Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

11 Tempat Wisata di Jambi yang Selalu Ramai Dikunjungi Para Wisatawan

Tempat Wisata di Jambi
Geopark Merangin - SwaraWarta.co.id (Sumber: Antara)


SwaraWarta.co.id - Tempat Wisata di Jambi memang tidak pernah habis, dari waktu ke waktu terus bermunculan, baik yang berupa bentang alam yang belum terekspos maupun objek wisata buatan yang banyak dibangun.

Tempat Wisata di Jambi tentunya menjadi aset berharga bagi pemerintahan daerah sebagai ladang pendapatan daerah sekaligus menjadi roda penggerak ekonomi warga setempat.

Tempat Wisata di Jambi yang terus bermunculan tentunya sangat potensial untuk membantu perekonomian warga setempat yang memanfaatkan objek wisata sebagai tempat usaha, misalnya dagang aksesoris atau Makanan khas.

Tempat Wisata di Jambi jumlah puluhan dan tidak secara keseluruhan dikenal secara luas oleh masyarakat.

Tempat Wisata di Jambi yang Banyak Dikunjungi oleh Wisatawan


Ada banyak Tempat Wisata di Jambi yang mulai dibanjiri oleh para pengunjung beberapa waktu belakangan ini.

Dari banyaknya tempat wisata tersebut, beberapanya di antaranya sebagai berikut ini:

1. Tanggo Rajo


Tempat Wisata di Jambi
Tanggo Rajo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Jambi yang pertama adalah Tanggo Rajo, lokasi ini dikenal karena pemandangan alamnya yang berupa bantaran Sungai Batanghari yang menakjubkan.

Sehingga menjadi destinasi wisata favorit bagi para pengunjung yang ingin menikmati sensasi matahari saat terbenam yang terlihat spektakuler di tempat ini.

Bukan hanya itu, di Tanggo Rajo bisa pula menikmati hidangan khas yang lezat menggoda selera.

2. Masjid Seribu Tiang


Tempat Wisata di Jambi
Masjid Seribu Tiang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Jambi berikutnya adalah salah satu masjid bersejarah yang ada di provinsi ini, yakni Masjid Agung Al-Falah, atau dikenal juga Masjid Seribu Tiang.

Merupakan landmark bersejarah yang lokasinya terletak di tengah Kota Jambi. Sebagai pusat ibadah utama, masjid ini menonjolkal diri dengan arsitekturnya yang megah dengan memiliki seribu tiang yang mengesankan.

Masjid ini menjadi salah satu daya tarik utama dan juga menjadi simbol keagamaan yang penting bagi penduduk lokal dan pengunjung dari berbagai tempat.

Secara umum, masjid ini menggambarkan keindahan dan keagungan dari seni arsitektur Islam.

3. Geopark Merangin


Tempat Wisata di Jambi
Geopark Merangin - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Jambi berikutnya adalah Geopark Merangin, yang lokasinya berada di Kabupaten Merangin.

Geopark ini menyajikan petualangan seru dengan adanya wahana arung jeram serta keunikan fosil flora yang berusia 350 juta tahun.

Tempat ini menjadi destinasi favorit bagi para petualang yang mencari pengalaman ekstrem dan pengetahuan geologi yang mendalam.

Dengan arung jeram sebagai salah satu atraksi utamanya, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil merasakan sensasi menyusuri sungai yang mengalir deras.


4. Taman Rimba


Tempat Wisata di Jambi adalah Taman Rimba, atau dikenal juga sebagai versi "Taman Mini" Jambi.

Lokasi ini bisa dianalogikan sebagai Kota Jambi dengan skala sederhana, yang menampilkan banyak keberagaman semis hewan endemik serta rumah adat dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Jambi.

Sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, taman ini menghadirkan pengalaman unik bagi para pengunjung untuk menjelajahi kekayaan alam dan budaya Jambi dalam satu tempat.

Dari jenis hewan-hewan langka hingga arsitektur tradisional yang memukau, Taman Rimba menjadi tempat yang cocok bagi wisatawan yang ingin lebih mengetahui tentang keindahan alam dan keberagaman budaya yang ada di wilayah Provinsi Jambi.

5. Candi Muarojambi


Lokasi candi ini berada di dekat Sungai Batanghari, Candi Muarojambi merupakan kompleks kota kuno terluas di kawasan Asia Tenggara, yang merupakan hasil peninggalan warisan sejarah agama Hindu-Buddha.

Sebagai situs bersejarah yang mengesankan, candi ini sangat menarik perhatian para pengunjung dengan keindahan arsitektur klasiknya serta kisah-kisah masa lalu yang terkait dengan agama Hindu dan Buddha.

Dikelilingi oleh bentang alam yang memukau, Candi Muarojambi mampu memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjung yang ingin memahami peradaban kuno yang ada di wilayah Jambi.

6. Kelenteng Hok Tek


Hok Tek, merupakan sebuah bangunan kelenteng tertua yang ada di Jambi, yang mencerminkan harmoni dan tolerandu budaya China, Eropa, dan Islam melalui arsitektur dan tradisi yang unik.

Sebagai simbol keberagaman, kelenteng ini mampu menampilkan elemen-elemen arsitektur yang mencakup pengaruh dari ketiga budaya tersebut, menciptakan atmosfer yang memikat bagi pengunjung.

Dari ornamen hiasan-hiasan tradisional yang ada pada bangunan hingga detail-detail arsitektural yang rumit, Hok Tek menghadirkan pengalaman yang memukau bagi mereka yang ingin menjelajahi kekayaan budaya dan sejarah yang terkandung di dalamnya.

Sebagai salah satu warisan berharga, kelenteng ini tentunya menjadi destinasi populer bagi wisatawan yang tertarik pada wisata sejarah dan budaya yang kaya di Jambi.

7. Jembatan Gentala Arasy


Tempat Wisata di Jambi selanjutnya adalah Jembatan Gentala Arasy yang meliuk-lintang di atas Sungai Batanghari.

Bangunan jembatan ini juga disertai dengan adanya Menara Gentala Arasy yang berperan sebagai museum sejarah Islam.

Sebagai ikon yang mengesankan, jembatan ini menawarkan pemandangan alam sekitar yang spektakuler sambil menyeberangi sungai yang besar.

Menara Gentala Arasy, pada sisi jembatan, menjadi salah satu tempat penting bagi para pengunjung yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai sejarah Islam di wilayah tersebut.

Dengan memadukan antara fungsi transportasi dengan keberadaan museum sejarah, Jembatan Gentala Arasy ini menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang ingin mengeksplorasi keindahan alam dan warisan budaya di Kota Jambi.

8. Gunung Kerinci


Gunung Kerinci, merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Sumatra dan Indonesia.

Lokasi Gunung Kerinci begitu mempesona dengan keindahan alamnya yang menakjubkan termasuk untuk kawasan lainnya yang berupa Taman Nasional Kerinci Seblat.

9. Air Terjun Tegan Kiri


Berada di Kabupaten Bungo, air terjun ini memiliki ketinggian air mencapai 10 meter. Lokasinya sendiri sangat asri dengan kesejukan udara di sekitarnya.

Air terjun ini menyajikan keindahan alam yang sejuk juga dikelilingi oleh tanaman-tanaman yang rimbun.


10. Rumah Batu Olak Kemang


Tempat Wisata di Jambi selanjutnya adalah Rumah Batu Olak Kemang, yang lokasinya berada di Kecamatan Danau Teluk.

Rumah Batu Olak Kemanh merupakan gambaran harmoni akulturasi dari tiga budaya yang berbeda, yakni: China, Eropa, dan Islam.

Dengan keberadaan bentuk dan juga arsitekturnya yang lain dari arsitektur yang pernah ada, rumah ini menciptakan suasana yang menarik hati bagi para pengunjung.

Dengan dipengaruhi oleh budaya yang mencolok dari ketiga budaya tersebut, Rumah Batu Olak Kemang menampilkan kekayaan warisan budaya yang mempesona.

Sebagai tempat yang menggambarkan perpaduan yang kaya dan kompleks antara ketiga tradisi budaya tersebut, rumah ini menjadi destinasi menarik bagi wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi keberagaman budaya di Jambi.

11. Danau Sipin


Danau Sipin merupakan sebuah danau berbentuk laguna yang menampilkan panorama khas dan perumahan Melayu Jambi yang sarat dengan budaya lokal.

Dikelilingi oleh keindahan alam yang memukau, Danau Sipin menjadi tempat yang menarik bagi para pengunjung yang ingin menikmati ketenangan dan kecantikan alam sekaligus merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Perumahan Melayu yang terletak di sekitar danau menambah nuansa autentik dan memperkaya pengalaman wisata, memungkinkan para pengunjung untuk merasakan kehangatan dan keramahan budaya Jambi.

Danau Sipin menjadi destinasi yang ideal bagi mereka yang ingin merasakan pesona alam dan budaya lokal secara bersamaan.

Tempat Wisata di Jambi masih banyak lagi yang belum tereksplor secara luas, bahkan beberapa di antaranya memiliki potensi untuk menjadi destinasi popular di Jambi.


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.