Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Terjadi di Bulan Suci Ramadhan, Ini Dia Arti dan Makna Lailatul Qadar

 

Terjadi di Bulan Suci Ramadhan, Ini Dia Arti dan Makna Lailatul Qadar
Arti malam Lailatul Qadar (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Malam mulia ini terjadi pada bulan Ramadan.

Dan pada malam itu, Allah SWT menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Alquran. Malam Lailatul Qadar dipercayai merupakan malam yang penuh dengan kemuliaan.

Bahkan siapa saja bisa mendapatkan berkah pada malam tersebut, dia akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

Banyak orang siap berburu untuk mendapatkan pahala ganda dari malam Lailatul Qadar. 

Di satu sisi, masyarakat muslim merasa tergerak untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bernilai pahala seperti beribadah, sholat malam atau tarawih.

Bahkan banyak orang yang membaca Alquran, bersedekah dan melakukan takbiran, serta berdoa memohon ampunan di malam yang agung tersebut. 

Di sisi lain, masyarakat juga merayakan dengan melakukan aktivitas kreatif seperti membagikan makanan atau bingkisan untuk diberikan kepada yang membutuhkan, atau bahkan meramaikan jalanan dengan lampion dan lampu yang indah.

Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi?

Malam Lailatul Qadar bertepatan pada rentang waktu dari terbenamnya matahari di ufuk barat hingga terbitnya fajar di ufuk timur. 

Malam dimulai saat matahari terbenam dan berakhir saat fajar mulai terlihat di ufuk timur atau saat waktu subuh tiba.

Makna Lailatul Qadar 

Istilah Qadar dalam Alquran memiliki banyak makna. Salah satu makna Qadar adalah kemuliaan. 

1. Kemuliaan

Dalam konteks keagamaan, malam Lailatul Qadar diartikan sebagai malam kemuliaan.

Hal ini disebabkan oleh keperkasaan dan keagungan Allah SWT dalam menurunkan ayat-ayat Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril selama 23 tahun.

"Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya." Arti surat Az Zumar ayat 67. 

2. Takaran atau Ukuran

Makna Qadar lainnya yang terdapat dalam Alquran adalah takaran atau ukuran. Seperti dalam surat Az Zukhruf ayat 11 yang berbunyi 

"Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur)."

3. Kemampuan 

Selain itu, Qadar juga memiliki makna kemampuan atau suatu pemberian menurut syariat, seperti dalam Al Baqarah ayat 236 yang berbunyi 

"Allah melapangkan rezeki yang dikehendaki dan mempersempit."

4. Makna yang Ditentukan 

Di samping berbagai makna tersebut, malam Lailatul Qadar juga dikenal sebagai malam penetapan. 

Seperti yang dijelaskan dalam kitab Al-Mughni, malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam penetapan karena malam itu Allah SWT menetapkan segala sesuatu untuk tahun tersebut.

Oleh karena itu, malam Lailatul Qadar menjadi malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim, karena pada malam tersebut, diharapkan mendapatkan berkah dan pahala yang berlipat-lipat.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter