerus. 

Namun, diffuser cocok ditempatkan pada ruangan yang berukuran besar agar keharumannya menjangkau seluruh sudut ruangan.

3. Elektrik 

Ketiga, pengharum ruangan elektrik atau gantung. Alat ini bekerja secara otomatis dengan melepaskan wewangian ke dalam ruangan. 

Alat ini mudah digunakan dan hanya perlu dipasang di dinding untuk dapat berfungsi. Kita dapat memilih bentuk pengharum ruangan berupa gantungan yang dapat ditempatkan pada sudut-sudut ruangan.

Pengharum ruangan elektrik memerlukan baterai sebagai sumber energinya. Namun demikian, kita perlu memperhatikan kandungan bahan aktif dalam pengharum ruangan pabrikan. 

Kandungan bahan kimia sintetis seperti phtalates, formaldehyde, aerosol, dan petroleum dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

4. Air freshener

Keempat, penyemprot ruangan atau air freshener. Alat ini bekerja dengan cara memberikan keharuman pada ruangan secara instan melalui semprotan aerosol. 

Meskipun cara ini mudah dan praktis, perlu berhati-hati dalam penggunaannya karena kandungan penyemprot ruangan terkadang mengandung zat berbahaya seperti alkohol yang dapat menguap cepat saat disemprotkan. 

Penyemprot ruangan sebaiknya disemprotkan dalam jarak yang cukup jauh dari wajah, serta setelah disemprotkan, kita dapat meninggalkan ruangan selama 20 menit agar bahan aktif dalam pengharum ruangan tidak masuk ke dalam paru-paru.

Itulah beberapa jenis pengharum ruangan yang wajib diketahui. Sebelum menggunakannya, Kamu harus memilih pengharum ruangan yang sesuai kebutuhan.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter