Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

7 Urutan Film Batman dari Tahun Pertama Dirilis hingga Tahun 2012

Urutan Film Batman
Batman - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Bagi para pecinta film ber-genre superhero pastinya tak akan asing lagi dengan film-film legendaris seperti Batman, Spiderman, ataupun Superman, bahkan Urutan Film Batman atau Superman dari yang pertama dibuat hingga yang terakhir pastilah bisa hafal di luar kepala.

Berkenalan sedikit dengan Batman---sebelum membahas Urutan Film Batman, merupakan seorang tokoh fiksi superhero yang awalnya dikreasi oleh Bill Finger, juga Bob Kane.

Batman sendiri merupakan tokoh pahlawan yang dibuat oleh perusahaan komik, yakni DC Comics yang memiliki banyak penggemar sehingga karena alasan itulah dialihmediakan menjadi film, dan Urutan Film Batman-nya sendiri akan kita bahas selanjutnya mulai dari film awal hingga film yang sudah ditayangkan tahun terakhir.

Meskipun film Batman bisa ditonton secara tidak beraturan tetapi menontonnya dengan runut tentunya akan jauh lebih seru lagi, juga kita bisa memahami urutan demi urutan peristiwa yang terjadi di dalam kisahnya itu sendiri.

Batman merupakan seorang pahlawan super pembela kebenaran yang berasal dari Kota Gotham.

Batman merupakan sosok pahlawan yang ketika sedang melakukan tugasnya sebagai pahlawan, mengenakan kostum serba hitam yang merupakan replika dari hewan kelelawar.

Bukan hanya itu, selama dirinya sedang melaksanakan tugasnya kerap menggunakan mobil canggih berteknologi khusus yang biasa disebut batmobil yang sangat ikonik tersebut.

Mungkin banyak orang yang menggemari karakter tokoh fiksi ini hingga tidak pernah terlewat menonton film-filmya setiap kali dirilis, tetapi tidak semua penggemar Batman yang mengikuti pahlawan super panutannya ini dari semenjak awal.

Kebanyakan dari mereka tentunya merasa bingung awal mula munculnya sosok pahlawan ini. Karena hal itulah sebagian penggemarnya itu mulai menonton film Batman ini dari mulai yang pertama hingga yang terakhir.

Urutan Film Batman dari Kali Pertama Diputar di Bioskop hingga Tahun 2012


Urutan Film Batman
Batman - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Film Batman ini kali pertama diputar di bioskop-bioskop adalah pada tahun 1989, dimana film tersebut diberi tajuk sama seperti tokoh utamanya, yakni Batman itu sendiri.

Dan berikut urutan film Batman ini secara runut dari awal hingga tahun 2012.

1. Film: Batman Tahun Rilis 1989


Urutan Film Batman
Batman - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Urutan film Batman yang pertama berjudul Batman, dimana untuk film perdana Batman ini disutradarai oleh Tim Burton.

Film Batman pertama ini bisa dibilang sukses, karena sang sutradara berhasil memenangkan penghargaan insan film tertinggi, yakni Academy Awards atau Oscar.

Tim Burton dalam film Batman ini berhasil menyabet penghargaan untuk salah satu kategori bergengsi, yakni: Best Art Director.

Dalam film komik DC Batman ini, yang didaulat untuk memerankan tokoh Batman jatuh ke tangan Michael Keaton.

Michael Keaton memerankan tokoh Bruce Wayne, tokoh keseharian Batman.

Dalam film perdana Batman ini, musuh pertama yang menjadi lawan sang pahlawan super adalah tokoh jahat bernama Joker.

2. Film: Batman Returns yang Dirilis pada Tahun 1992


Urutan Film Batman yang berikutnya berjudul Batman Return.

Dalam film ini, sang sutradara dan juga sang bintang tokoh utamanya masih orang yang sama seperti di film perdana, yakni Tim Burton untuk sutradara, dan Michael Keaton sang Batman.

Dalam film Batman kali ini, sang pahlawan super harus berhadapan dengan salah satu musuh berat yang sulit untuk dikalahkan yakni tokoh bernama Pinguin.

Pinguin merupakan seorang psikopat yang sangat keji yang dengan kekuatannya bekerja sama dengan seorang pebisnis yang mampu menjadi salah satu penguasa di Kota Gotham, yakni Max Shreck.

Mereka bekerja sama membuat kekacauan untuk menguasi Kota Gotham secara utuh bersama-sama dan Batman berusaha menggagalkan rencana busuk tersebut.

3. Film Batman Forever yang Dirilis Tahun 1995


Urutan Film Batman berikutnya, atau yang ketiga adalah film Batman yang bertajuk Batman Forever.

Di film Batman ketiga ini, sang pemain utama dan juga sang sutradara telah diganti, bukan lagi dari dua orang yang sama seperti di film Batman satu dan dua.

Di film Batman Forever ini, posisi sutradara dipegang oleh Joel Schumacher, sementara sang bintang utama yang menjadi tokoh Bruce Wayne, dimainkan oleh Val Kilmer.

Film Batman Forever ini menceritakan bagaimana Bruce Wayne harus berhadapan dengan musuh jahat yang merupakan mantan karyawannya yang bernama Edward Nygma, yang merupakan seorang ilmuwan juga yang menyebut dirinya sendiri sebagai The Riddle.

Selain harus berhadapan dengan The Riddle, di film ini juga sang pahlawan harus berhadapan dengan Two Face yang juga membuat kekacauan di Kota Gotham.


4. Film Batman and Robin yang Dirilis pada Tahun 1997


Urutan Film Batman Berikutnya adalah Batman and Robin, dimana di film ini sang pahlawan super memiliki tandam yang membantunya dalam memberantas kejahatan di Kota Gotham, yakni Robin.

Film Batman keempat ini merupakan film terakhir Batman yang bekerja sama dengan rumah produksi film, Warner Brothers, setelahnya berpindah ke perusahaan film lain.

Dalam film Batman and Robin, sutradara masih dipegang oleh orang yang sama seperti di film Batman Forever, yakni Joel Schumacher, tetapi untuk tokoh utama pahlawan super Batman-nya mengalami penggantian.

Jika di Film Batman Forever diperankan oleh Val Kilmer, maka di film Batman and Robin ini diperankan oleh aktor George Clooney.

Dalam film Batman and Robin, tokoh Bruce Wayne dan juga rekannya, Robin harus berjuang melawan kejahatan yang salah satunya dipimpin oleh seorang penjahat bernama Poison Ivy juga penjahat lainnya yang bernama Mr. Freezer.


5. Film Batman Begins yang Dirilis pada Tahun 2005


Urutan Film Batman berikutnya rilis pada tahun 2005 dengan judul Batman Begins. Di film ini sutradara Joel Scumacher diganti oleh sutradara lain, yakni Christopher Nolan.

Sang pahlawannya pun tidak lagi diperankan oleh George Clooney tetapi berpindah ke tangan aktor lain yaitu Christian Bale.

Film ini lebih menceritakan sejarah awal mula kenapa Bruce Wayne atau Batman menjadi bagian dari League of Shadow.

Di mana Leauge of Shadow ini dipimpin oleh seseorang bernama Ra's al Ghul.

Di perkumpulan itu sang Batman menjadi mentor untuk mengajari seni bela diri bagi anggota-anggotanya, tetapi sayangnya, salah satu anggotanya malahan berkhianat dan berusaha menghancurkan Kota Gotham.

Dia itu adalah Henri Ducard yang kemudian menjadi musuh besar Batman.

6. Film The Dark Knight yang Dirilis pada Tahun 2008


Urutan Film Batman berikutnya adalah film yang berjudul The Dark Knight yang kembali disutradarai oleh Christopher Nolan.

Untuk pemeran utama Batmannya sendiri masih dipercayakan kepada aktor yang sama seperti di film sebelumnya yakni Christian Bale.

Di film ini, sang tokoh utama harus kembali berhadapan dengan musuh yang pernah mumcul di fim pertama Batman, yakni Joker.

Joker di film The Dark Night diperankan oleh aktor Heath Ledger.

Sekali ini Batman mendapat dukungan dari dua rekannya yang ikut memberantas kejahatan di Kota Gotham, yakni Jaksa Harvey Dent dan juga Jim Gordon.

7. Film The Dark Rises yang Dirilis pada Tahun 2012


Film Batman ini merupakan film ketiga dari sutradara Christopher Nolan dalam tiga seri Batman yang pernah ia pegang.

Film ini merupakan flash back dari peristiwa saat tokoh Joker muncul yang kira-kira delapan tahun ke bekang dimana dalam peristiwa tersebut, Batman harus kehilangan orang yang dicintainya, yakni sang pacar, Rachel.


Setelah tahun 2012, beberapa Urutan Film Batman berikutnya dirilis yakni: Batman v. Superman: Dawn of Justice (2016), Justice Leuague (2017), The Batman (2022)



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.