Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Game Asah Otak yang Layak Dicoba untuk Menakar Seberapa Pintar Anda

Game Asah Otak
Teka Teki Silang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Penggunaan Game Asah Otak untuk meningkatkan fungsi mental dan mencegah penuaan otak tidak terbatas pada usia tertentu.

Dukungan untuk hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa Game Asah Otak setidaknya bisa membantu meningkatkan tingkat perhatian, memori, waktu respons, keterampilan logika para penggunanya.

Dan yang tak kalah pentingnya, Game Asah Otak bisa untuk mengukur hal lain yang berhubungan dengan fungsi kognitif jika dimainkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ada banyak Game Asah Otak yang bisa pengguna unduh di internet, mulai dari Sudoku dan Teka-Teki Silang versi digital hingga aplikasi latihan otak khusus, yang tentunya pilihan permainannya sangatlah beragam.

Untuk memberikan latihan pada otak Anda sambil bersenang-senang, cobalah Game Asah Otak berikut berikut yang bisa meningkatkan fokus serta kebugaran mental Anda.

Kita ambil contoh Sudoku yang merupakan permainan yang populer dan dapat dimainkan oleh siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Game Asah Otak Ini melibatkan penyelesaian kotak 9x9 dengan mengisi angka dari 1 hingga 9 sedemikian rupa sehingga setiap baris, kolom, dan kotak 3x3 mengandung semua angka tanpa sebuah pengulangan.

Kemudian ada pula Game Asah Otak Teka-Teki Silang atau Crosswords yang juga merupakan latihan otak yang baik.

Game ini dimainkan dengan cara mengisi kotak-kotak putih dengan menggunakan kata-kata yang harus sesuai dengan clue yang telah diberikan, dengan tentunya mempertimbangkan huruf-huruf yang sudah ada di kotak.

Kemudian Game Asah Otak lainnya ada permainan papan seperti Scrabble atau permainan kartu seperti Bridge juga dapat membantu melatih otak Anda.

BACA JUGA: Jenis-Jenis Game Watch: Membahas Ragam Permainan Genggam dari Nintendo

Kedua game ini tentunya melibatkan pemikiran strategis, perencanaan, serta pengambilan keputusan yang dapat membantu meningkatkan keterampilan kognitif Anda.

Selain itu, ada aplikasi khusus yang dirancang untuk melatih otak Anda.

Aplikasi ini menyajikan ragam permainan juga latihan yang telah diset untuk meningkatkan berbagai aspek peningkatan fungsi otak, mulai dari daya ingat hingga fokus.

Game Asah Otak yang Bisa Mengetas Tingkat Kepintaran Para Penggunanya


Dengan beragam pilihan Game Asah Otak, Anda bisa memberikan latihan yang bervariasi pada otak Anda sambil menikmati waktu luang.

Tapi ingat untuk tetap konsisten dan terlibat secara teratur dalam aktivitas-aktivitas ini untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kesehatan otak Anda.


1. Sudoku


Game Asah Otak
Sudoku - SwaraWarta.co.id (Sumber: Sudoku)



Game Asah Otak pertama adalah Sudoku yang merupakan permainan penempatan angka yang bergantung pada ingatan jangka pendek.

Untuk menyelesaikan teka-teki Sudoku, para pemain harus melihat ke depan dan mengikuti jejak konsekuensi - jika Anda menempatkan angka 6 di kotak ini, kotak lain harus berisi angka 8 dan yang lainnya angka 4, dan begitu seterusnya.

Jenis perencanaan ini tentunya bisa membantu meningkatkan ingatan jangka pendek dan konsentrasi.

Anda dapat memainkan Sudoku secara online, menggunakan aplikasi di ponsel, atau dengan menggunakan kertas.

Untuk yang versi digitalnya, unduh aplikasi gratis untuk ponsel atau tablet Anda.

BACA JUGA: Rekomendasi Situs Top Up Game Resmi Terpercaya di IDGame, Dijamin Aman dan Proses Cepat

Teka-teki Sudoku tersedia dalam berbagai tingkat kesulitan. Saat pemain baru mulai, mainkan permainan dengan level bawah yang mudah hingga Anda mempelajari aturannya. Jika Anda bermain dengan kertas, gunakan pensil.

Memainkan Game Asah Otak Sudoku secara teratur dapat melatih kemampuan pemikiran Anda, membantu Anda mengembangkan pola pikir yang logis, serta bisa meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.

Selain itu, Sudoku juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang Anda sambil tetap merangsang otak Anda.

2. Game Lumosity


Game Asah Otak
Lumosity - SwaraWarta.co.id (Sumber: PlayStore)



Game Asah Otak yang kedua adalah Lumosity yang merupakan salah satu program untuk pelatihan otak serta kebugaran mental yang paling mapan.

Calon pemain bisa mendaftar untuk akun gratis jika ingin memainkan tiga permainan setiap hari, atau memilih layanan langganan untuk penawaran lebih banyak lagi.

Ada sebuah studi terbaru yang menyebutkan bahwa peserta yang bermain latihan Lumosity selama 15 menit setiap hari dengan minimal tujuh hari seminggu selama tiga minggu mengalami peningkatan perhatian dan kecepatan motorik.

Anda dapat menggunakan Lumosity melalui situs web mereka secara resmi atau mengunduh aplikasi Lumosity di iOS dan Android.

Lumosity juga memiliki aplikasi meditasi dan kesadaran diri bernama Lumosity Mind.

Dengan memanfaatkan aplikasi game Lumosity, Anda dapat secara teratur melatih berbagai aspek fungsi otak Anda, mulai dari perhatian hingga kecepatan motorik.

Dengan menggabungkan latihan otak seperti yang ditawarkan oleh Lumosity dengan aktivitas fisik yang teratur, pola makan sehat, serta tidur yang cukup, Anda bisa membantu menjaga kesehatan otak serta meningkatkan kinerja kognitif Anda secara keseluruhan.

Memperkenalkan rutinitas latihan otak ke dalam hidup Anda dapat memberikan manfaat untuk jangka panjang bagi kesehatan dan kesejahteraan mental Anda.

BACA JUGA: 3+ Aplikasi Game Online Hemat Kuota Dijamin Menyenangkan

3. Crosswords atau Teka-Teki Silang


Game Asah Otak berikut adalah yang sangat populer sejak jaman dulu.

Ada banyak cara untuk memainkan teka-teki silang, baik secara online maupun offline.

Anda akan menemukan banyak pilihan teka-teki silang secara online atau melalui aplikasi gratis ataupun yang berbayar tapi harganya murah.

Situs web AARP menawarkan teka-teki silang harian yang gratis untuk semua orang, tanpa terkecuali.

Apabila bermain teka-teki silang secara teratur, bisa melatih berbagai aspek fungsi otak Anda.

Selain bisa meningkatkan keterampilan bahasa dan kosakata, teka-teki silang juga merangsang untuk pemikiran kreatif, kemampuan menghubungkan informasi, serta pengetahuan dari berbagai bidang.

Mulai dari teka-teki silang dalam koran harian hingga aplikasi online, ada banyak cara untuk menikmati dan memanfaatkan manfaat dari permainan klasik ini.

4. Elevate


Elevate menawarkan berbagai permainan yang berfokus pada membaca, menulis, berbicara, dan juga matematika.

Anda hanya perlu mengunduh aplikasi untuk memainkan 35 (dan terus bertambah) permainan latihan otak yang ditawarkan oleh Elevate, yang memiliki nuansa pendidikan yang kuat.

Aplikasi ini merupakan gratisan (dengan pembelian dalam aplikasi) dan versi iOS serta Android-nya memiliki puluhan ribu ulasan bintang lima.

BACA JUGA: 7 Game Strategi Mobile Terbaik untuk Saat Ini yang Banyak Dimainkan

5. Peak


Peak merupakan Game Asah Otak berikutnya dengan pilihan lain yang hanya tersedia dalam bentuk aplikasi (tersedia untuk iOS dan Android) yang menyediakan permainan otak untuk membantu Anda meningkatkan fokus, dan memori.

Kemudian bisa juga untuk pemecahan masalah, ketangkasan mental, serta lebih banyak fungsi kognitif lainnya.

Jika Anda adalah orang yang kompetitif, Anda mungkin akan termotivasi dengan melihat bagaimana Anda bisa tampil dibandingkan dengan pengguna lain.

Aplikasi ini umunya dapat digunakan secara gratis,  akan tetapi langganan yang murah akan membuka lebih banyak fitur.


Dari kelima Game Asah Otak di atas, tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri-sendiri, tentunya.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.