Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Oleh Oleh Khas Padang Paling Populer yang Wajib Dibeli Kalau Berkunjung

Oleh Oleh Khas Padang
Keripik Sanjai - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Berkunjung ke Tanah Minang, terutama Padang, tidak lengkap rasanya kalau tanpa membawa pulang Oleh Oleh Khas Padang-nya tersebut yang tentunya mewakili kekayaan budaya sertacita rasa daerah tersebut yang sangat kaya.

Memilih oleh-oleh yang tepat dan sesuai selera tentunya menjadi bagian terpenting dari pengalaman perjalanan wisata Anda, karena hal itu merupakan salah satu cara memuasakan perjalanan wisata Anda.

Dari banyaknyq pilihan yang ada, berbagai macam Oleh Oleh Khas Padang ini banyak tersedia, dan beberapa di antaranya merupakan jenis kuliner paling populer serta sangat layak untuk dipertimbangkan.

Dari sekian banyaknya Oleh Oleh Khas Padang yang beredar di pasaran, salah satunya yang cukup populer dan familiar  adalah Keripik Sanjai, merupakan camilan khas Padang yang terbuat dari berbagai jenis buah-buahan tropis seperti nangka, mangga, pisang yang dipotong tipis dan dikeringkan.

Bukan hanya itu, ikon Oleh Oleh Khas Padang paling populer yang tidak lain dan tidak bukan, tentunya adalah Rendang, masakan khas ini keberadaannya paling banyak dicari.

Rendang merupakan masakan khas Minang yang terkenal di seluruh Indonesia bahkan hingga ke manca negara.

Bahan dasar daging yang dimasak dalam campuran rempah-rempah dengan durasi masak selama berjam-jam menghasilkan hidangan yang tentunya kaya akan citarasa serta teksturnya yang empuk.

Dalam penjualannya, rendang bisa dibeli baik dalam bentuk kemasan siap saji maupun dalam bentuk bumbu kering untuk kemudian dimasak di rumah masing-masing.

Selain kedua Oleh Oleh Khas Padang paling ikonik di atas, ada oleh-oleh lainnya yang juga tidak kalah populer yang tentunya sangat layak juga untuk dibawa pulang.

Oleh Oleh Khas Padang yang Populer dan Layak untuk Dibawa Pulang


Oleh Oleh Khas Padang paling identik tentunya adalah rendang, akan tetapi di luar dari olahan bahan daging tersebut, masih banyak lagi oleh-oleh lainnya yang akan menawarkan kenikmatan dan kelezatnya.

Tercatat, Padang memilki kuliner dan oleh-oleh yang sangat beragam, berikut ini adalah beberapa kulimer paling populer dari yang ada.


1. Roti Rendang


Oleh Oleh Khas Padang paling pertama adalah Roti Rendang.

Sesuai dengan namanya, Roti Rendang menjadi oleh-oleh khas Padang yang tentunya wajib dibawa untuk orang tercinta karena makanan ini sangat populer dan banyak diminati oleh orang-orang.

Sebagai informasi, Roti rendang identik dengan citarasa rendangnya yang nikmat, hal inilah yang menjadi alasan kenapa penganan ini menjadi menu favorit banyak orang.

Menikmati sensasi makan Roti Renndang sangat direkomendasikan, karena makanan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Padang yang tidak boleh terlewatkan.

Ada banyak varian Roti Rendang yang bisa dicoba, mulai dari yang isiannya berupa daging sapi, daging ayam, atau kacang merah.

Untuk range harga roti ini tidaklah mahal, karena relatif sangat terjangkau, penjual biasanya menjual roti ini dikisaran harga antara Rp 6.000 rupiqh hingga Rp 10.000 rupiah per bungkusnya.

2. Rendang


Oleh Oleh Khas Padang
Rendang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Oleh Oleh Khas Padang berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah rendang daging sapi yang tentunya menjadi makanan paling identik asal Padang ini.

Namun untuk menbah sensasi berbeda yang otentik, sebaiknya menikmati rendang sebaiknya dicicipi saat Anda berada di daerah asalnya.

Kota tersebut tentunya menyajikan berbagai tempat dengan hidangan beritarasa tinggi yang sangat menggugah selera ini.

Rasa lezat rendang memang tidak ada lawannya, hal inilan yang menjadi alasan mengapa rendang daging ini menjadi favorit banyak orang.

Sebagai informasi, untuk menikmati rendang langsung dari tempat asalnya, Anda hanya butuh menyiapkan anggaran mulai dari Rp 55 ribu rupiah saja.

Rendang merupakan oleh-oleh yang sangat istimewa yang bisa Anda bawa pulang langsung dari daerah asalnya, Padang.

3. Arai Pinang


Oleh Oleh Khas Padang
Arai Pinang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Oleh Oleh Khas Padang selanjutnya yang jangan diabaikan adalah dengan membawa pulang Arai Pinang.

Arai Pinang merupakan kuliner asli Padang yang terbuat dari bahan dasar bunga pinang yang dibentuk sedemikian rupa untuk kemudian diolesi dengan minyak kelapa, sebelum dinikmati.

Arai Pinang merupakan kuliner khas yang terkenal dari daerah Pariaman, Arai Pinang memiliki cita rasa nikmat akan tetapi harga jualnya tetap murah meriah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Arai Pinang adalah sejenis kue yang memiliki tekstur renyah serta aroma harum yang khas.

Arai Pinang bisa dijumpai dan dibeli di pasar-pasar tradisional di daerah Pariaman, dengan harga mulai dari Rp 11.000-an untuk ukuran 500 gram.

Arai Pinang bisa juga ditambahi saung gula dalam penyajiannya, akan tetapi untuk tambahan saus ini, pembeli harus menambah lagi uang tambahan.

Arai Pinang merupakan pilihan oleh-oleh yang memiliki rasa yang lezat serta unik untuk dibawa pulang ke daerah masing-masing.

4. Karak Kaliang


Oleh Oleh Khas Padang
Karak Kaliang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Merupakan Oleh Oleh Khas Padang yang berupa kerupuk. Meskipun terlihat seperti jenis kerupuk biasa, Karak Kaliang sebenarnya merupakan kerupupuk yang bahan dasar pembuatannya berasal dari ubi kayu yang kemudian dibentuk angka delapan.

Untuk rasa Karak Kaliang sendiri memiliki rasa gurih dengan tekstur yang renyah saat dimakan. Kerenyahan ini tentunya dihasilkan akibat percampuran bawang putih dengan ubinya sendiri.

Harga jualnya termasuk murah karena Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 5.000 per bungkus.

5. Keripik Sanjai


Seperti telah dibahas sepintas di atas, Keripik Sanjai merupakan oleh-oleh khas Padang yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi oleh kita yang sedang berlibur ke Padang.

Makanan ringan ini merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk mengisi space kosong tas oleh-oleh Anda.

Ada banyak varian rasa yang bisa dipilih, dari mulai dari rasa gula, bawang putih, balado cabai, hingga bumbu original.

6. Dendeng Daun Singkong


Oleh Oleh Khas Padang berikutnya yang terbilang unik adalah Dendeng Daun Singkong yang memiliki rasa yang enak, unik, dan tentunya membuat nagih.

Yang istimewa dari dendeng ini adalah karena bahan dasarnya yang berbeda dari dendeng biasa yang biasanya terbuat dari daging sapi.

Dendeng Daun Singkong ini merupakan pilihan yang sangat tepat untuk para vegan atau mereka yang tidak suka makan daging.

7. Kerupuk Jangek


Merupakan salah satu Oleh Oleh Khas Padang yang direkomendasikan selain rendang dan keripik sanjai.

Kerupuk Jangek, merupakan kerupuk yang bahan dasar pembuatannya dari kulit kerbau atau sapi, atau lebih sering dikenal sebagai kerupuk rambak atau kalau di Jawa di sebut sebagai kerupuk kulit.

Hal terunik dari kerupuk ini adalah rasanya yang memiliki citarasa yang khas karena berasal dari bahan dasarnya yang diambil dari kulit sapi ataupun kerbau.

8. Dadiah


Merupakan kudapan khas yang terbuat dari hasip fermentasi susu kerbau, sehingga memberikan tekstur kental dan biasanya tampilan fisiknya berwarna putih.

Dadiah sangat mirip bubur akan tetapi lebih lembut, memiliki rasa sedikit asam yang unik, rada mirip-mirip rasa yogurt.

Rasa khas Dadiah disebabkan karena bakteri asam laktat dari proses fermentasi tersebut.

9. Gelamai


Gelamai merupakam varian dodol khas Padang yang terbuat dari santan, gula aren, dan tepung ketan yang dalam pembuatannya membutuhkan durasi masak yang cukup lama.

Yang membedakan Gelamai dari dodol jenis lainnya adalah keberadaan campuran kacang tanah di dalam dodol tersebut.

10. Mande Cake


Mande Cake menjadi salah satu oleh-oleh khas Padang yang populer bagi segenap wisatawan yang datang ke daerah ini.

Ada banyak varian rasa yang bisa dipilih ketika memutuskan untuk membeli Mande Cake untuk oleh-oleh, di antaranya banana choco, sweet lemon, double cheese, dan varian rasa lainnya.

Itulah tadi 10 Oleh Oleh Khas Padang paling populer yang sangat direkomendasikan untuk dibawa pulang oleh para pelancong yang datang ke Padang.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.