Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

2 Cara Screen Record di MacBook, Mudah dan Efisien Tanpa Perlu Aplikasi Tambahan

Screen Record di MacBook
Screen Record di MacBook Tanpa Aplikasi Tambahan - SwaraWarta.co.id (sumber: SupportApple)


SwaraWarta.co.id - Banyak pengguna Mac atau MacBook mungkin tidak menyadari bahwa mereka bisa dengan mudah merekam layar tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Mereka banyakan tidak mengetahui bahwa sebenarnya Apple telah menyediakan fitur perekam layar bawaan yang mudah digunakan.

Cara Screen Record di MacBook tentunya dengan menggunakan fitur-fitur yang sebenarnya sudah tersemat di dalam sistem.

Sebagai langkah mudahnya adalah dengan lertama-tama, untuk memulai proses Cara Screen Rcord di MacBook, pengguna hanya perlu membuka aplikasi bawaan "QuickTime Player".

Aplikasi ini tentunya sudah tersedia di semua Mac secara default dan sering kali digunakan untuk memutar video ataupun audio.

Akan tetapi, sedikit yang tahu bahwa QuickTime Player juga bisa digunakan untuk merekam layar dengan mudah.

Sedikit gambaran, setelah Anda membuka QuickTime Player, langkah selanjutnya adalah memilih opsi "File" di menu bar di bagian atas layar monitor Mac.

Selanjutnya adalah dengan memilih "New Screen Recording" dari menu drop-down yang biasanya muncul.

Ini akan membuka jendela kecil dengan tombol merah besar yang bertuliskan "Record".

Ketika Anda siap untuk mulai merekam, cukup klik tombol merah tersebut. Pada tahap lanjutan, opsi pilihan area layar yang ingin direkam akan muncul.

BACA JUGA: Apple Resmi Luncurkan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus Pakai USB-C. Segini Harganya

Opsi yang bisa dipilih adalah merekam seluruh layar dengan mengklik di mana saja, atau bisa juga menyeret untuk memilih area tertentu yang ingin direkam.

Ketika Anda selesai merekam, Anda dapat menghentikan prosesnya dengan mengklik ikon "Stop Recording" yang muncul di bilah menu di bagian atas layar Anda.

Dua Cara Screen Record di Macbook


Secara singkat telah dibahas di tulisan pembuka tadi untuk rekam layar, sementara dua cara lengkap adalalah seperti di bawah ini:

1. Dengan Menggunakan Utilitas Tangkapan Layar Bawaan


Screen Record MacBook
Screen Record MacBook dengan Utilitas Bawaan - SwaraWarta.co.id (Sumber: SupportApple)



Cara pertama yang bisa dikatakan termudah adalah dengan menggunakan utilitas Tangkapan Layar bawaan.

Para pengguna mungkin akan tergoda untuk memasang perekam layar penyedia layanan pihak ketiga, akan tetapi alat ini menyediakan cara yang sederhana serta efisien untuk merekam layar.

Hal yang harus dilakukan pertama adalah dengan menekan Command + Shift + 5 pada keyboard Anda untuk membuka utilitas Tangkapan Layar.

Kemudian di jendela yang muncul, Anda akan melihat dua opsi pilihan untuk perekaman layar: Rekam Seluruh Layar atau Rekam Bagian yang Dipilih.

Bila Anda memilih Rekam Seluruh Layar, ikon kamera akan muncul sebagai kursor mouse yang bisa digunakan.

Hal ini tentunya memungkinkan Anda merekam layar dengan sangat mudah, terutama jika menggunakan lebih dari satu layar monitor.

Sebaliknya, bila Anda lebih memilih Rekam Bagian yang Dipilih, Anda dapat menyesuaikan ukuran bingkai dengan melakukan penyeretan sudut kotak yang pastinya terlihat.

BACA JUGA: Apple di Jalur Pengembangan iPhone dan iPad Lipat, Tantangan Daya Tahan dan Desain Tipis

Bisa jadi ini lebih memungkinkan Anda untuk merekam area tertentu dari layar monitor yang Anda kehendaki.

Setelah memilih salah satu opsi perekaman, yang bisa Anda lakukan adalah mengklik Opsi untuk menyesuaikan pengaturan seperti misalnya pilihan mikrofon, lokasi penyimpanan, serta apakah Anda ingin merekam klik mouse atau bukan.

Baru kemudian opsi tekan tombol Record untuk memulai perekaman.

Info tambahan, untuk menghentikan proses perekaman, Anda bisa mencari ikon Berhenti yang biasanya meniliki tombol kecil di bilah menu macOS lalu segera untuk mengkliknya.

Sebagai alternatif untuk shortcut cepat bisa melakukannya dengan menekan Command + Control + Esc untuk menghentikan perekaman secara cepat.

Apabila Anda perlu mengakses misalnya opsi lain atau menghentikan perekaman, Anda bisa kembi menekan Command + Shift + 5 lagi untuk membuka kembali jendela utilitas Tangkapan Layar.


2. QuickTime Player


Screen Record MacBook
Screen Record MacBook QuickTime Player - SwaraWarta.co.id (Sumber: Apple)



Di atas telah dibahas sepintas. Salah satu metode alternatif untuk Cara Screen Record di Macbook adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan QuickTime Player.

Di luar utilitas Tangkapan Layar yang sudah tersedia, QuickTime Player bisa memberikan kendali langsung dari aplikasi tersebut, yang mungkin bisa berguna terutama untuk pengguna Mac lama yang menjalankan macOS High Sierra atau versi lebih lama lagi.

Untuk proses awal buka terlebih dahulu menu bar QuickTime Player.

Untuk mudahnya, Anda dapat menemukan aplikasi ini di folder Aplikasi atau dengan menggunakan fitur pencarian Spotlight yang tersedia di sistem.

BACA JUGA: Apple Resmikan iPhone 15 Pro dan Pro Max: Desain Tipis, Material Titanium, dan Performa Unggulan

Setelah itu kemudian buka, dan langkah selanjutnya adalah dengan memilih "File" dari bilah menu di bagian atas layar Anda, lalu pilih dan klik "Perekaman Layar Baru".

Setelah opsi tersebut Anda pilih, QuickTime Player akan segera menampilkan overlay yang memungkinkan Anda untuk memilih berbagai opsi yang tersedia untuk merekam layar.

Tersedia  dua opsi pilihan yang akan muncul, yakni antara "Rekam Seluruh Layar" atau "Rekam Bagian yang Dipilih", hal ini hampir mirip dengan utilitas Tangkapan Layar yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Setelah memilih opsi yang sesuai, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya tentu saja bisa langsung melakukan perekaman dengan mengklik tombol "Rekam".

Maka QuickTime Player akan segera melakukan tugasnya dengan otomatia yakni mulai merekam layar sesuai dengan preferensi yang Anda inginkan.

Pada saat proses perekaman sedang berlangsung, Anda mungkin akan melihat indikator yang menunjukkan bahwa perekaman sedang berlangsung.

Apabila Anda telah merekam semua yang Anda butuhkan, maka Anda bisa langsung mengakhiri sesi perekaman dengan mengklik ikon "Berhenti" di bilah menu macOS.

Setelah Anda menghentikan proses perekaman tersebut, hasil video yang tadi direkam akan langsung terbuka di jendela QuickTime Player.

Biasanya setelah hasil video tadi terbuka, maka Anda memiliki opsi untuk melakukan pengeditan sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai informasi tambahan, QuickTime Player menyediakan tool di sistem untuk memangkas video, memutar video, atau bahkan menambahkan catatan suara jika memang diperlukan.

BACA JUGA: Brand Paling Berharga di 2023 Versi Forbes: Amazon di Puncak, Apple Turun

Kemudian Anda juga bisa menggunakan alat-alat ini untuk menghasilkan video yang lebih baik dan lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bila misalnya Anda telah selesai melakukan pengeditan video, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan menyimpan file-nya.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan ini dengan memilih "File" dari bilah menu, lalu pilih "Simpan" atau menggunakan pintasan pada keyboard dengan menekan Command + S.

Setelah itu pula, Anda kemudian akan diminta untuk memilih lokasi tempat penyimpanan file dan biasanya juga diminta untuk memberikan nama file hasil video rekaman Anda.

Setelah Anda menyelesaikan semua proses penyimpanannya, hasil rekaman video akan tersimpan di komputer Anda dan siap untuk dibagikan atau digunakan sesuai kebutuhan Anda kapan saja.

Dengan menggunakan QuickTime Player, Anda bisa dengan mudah merekam layar Mac Anda tanpa perlu mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan yang banyak tersedia di internet.

Sepertinya ini merupakan cara paling cepat, mudah, dan juga sangat efisien untuk membuat video tutorial, merekam presentasi, atau berbagi aktivitas penggunaan layar Anda dengan orang lain.

Dengan berbagai opsi yang tersedia, Anda tentunya bisa menghasilkan video yang sesuai dengan kebutuhan atau preferensi Anda pribadi dengan sangat cepat dan juga mudah.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.