Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mengenal Rumus Kimia Soda Kue Beserta Pemanfaatannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Rumus Kimia Soda Kue
Soda Kue - SwaraWarta.co.id (Sumber: Rumus Kimia)


SwaraWarta.co.id - Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal Rumus Kimia Soda Kue dikenal sebagai natrium bikarbonat atau dalam kata lainnya juga disebut sebagai baking powder sebagai unsur pembentuknya.

Rumus Kimia Soda Kue untuk penyebutan lain bernama baking powder adalah penyebutan dalam bahasa Inggris.

Rumus Kimia Soda Kue atau natrium bikarbonat sebagai unsur dasar tersebut banyak digunakan masyarakat dalam keseharian untuk usah kue dan pastry.

Dalam bidang kimia, Rumus Kimia Soda Kue atau natrium bikarbonat, atau bisa juga disebut sodium bikarbonat atau juga natrium hidrogen karbonat memiliki rumus kimia NaHCO3.

natrium bikarbonat sebagai unsur pembentukan soda kue biasa pula disebut sebagai bicnat atau sebagian orang lainnya menyebut dengan kata bicarb.

Soda kue masuk ke dalam jenis garam-garaman, yang manfaatnya sudah dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari semenjak zaman dahulu, yakni pada abad ke-19.

Soda kue memiliki tampilan bentuk serupa kristal kecil yang kalau ditilik menyerupai bentukan serbuk-serbuk.

Natrium bikarbonat, baking powder, atau soda kue merupakan senyawa yang bisa laru di dalam air.

Penggunaan senyawa ini sangat berguna bagi proses pembuatan roti maupun kue. Senyawa dapat bereaksi aktif dengan senyawa lainnya untuk menghasilkan senyawa baru yang membentuk gas yang dinamakan karbon dioksida.

Pemanfaatan senyawa natrium bikarbonat adalah untuk mengembangkan adonan kue maupun roti hingga hasilnya jauh lebih banyak.

Bukan hanya digunakan di bidang perkuean dan roti, senyawa ini juga bisa dimanfaatkan dalam dunia medis dimana senyawa ini bisa menjadi antasid, yakni senyawa yang berfungsi mengurangi efek rasa sakit pada lambung beserta tukaknya.

Atau orang-orang menyebutnya sebagai obat penyakit maag.  Kenapa senyawa ini baik untuk mengurangi rasa sakit di lambung?

Hal ini tentu saja karena natrium bikarbonat merupakan senyawa yang memiliki basa atau dalam istilah kimianya alkaloid.

Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk penyakit lambung, senyawa ini juga bisa dimanfaatkan untuk medis lainnya yakni sebagai senyawa untuk penetral keasaman pada penderita ATR atau asidosis tubulus renalis, atau disebut juga RTA (Rhenal Tubular Acidosis).

Bagi yang memiliki kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuhnya, natrium bikarbonat ini juga sangat bisa dimanfaatkan dalam upaya penyembuhan atau menurunkan kadar asam uratnya.

Rumus Kimia Soda Kue dan Pemanfaatannya


Rumus Kimia Soda Kue
Soda Kue - SwaraWarta.co.id (Sumber: Kompas)



Rumus Kimia Soda Kue, natrium bikarbonat biasanya diproduksi melewati proses solvay, yang tentunya sangat membutuhkan reaksi aktif dari senyawa natrium klorida amonia, juga karbondioksida pada pelarut air.

Menurut catatan yang dibuat pada tahun 2001, sebanyak 100.000 ton per tahun, natrium bikarbonat diproduksi secara masal.

Selain melalui proses pelepasan senyawa natrium bikarbonat, soda kue juga diproduksi melalui penambangan bijih trona yang mengalami pelarutan dalam air yang kemudian terjadi reaksi terhadap karbon dioksida.

Hasil reaksi di atas menghasilkan soda abu sebagai pemicu terbentuknya soda kue dari hasil pengendapannya.

Soda kue pada perkembangan selanjutnya diproduksi secara masal untuk kebutuhan komersial.

Soda kue kemudian banyak digunakan dalam industri-industri besar bakery, pastry, dan kue-kue yang memerlukan pengembangan adonan pada proses pembuatannya.

Pemanfaatan soda kue tentunya memiliki sedikit perbedaan dengan proses peragian karena reaksi yang dilepaskan menghasilkan senyawa baru yang berbeda.

Sebagai catatan, soda kue akan bereaksi dengan pemanasan atau melalui proses memasak, membakar, mengoven, atas sejenisnya yang melepaskan panas pada adonan.

Bukan hanya itu, soda kue juga dapat bereaksi dengan dengan zat yang memiliki tingkat keasaman, baik yang berkadar asam tinggi, maupun berkadar asam rendah, hingga menengah.

Pada prakteknya, soda kue sangat cocok ditambahkan pada bahan makanan yang juga menambahkan senyawa asam atau zat yang memiliki kadar ph minimum atau rendah.

Soda kue biasa dicampurkan pada adonan makanan atau minuman seperti cokelat, yogurt, butter milk, air jeruk, bahkan cairan yang mengandung tingkat keasaman tinggi seperti cuka makan.

Penggunaan soda kue pada adonan bisa meminimalisir kadar natrium karbonatnya, ini bisa terjadi kalo dalam adonan tersebut soda kue tidak dicampur dengan zat asam.

Jadinya rasa pahit logamnya akan sedikit terminimalisir, juga bisa sedikit menghilangkan rasa sabun, dan biasanya adonan akan sedikit berubah menjadi bersemu kuning.

Secara reaksi kimianya, hasil dari pemanasan soda kue tanpa tercampur zat dengan kadar keasaman akan mengeluarkan zat karbondioksida yang suhunya mencapai angka di atas 80 derajat Celcius atau setara dengan 180 derajat Farenheit.

Sebagai bahan perbandingan, apabila dalam sebuah adonan misalnya roti atau kue tidak mengandung zak berkadar asam atau mengandung asam tanpa dalam kadar minim bisa diakali dengan menggantinya dengan bubuk serbuk pengembang.

Bubuk pengembang bisa berasal dari soda kue yang sengaja ditambah dengan bubuk asam tambahan.

Atau soda kue ini juga bisa ditambahkan zat untuk menstabilkan reaksi, serta zat tambahan lain sekadar untuk memaksimalkan proses dalam memasak.

Sscara reaksi, setelah menambahkan bubuk asam bahan alkali dalam hal ini misalnya susu murni atau juga cokelat sering ditambahkan untuk menyamarkan rasa asam berlebihan yang akan tertinggal di lidah.

Rumus kimia Soda Kue
Soda Kue - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Soda kue termasuk ke dalam sebutan senyawa karena unsur pembentuknya terdiri dari bebeberapa.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, unsur pendukung terbentuknya soda kue adalah NaHCO3, yang jika diurai maka akan menghasilkan empat unsur baru yang meliputi natrium, terus ada hidrogen, kemudian karbon, dan unsur terakhir adalah oksigen.

Dari segi perbandingan natrium hingga ke oksigen adalah 1 berbanding 1 berbanding 1 berbanding 3.

Secara rasa, soda kue merupakan serbuk kristal berwarna putih (pada umumnya, bisa juga bersemu kuning), yang memiliki rasa sedikit pahit, dan juga asin.

Soda kue memiliki sifat alkalinisasi dan juga memiliki sifat elektrolit.

Secara lebih jelas, alkalinisasi adalah modifikasi pada sebuah permukaan dengan tujuan untuk meningkatkan kompatibilitas di antara serat yang bersifat alami terhadap matrik polimer.

Biasanya caranya adalah dengan mencelupkan atau melarutkan seratnya ke dalam larutan alkali yang berupa senyawa natrium hidroksida.

Teknik alkalinisasi ini juga dikenal dengan nama lain yang disebut dengan mercerization.

Sementara ektrolit bisa diartikan sebahai sebuah zat yang larut dan kemudian teruarai menjadi ion-ion yang setelahnya akan mengubah diri menjadi sebuah konduktor elektrik atau ion-ion yang memiliki muatan listrik, baik positif maupun negatif.

Selain manfaat yang telah dijelaskan di atas, soda kue, atau natrium bikarbonat juga memiliki manfaat lainnya seperti bermanfaat sebagai larutan pembersihan topikal.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa untuk membersihkan noda kotor atau noda bandel pada pakaian yang berwarna putih atau berwarna lainnya bisa menggunakan soda kue.

Noda pada baju tersebut akan larut atau dibersihkan oleh soda kue tersebut hingga bisa hilang dan pakaian menjadi bersih.

Bukan hanya itu, soda kue bisa juga digunakan sebagai antiseptik.

Soda kue atau Rumus Kimia Soda Kue sebagai natrium karbonat sangat diperlukan dalam proses mengembangkan adonan kue.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.