Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Konser Gaspol Satu Putaran Prabowo-Gibran Sempat Distop Bawaslu Surabaya, Benarkah Terjadi Pelanggaran?

 

Konser Gaspol Satu Putaran Prabowo-Gibran Sempat Distop Bawaslu Surabaya, Benarkah Terjadi Pelanggaran?
Selebaran konser gas pol 1 putaran Prabowo-Gibran (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Bawaslu Surabaya baru-baru ini menghentikan konser Gaspoll Satu Putaran Prabowo-Gibran di Jatim Expo. 

Tindakan ini diambil karena panitia terus melanjutkan acara meski diminta untuk menghentikan. 

Ketua Bawaslu Surabaya, Novli Tysen, mengatakan bahwa surat imbauan telah dibuat untuk penyelenggara, namun tidak digubris. 

"Kegiatan ini kita dapat selebaran semacam selebaran tentang konser gaspoll satu putaran yang diselenggarkan di Jatim Expo. Atas dasar itu, kami melakukan upaya pencegahan dalam bentuk surat imbauan," jelas Ketua Bawaslu Surabaya Novli Tysen kepada wartawan.

"Kami membuat surat imbauan kepada penyelenggara untuk tidak melakukan kegiatan tersebut, karena kegiatan itu melanggar jadwal rapat umum di luar Jadwal yang ditetapkan oleh KPU," jelasnya.

Bawaslu kemudian menerjunkan anggota untuk menghentikan konser karena dianggap melanggar jadwal rapat umum yang telah ditetapkan. 

"Kami komunikasi dengan panitia penyelenggara untuk menghentikan kegiatan tersebut, tetapi tidak dihiraukan, tidak dilakukan," Imbuhnya.

"Maka tindakan kami menghentikan konser tersebut. Jadi saya dan beberapa pengawas naik ke atas panggung ke arah konser," Ungkapnya.

"Kemudian saya berbicara di atas panggung bahwa kegiatan ini dilarang oleh undang-undang, karena di luar jadwal kampanye yang ditetapkan oleh KPU. Saya atas nama negara meminta menghentikan kegiatan yang sedang berlangsung," katanya.

Meski sempat terhenti selama satu jam, konser tersebut berlanjut. Bawaslu menegaskan bahwa mereka akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan setelah konser tersebut.

"Ketika tadi dihentikan sekitar satu jam, lalu kemudian konser berlanjut. Ketika mereka tetap melanjutkan konser, ya silakan terus saja. Tetap akan kami proses sesuai dengan aturan yang berlaku," tegasnya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter