Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Rubidium Adalah: Pengertian dan Fungsinya

 

Simbol Rubidium
Simbol Rubidium
( Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Rubidium adalah unsur kimia di tabel periodik dengan simbol Rb dan nomor atom 37.  

Rubidium adalah unsur yang tergolong dalam golongan logam alkali dan memiliki sifat kimia yang mirip dengan unsur sejenis lainnya, seperti natrium (Na) dan kalium (K). 

Rubidium adalah elemen yang relatif langka dan belum banyak ditemukan dalam jumlah besar di alam. 

Namun, unsur ini memiliki sifat yang sangat menarik dan digunakan dalam berbagai aplikasi teknologi, seperti dalam penelitian ilmiah, industri radiometrik, dan produksi sel surya.

Sifat-sifat Rubidium adalah Rubidium memiliki sifat fisik dan kimia yang sangat menarik. Ketika terkena udara, unsur ini akan bereaksi dengan oksigen dan menghasilkan api yang berwarna ungu-merah. 

Unsur ini juga memiliki titik lebur dan titik didih yang relatif rendah sehingga mudah menguap ketika dipanaskan. 

Keunikan ini menyebabkan rubidium digunakan dalam berbagai aplikasi termasuk dalam pengujian kemampuan jet mesin dan reaktor nuklir.

Rubidium memiliki tingkat reaktivitas yang tinggi terhadap air. Ketika unsur ini terkena air, ia bereaksi dengan membentuk hidrogen dan hidroksida. 

Sebagai sebuah logam alkali, rubidium juga sangat lunak dan mudah dibentuk. Sifat ini memungkinkan rubidium digunakan dalam berbagai aplikasi termasuk dalam produksi baterai dan rangkaian listrik.

Contoh Penggunaan Rubidium 

Rubidium digunakan dalam berbagai aplikasi teknologi, mulai dari penelitian ilmiah hingga industri radiometrik. 

Beberapa aplikasi penggunaan rubidium yang paling terkenal adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Penelitian 

Ilmiah Rubidium digunakan dalam bidang penelitian ilmiah sebagai bahan referensi dalam percobaan sel serta sebagai bahan standar dalam pengukuran suhu, tekanan dan kelembaban.

2. Aplikasi Industri 

Radiometrik Rubidium digunakan dalam industri radiometrik sebagai sumber radiasi untuk mempromosikan normalisasi waktu. Sebuah timer dengan menggunakan sumber radiasi dari rubidium akan membantu dalam menjaga presisi waktu yang akurat dan konsisten.

4. Aplikasi Sel Surya 

Rubidium digunakan dalam produksi sel surya sebagai pengganti kadmium dan timbal, kedua unsur ini dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia. 

5. Katalis 

Aplikasi lainnya Rubidium digunakan sebagai katalis dalam produksi plastik. Unsur ini juga digunakan sebagai bahan pendingin dalam pengeboran minyak agar peralatan tidak terbakar serta dalam produksi dalam peralatan pemrosesan makanan, pewarna tekstil dan kosmetik.

Kesimpulan Rubidium adalah unsur kimia yang memiliki sifat fisik dan kimia yang menarik dan digunakan dalam berbagai aplikasi teknologi, seperti dalam penelitian ilmiah, industri radiometrik, dan produksi sel surya. 

Rubidium tergolong sebagai logam alkali dan berbeda dari unsur lainnya dalam golongan ini karena sifat fisisnya yang unik. 

Meskipun jarang ditemukan dalam jumlah besar di alam, rubidium tetap menjadi unsur yang sangat penting dan memiliki peran dalam kegiatan manusia dalam memudahkan kinerja dan memaksimalkan potensi teknologi.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter