Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jokowi Lakukan Peninjauan Banjir Demak

 


Presiden Jokowi tinjau banjir Demak
Presiden Jokowi tinjau banjir Demak
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id
- Presiden Joko Widodo akhirnya turun tangan meninjau penanganan banjir di Demak, Jawa Tengah yang telah terjadi sejak Rabu (13/3). 

Jokowi telah pergi ke Demak pagi ini. Ia akan mengunjungi beberapa lokasi terdampak banjir.

"Pada kunjungan kerja hari ini, Presiden ingin memastikan perbaikan tanggul yang jebol tertangani dengan baik," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat, Jumat (22/3).

Ia akan memeriksa distribusi bantuan kepada warga Demak yang terdampak banjir

Jokowi juga akan melihat proses evakuasi, pendirian tenda darurat, pembangunan dapur umum, hingga pelayanan kesehatan.

"Bapak presiden juga ingin memastikan pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak banjir berjalan dengan lancar di lapangan," ujar Ari.

Jokowi juga telah memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani banjir Demak dengan cepat. Dia juga memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperbaiki tanggul yang jebol.

Warga Demak dilanda banjir pada Rabu (13/3) pekan lalu. Banjir terjadi setelah enam tanggul jebol akibat hujan deras.

Ini adalah risiko kedua bagi warga Demak pada awal tahun 2024. Sebelumnya, banjir juga melanda Demak dan sekitarnya pada Senin (5/2).

Saat itu, banjir bandang menerjang Jalur Pantura Demak-Kudus sehingga jalan nasional lumpuh akibat tergenang air dengan ketinggian 1,5 meter.

Banjir di Demak telah surut meskipun beberapa daerah masih terdampak. Namun, ketinggian air sudah turun dari 2 meter menjadi 0,5 meter.

"Wilayah yang masih terdapat genangan air sebanyak enam kecamatan antara lain Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Gajah, Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Sayung, dan Kecamatan Demak," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari lewat keterangan tertulis, Jumat (22/3).



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter