Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

3 Resep Cara Membuat Nasi Tim, dari Tim Wortel hingga Tomat Ayam

Cara Membuat Nasi Tim
Tim Ayam Tomat - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Bicara soal Cara Membuat Nasi Tim pastinya adalah membicarakan anak-anak, hal ini dikarenakan nasi tim biasanya dibuat untuk makan anak-anak sebagai formula awal belajar makan.

Cara Membuat Nasi Tim tentunya memiliki cara dan tahapan masing-masing para orangtua terutama sang Ibu.

Cara Membuat Nasi Tim biasanya memerlukan sedikit kreativitas sang ibu karena pada fase ini, biasanya anak akan sulit makan, begitupun dengan konsumsi Sayuran yang sebenarnya baik untuk masa pertumbuhan anak-anak.

Nasi tim biasanya mulai diperkenalkan kepada yang baru mau belajar makan, atau minimal berusia 6 bulan ke atas.

Nasi tim merupakan jenis nasi yang lembut, tidak terlalu keras, karena disesuaikan dengan konturs mulut kebanyakan masih belum memiliki gigi jadi sangat sukar untuk mengunyah.

Cara Membuat Nasi Tim tentunya harus disesuaikan dengan selera anak.

Nasi tim pada umumnya merupakan nasi yang dimasak dengan cara mencampurkan bahan makanan lain semisal sayuran, hati ayam, atau brokoli, dan lainnya untuk membantu pertumbuhan sang anak.

Nasi tim bisa dikategorikan sebagai makanan pendamping atau dalam istilahnya MPASI.

Banyak orangtua kebingungan saat harus membuat nasi tim, mengingat nasi nutrisi sang anak harus benar-benar dipenuhi tetapi terkadang anak sulit untuk makan.

Jadinya sang ibu harus memutar otak agar nasi tim yang dimasak bisa disukai anak, ini tentunya butuh trik-trik khusus yang tepat sasaran.

Cara Membuat Nasi Tim dan Resep-Resep Pilihan


Ada banyak resep cara membuat nasi tim yang terseber di internet, ibu tentunya bisa dengan  mudah memilah-milih resep yang mana yang akan cocok dengan sang anak.

Sang ibu tentunya sangat tahu, mana yang disukai oleh anaknya dan mana yang tidak disukainya, termasuk bahan pokok campuran nasi timnya.

Ada banyak jenis nasi tim yang bisa dibuat oleh ibu termasuk cara membuat nasi timnya sendiri beserta petunjuk cara membuat dan tidak ketinggalan bahan-bahannya.

Resep nasi tim sebenarnya sangat mudah dibuat, ibu mana pun dijamin pasti bisa melakukanya.

Membuat nasi tim sendiri di rumah tentunya jauh lebih baik karena bisa menjamin kualitas dari bahan-bahan yang akan kita gunakan.

Memang jaman sekarang tersedia nasi tim instan, tetapi itu tentunya sangat tidak diperkenankan.

Nasi tim asal pabrik tentunya dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kimia termasuk bahan pengawet di dalamnya.

Jadi membuat sendiri jauh lebih aman dan terjaga kualitasnya, begitupun kita bisa memilih bahan campuran apa yang bisa dimasukan ke dalamnya.

1. Resep Nasi Tim Wortel


Cara Membuat Nasi Tim
Tim Wortel - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Cara Membuat Nasi Tim yang pertama adalah nasi tim wortel. Sesuai namanya, tentu saja bahan utamanya sendiri selain nasi adalah sayuran merah yang mengandung banyak kandungan vitamin A nya, yakni wortel.

Dan berikut adalah bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat nasi tim wortel.

Bahan-bahannya yang diperlukan dan cara membuat nasi tim wortel:

- Untuk pertama-tama sediakan bahan utamanya yakni 4 sendok makan  beras yang sudah terlebih dahulu dicuci dengan bersih, setelahnya ditiriskan beberapa waktu lamanya.

- Siapkan 400 mililiter air matang atau bisa juga dengan menggunakan air yang berasal dari rendaman kaldu ayam (opsional).

- Kemudian 2 sendok makan wortel parut yang sudah diserut atau yang sudah diproses sebelumnya dengan cara diparut sampai benar-benar halus.

- Sediakan bahan-bahan pelengkap lainnya, yaitu: 1 sendok teh keju parut, 2 sendok makan daging ayam yang sebelumnya telah digiling halus, jangan lupa tambahkan 1 sendok teh bawang putih yang telah dicincang dengan halus.

- Untuk langkah berikutnya adalah cara membuat nasi tim wortelnya sendiri yakni:

1). Masukkan beras beserta bumbu dan bahan pelengkap yang sudah dihaluskan, yakni keju parut, daging ayam giling, wortel parut, dan bawang putih cincang.

Tambahkan air atau kaldu ayam ke dalam beras dan campuran bahan-bahan halusnya untuk kemudian dimasak hingga matang.

2). Kesemua bahan tersebut kemudian diaduk sampai merata dan tercampur sempurna kemudian kalau merasa sudah matang segera diangkat.

3). Langkah selanjutnya adalah nasi yang sudah dimasak dan diangkat tadi dimasukkan ke dalam panci untuk proses selanjutnya.

4). Nasi matang yang sudah ada di dalam panci kemudian dikukus atau bisa juga ditim dengan durasi waktu sekitar setengah jam atau hingga nasinya menjadi jauh lebih lembek teksturnya.

5). Setelah sesuai selera tingkat kelembekkannya, matikak kompor, angkat nasi tim dari dalam panci lalu siap untuk disajikan.


2. Nasi Tim Ayam


Cara Membuat Nasi Tim
Tim Ayam - SwaraWarta.co.id (Sumber: Cookpad)



Cara Membuat Nasi Tim Ayam, bahan dan langkah-langkahnya:

- Untuk cara membuat nasi tim ayam, terlebih dahulu siapkan bahan-bahan utamanya juga bahan-bahan pelengkapnya, yakni setengah sendok makan bawang putih yang sudah dicincang dengan halus.

- Untuk bahan utamanya sediakam beras putih sebanyak 4 sendok makan yang telah dicuci bersih untuk selanjutnya ditiriskan terlebih dahulu.

- Kemudian siapkan air putih yang sudah matang sebanyak 400 mililiter.

- Bahan selanjutnya, tentu saja daging ayamnya sendiri yang sudah dicincang dengan halus sebanyak 2 sendok makan.

- Untuk bumbunya sendiri adalah dengan menyediakan 1 sendok makan bawah bombai yang sudah dicincang sehalus mungkin.

Langkah Cara Pembuatannya:

Ada beberapa tahapan cara membuat nasi tim ayam selanjutnya, yakni:

1. Masukkan bahan utama beras ke dalam panci diikuti oleh bahan-bahan lainnya seperti daging ayam cincang yang ditambah dengan bawang bombai cincang.

2. Kemudian langkah kedua, bahan-bahan yang sudah ada dipanci lalu direndam dengan air putih matang tadi sampai semua bahan jadi terendam.

3. Nyalakan api lalu biarkan beras dan campuran tadi termasak dengan sendirinya dan kadar airnya hilang.

4. Langkah berikutnya angkat nasi yang telah matang tadi kemudian masukkan ke dalam panci untuk dikukus atau bisa juga dilakukan dengan menggunakan panci khusus untuk membuat tim.

5. Kemudian beras hasil memasak tadi dikukus dengan waktu kurang lebih setengah jam atau sampai masi tadi menjadi lunak.

6. Setelah proses terakhir selesai, nasi tim siap disajikan kepada anak tercinta Anda sekalian.


3. Resep Nasi Tim Tomat dan Ayam


Cara Membuat Nasi Tim Tomat dan Ayam

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan sebelum proses memasak dimulai.

- Siapkan 4 sendok makan beras putih yang sudah terlebih dahulu dibersihkan, cuci samlai bersih, Kemudian untuk menghilangkan sisa airnya yang terperangkap dalam beras.

- Siapkan satu buah tomat yang akan dijadikan bahan membuat tim dengan terlebih dahulu membuang bininya, kemudian potong tomat dengan cara diotong dadu kecil-kecil.

- Siapkan 2 sendok makan daging cincang halus.

- Siapkan 400 mililiter air.

- Siapkan irisan daun bawang kira-kira sebanyak 1 sendok teh.

- Setengah siung bawang putih, memarkan lalu dicincang setipis mungkin.

Untuk cara pembuatannya sendiri adalah seperti berikut:

1. Masih beras dengan air sampai benar-benar menjadi lebih lunak.

2. Tambah ke dalam panci yang isinya beras dan air dengan bawang putih cincang, potongan tomat, dan juga irisan daun bawang, jangan lupakan pula daging cincang yang halus tadi juga di masukkan.

3. Masak campuran bahan di atas hinga semuanya matang secara sempurna, lalu setelahnya tuang ke dalam panci.

4. Kukus nasi tersebut sampai benar-benar lunak dan lembut, dengan waktu yang dibutuhkan kurang lebih setengah jam saja.

5. Nasi timnya siap untuk disajikan.

Itulah 3 Resep Cara Membuat Nasi Tim dengan proses terbilang sangat sederhana dan mudah diikuti. Bagaimana, sudah paham?***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.