Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Pasar Seni Terbaik yang Ada di Indonesia! Mana Favorit Anda?

Pasar Seni
Pasar Beringharjo, Yogyakarta - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Pasar Seni merupakan tempat berbelanja paling ideal bagi Anda penyuka barang atau pernak-pernik khas suatu daerah.

Di Pasar Seni biasanya banyak barang bernilai Kreativitas tinggi dan juga di sana bukan sekadar kegiatan berbelanja semata, tetapi juga merupakan sebuah pengalaman menarik sekaligus berkesan bagi para pengunjung.

Di Indonesia, yang kaya akan budaya dan keragaman alamnya, memiliki pasar seni yang tersebar di setiap kota dan daerah tentunya menjadi hal menarik tersendiri bagi para pemburu oleh-oleh seni.

Setiap pasar seni tentunya menawarkan beragam kerajinan atau produk-produk seni lokal yang unik, yang merupakan cerminan kekayaan Budaya dan keindahan alam daerahnya sendiri.

Ketika kita berkunjung ke Pasar Seni, biasanya para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai keunikan dan keragaman produk yang ditawarkan pihak penjual.

Mulai dari kerajinan tangan tradisional yang khas dan otentik, senuah lukisan, patung batu atau kayu, tekstil semisal kain atau pakaian khas, hingga pernak-pernik khas lainnya, semua biasanya dapat ditemukan di Pasar Seni.

Barang-barang ini cenderung memiliki ciri khas dan motif yang unik dan berbeda dari daerah lain, yang tentunya mencerminkan warisan budaya dan keindahan alam dari daerah tersebut.

10 Pasar Seni Terbaik yang Ada di Indonesia untuk Saat Ini


Pasar Seni, selain menjadi tempat untuk membeli oleh-oleh, juga bisa menjadi ajang untuk menjelajahi kekayaan budaya, tradisi, serta seni lokalnya.

Pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan para pengrajin dan seniman lokal, baik itu mencoba belajar tentang teknik pembuatan kerajinan tangan tradisionalnya, atau bahkan bisa memesan barang kustom sesuai dengan keinginan Anda sebagai pembeli.

Hal ini tentunya akan menciptakan sensasi pengalaman berbelanja yang berbeda serta terasa jauh lebih mendalam, tentunya begitu berarti bagi para pengunjung.

Di bawah ini adalah sejumlah Pasar Seni rekomendasi terbaik yang ada di Indonesia yang tentunya sangat cocok untuk dikunjungi para penyuka barang-barang seni.

1. Pasar Gede Harjonagoro, Surakarta


Pasar Seni
Pasar Gede Harjonagoro - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Pasar Seni yang pertama terletak di Kota Surakarta bernama Pasar Gede Harjonagoro.

Merupakan bangunan pasar yang memadukan dua konsep arsitektur budaya yang berasal dari Eropa dengan pernak-pernik khas Jawa, tidak ketinggalan termasuk budaya Tiongkok di dalamnya, hingga menciptakan suasana yang unik dan menarik untuk disinggahi.

Selain sebagai destinasi wisata tempat untuk mencari benda-benda bercitarasa seni, pasar seni ini juga menyediakan banyak pilihan aneka ragam kuliner yang lezat.


2. Pasar Seni Sukawati, Bali


Pasar Seni
Pasar Sukawati, Bali - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Pasar Seni Terbaik berikut lokasinya ada di Pulau Dewata, yakni Pasar Seni Sukawati.

Merupakan salah satu destinasi wisata belanja yang menarik karena keberagaman produk lokalnya yang banyak ditawarkan semisal tas homemade, patung-patung tradisional, kain-kain dengan motif ciri khas Bali, berbagai tema lukisan, serta masih banyak lagi.

Lokasi pasar seni ini berada tidak jauh dari Kawasan Ubud yang terkenal itu, ini tentunya membuat tempat ini sangat strategis yang membuat wisatawan bisa sangat leluasa menjelajahi barang seni dan budaya di Bali.

Keunggulan utama Pasar Seni Sukawati ini adalah dari harga produk yang dijual yang relatif murah dan bisa terjangkau oleh berbagai kalangan.

3. Pasar Triwindu, Surakarta


Pasar Seni
Pasar Triwindu, Surakarta - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Pasar Seni berikutnya adalah Pasar Triwindu, pasar yang cukup lama ada, yang kemudian dibangun kembali pada tahun 1939.

Pasar Seni ini etap menjadi salah satu pasar seni utama di Surakarta yang hampir selalu dibanjiri oleh para pengunjung.

Di Pasar Seni Triwindu ini, barang yang dijual mayoritas adalah barang-barang antik, meskipun begitu pasar ini tetap saja memiliki daya tariknya sendiri yang tak lekang dimakan usia.

Berada di kawasan Timuran, Banjarsari, Surakarta, jam operasional pasar seni ini buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore WIB setiap harinya.


4. Pasar Beringharjo, Yogyakarta


Pasar Seni berikut adanya di pusat Kota Yogyakarta, yakni Pasar Beringharjo.

Pasar ini sendiri diperkirakan telah berusia hampir sama sepanjang sejarah Kota Yogyakarta berdiri.

Letak bangunan Pasar Beringharjo sangat berdekatan dengan jalan yang ikonik di Yogyakarta, yakni Malioboro.

Di Pasar Seni ini, para pengunjung akan disuguhi berbagai macam pilihan ragam kain batik, mulai dari pakaian atau baju, celana, kemeja, hingga daster.

Jam operasionalnya dimulai dari pukul 08.30 pagi hingga 21.00 sore hari WIB.

5. Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin


Pasar Seni berikutnya yang terbilang unik adalah Pasar Terapung Lok Baintan yang ada di Pulau Kalimantan.

Pasar Terapung ini sangat populer dan menjadi contoh nyata bagaimana masyarakat setempat masih mengandalkan sumber daya alam sebagai sarana untuk menggerakan roda ekonomi mata pencahariannya.

Di lokasi pasar ini, para pengunjung bisa dengan mudah menemukan berbagai produk olahan tradisional, bahan makanan, aksesori, serta suvenir atau cinderamata
yang dijual di berbagai kapal. 

Lokasinya sendiri berada di Jalan Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Banjarmasin, beroperasi setiap hari dari jam 06.00 sampai 09.00 pagi WIB.

6. Pasar Baru, Jakarta


Pasar Seni berikutnya adalah Pasar Baru, Jakarta, yang tetap mempertahankan pesonanya sebagai pasar tradisional yang menjual aneka produk dengan lengkap.

Berdiri sudah sangat lama, yakni sejak abad ke-19, pasar ini telah menjadi pusat aktivitas ekonomi yang ramai selama bertahun-tahun hingga saat ini.

Di Pasar Baru, para pengunjung tentu saja bisa menemukan aneka macam benda bercitarasa seni, mulai dari bahan tekstil, aneka rupa pakaian, barang-barang antik, aksesoris, hingga barang elektronik.

7. Pasar Seni Ubud, Bali


Pasar Seni yang ada di Bali ini sangat terkenal. 

Lokasinya sendiri berada di pusat pariwisata Ubud, karena hal itulah untuk mencari keberadaan Pasar Seni inu sangatlah mudah.

Sebagai informasi, Pasar Seni Ubud terbagi menjadi dua bagian wilayah, yakni untuk sisi barat dan juga timur. Di sisi barat, pengunjung bisa menemukan beragam kerajinan tangan seperti tas anyaman, gelang-gelang, maupun produk yang berbahan dasar kain.

Sementara itu di sisi timur, barang yang dijual lebih cenderung lebih fokus pada kebutuhan sehari-hari seperti gula, beras, dan bahan pokok sehari-hari lainnya.

8. Pasar Klewer, Surakarta


Surakarta menang banyak Pasar Seninya, salah satunya adalah Pasar Klewer, yang merupakan pasar tekstil terbesar di Surakarta, yang menempati lokasi sangat strategis karena bersebelahan dengan bangunan Keraton Surakarta.

Pasar Klewer adalah surga bagi para pecinta batik. Berbagai macam motif batik tersedia di pasar ini yang tentunya mampu menawarkan pengalaman berbelanja yang memuaskan.

9. Pasar Seni Banyumulek, Lombok


Berada di Desa Banyumelek, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Pasar Seni ini pun sangat layak dikunjungi karena keberadaan banyaknya barang-barang seni yang dijual.

Merupakan sebuah tempat terkenal dengan kerajinan gerabahnya yang dibuat oleh para pengrajin yang sangat mahir menciptakan karya-karya unik.

Untuk harga-harga barang yang coba ditawarkan di pasar ini sangat bervariasi, dengan range harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp125.000, hal ini sangat tergantung pada jenis dan ukuran barang yang akan dibeli.

10. Pasar Seni Gabusan, Bantul


Pasar Seni yang terakhir adalah Pasar Seni Gabusan yang berada di daerah Bantul, Yogyakarta.

Pasar ini pada awalnya dibangun memiliki tujuan untuk memberikan akses kepada pengrajin lokal untuk bisa menuju pasar internasional.

Lokasinya berada di kawasan Jalan Parangtritis, Balong, Bantul, Yogyakarta.


Itulah daftar 10 Pasar Seni Terbaik yang ada di Indonesia, yang tentunya sangat layak untuk dikunjungi terutama oleh para pecinta seni tradisional.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.