Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pembangunan Tol Lumajang-Jogja Akan Lewati Pacitan, Berikut Informasinya!

 

Pembangunan Tol Lumajang-Jogja Akan Lewati Pacitan, Berikut Informasinya!
Pembangunan tol Lumajang-Jogja lewati wilayah Pacitan (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Kementrian PUPR telah merencanakan pembangunan jalan tol jalur lintas selatan Jawa (JLS) sebagai bagian dari Pembangunan Tol Selatan Jawa.

Saat ini, tahapan pembangunan tersebut sudah sampai di Jogjakarta dan akan melewati Pacitan hingga ke Lumajang, Jawa Timur.

Rencana pembangunan jalan tol Jogjakarta-Lumajang mencapai 287 kilometer dan melintasi sejumlah daerah di Jawa Timur, termasuk Pacitan. 

Tol dari Jogjakarta akan melewati Wonogiri, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, dan Lumajang. 

“untuk Tol dari Jogjakarta akan melintasi ,Wonogiri , Pacitan,Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang dan Lumajang. Sedangkan untuk Tol di Pacitan akan terbentang sepanjang 53 kilometer dan melintasi delapan wilayah kecamatan di Kabupaten Pacitan,” kata Suparlan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pacitan Selasa 20/2). 

Sedangkan Tol di Pacitan akan terbentang sepanjang 53 kilometer dan melintasi delapan wilayah kecamatan di Kabupaten Pacitan.

Untuk wilayah kecamatan yang akan dilewati hanya berbentuk peta sementara dan rencananya akan dibangun tidak jauh dari JLS. 

Pembangunan tol tersebut merupakan program dari Kementerian PUPR dan seluruh anggarannya akan didanai oleh pemerintah pusat. Mulai dari pembebasan lahan hingga pembangunan fisiknya.

Pembangunan jalan tol tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2035 hingga 2039 di Pacitan. 

Karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan sudah menyiapkan semua Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sebelum pelaksanaannya. 

"Bahkan kami PUPR Kabupaten Pacitan sudah rapat bersama dengan Kementrian PUPR pusat, hanya diminta untuk mengubah rencana tata ruang wilayah (RTRW) di wilayah Kabupaten Pacitan. Sedangkan untuk anggaran semua nya dari Kementrian PUPR, entah itu pembebasan lahan dan pembangunan fisiknya,” lanjutnya

Semua ini merupakan upaya Pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur jalan di Indonesia.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter