Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Menarik untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Pekanbaru
Masjid Ann Nur - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Tempat Wisata di Pekanbaru merupakan destinasi wisata yang menawarkan beraneka ragam pesona alam, budaya, serta kuliner yang menarik untuk dijelajahi.

Tempat Wisata di Pekanbaru sangat beragam, mulai dari keindahan bentang alam hingga keberagaman seni dan Budaya, kota ini tentunya memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjungnya.

Pekanbaru meniliki daya tarik utama yang berupa keindahan alamnya yang membentang dari timur ke barat serta dari utara hingga ke selatan.

Sebagai contoh ada Taman Nasional Bukit Rimbang Balingka, Taman Wisata Alam Rimba Hijau, serta Taman Wisata Alam Bukit Kapur yang menawarkan pemandangan alam yang memukau serta kegiatan outdoor-nya yang menarik minat para pecinta alam seperti hiking dan piknik.

Selain itu, Pekanbaru juga kaya akan wisata warisan budayanya.

Sejumlah destinasi bersejarah seperti Istana Siak dan Museum Riau menyajikan berbagai koleksi yang akan memperkaya pemahaman tentang sejarah dan budaya Riau.

Para pengunjung bisa menjelajahi bangunan bersejarah serta artefak-artefak di dalamnya yang memperkuat identitas lokal.

Bagi para pemburu jajanan, tak lupa, kuliner Pekanbaru juga patut dicicipi.

Ragam hidangan tradisional Riau seperti nasi dagang, gulai ikan patin, dan sate kerang menjadi pilihan yang menggugah selera, yang sepatutnya Anda coba.

Rasakan pula nikmatnya citarasa lokal yang khas di berbagai warung dan restoran di seluruh kota yang ada di Pekanbaru.

Dengan pesona alamnya yang indah, keberagaman budaya, serta menawarkan kenikmatan kulinernya, Pekanbaru merupakan destinasi wisata wajib yang layak untuk dikunjungi bagi siapa pun yang ingin merasakan keunikan dan keindahan kota ini.

BACA JUGA: 4 Tempat Wisata di Siantar Tema Keluarga yang Pastinya Akan Membuat Betah Berlama-lama

Tempat Wisata di Pekanbaru yang Layak untuk Dikunjungi

Pekanbaru, dengan kekayaan wisata budaya, sejarah, kuliner, dan masjidnya, juga menawarkan iklim bisnis yang subur di bumi Lancang Kuning.

Berbagai simbol khas Suku Melayu sebagai suku mayoritas yang mendiami wilayah Pekanbaru bisa dengan mudah ditemukan di tempat-tempat pelayanan publik seperti pusat perkotaan juga beberapa di daerah pesisir pantai.

Jika Anda berencana untuk menghabiskan waktu yang lama di Pekanbaru, berikut 10 Tepat Wisata di Pekanbaru yang cocok untuk dikunjungi.

1. Objek Wisata Danau Buatan Kayangan

Tempat Wisata di Pekanbaru
Danau Kayangan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Berada di Kecamatan Rumbai, tempat Wisata di Pekanbaru ini hanya membutuhkan sekitar 45 menit perjalanan bila kita berangkat ke danau tersebut dari arah pusat kota.

Di destinasi wisata danau ini terdapat berbagai fasilitas, yang mencakup tribun pengunjung, area taman bunga, panggung untuk acara hiburan, serta fasilitas publik lainnya.

Danau ini sangat ramai dikunjungi oleh para pelancong pada saat hari libur, ini tentunya mereka lakukan sekadar menikmati indahnya alam sekitar danau sekaligus untuk melepas ketegangan pikiran setelah seminggu bekerja. 

Di sekitar danau, para pengunjung bisa berfoto ria atau mengambil konten untuk video, juga bisa bersantai, kalau mau mencoba sepeda air juga bisa, serta menikmati hiburan di akhir pekan.

2. Masjid An-Nur

Tempat Wisata di Pekanbaru
Masjid An Nur - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Pekanbaru berikutnya adalah Masjid An-Nur yang ikonik itu, dengan arsitekturnya yang mirip dengan arsitektur Taj Mahal di India.

Para fotografer kerap mengabadikan gambar masjid ini dari jarak jauh dengan latar belakang kolam air, menyerupai Taj Mahal.

Terdapat beberapa fasilitas pendukung yang ada di masjid ini termasuk di dalamnya adalah fasilitas eskalator yang berfungsi sebagai penghubung antara lantai satu dengan lantai dua

Bukan hanya itu di kedua lantai tersebut merupakan lokasi dari kantor-kantor lembaga keagamaan penting seperti misalnya MUI.

3. Hutan Kota Pekanbaru

Tempat Wisata di Pekanbaru
Hutan Kota Pekanbaru - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Wisata berikutnya adalah taman kota, yang merupakan area hijau terbuka di tengah panasnya cuaca kota.

Tepatnya di Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru menawarkan tempat wisata hutan rimbun yang hijau dan rindang untuk sekadar melepas lelah atau juga berteduh dan bersantai ria.

Area Hutan ini dilengkapi dengan jalur trekking untuk olahraga, ada parit-parit yang indah, serta beberapa spot gazebo untuk istirahat.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Palembang yang Hits dan juga Populer

4. Kawasan Asia Heritage

Merupakan salah satu destinasi wisata terbaru yang menarik untuk dikunjungi di Pekanbaru.

Tempat Wisata di Pekanbaru yang satu ini menyajiikan banyak ikon-ikon landmark yang terkenal dari berbagai negara di Asia, hal ini tentunya menciptakan spot foto yang menarik dan unik dengan aksen instagramable yang kental.

Di Asia Heritage, para pengunjung bisa fotio selfie di ikon landmark dunia seperti Masjid Cheng Ho, juga Jeju Village.

Tidak ketinggalan ada landmark dunia lainnya mulai dari Floating Market, Little Kyoto, Rainbow Slide, serta landmark dunia lainnya.

Para pengunjung dapat berfoto dengan kostum tradisional seperti kimono dan hanbok di lokasi wisata ini.

Hanya dengan Rp. 30 ribu rupiah, para pengunjung sudah bisa masuk dan berfoto sepuas hatinya tanpa perlu khawatir kehabisan spot cantik.

5. Objek Wisata Taman Wisata Alam Mayang

Merupakan tempat wisata timeless yang masih populer hingga saat ini.

Di Alam Mayang, para pengunjung bisa menikmati berbagai wahana yang tersedia di antaranya area memancing, bermain sepeda air, berkuda, taman bermain anak, outbond, serta lainnya.

6. Makam Marhum Pekan

Merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang sangat terkenal di Kota Pekanbaru,  yang merupakan makam dari tokoh pendiri Kota Pekanbaru di masa lampau.

Makam ini berdekatan dengan lokasi Masjid Raya Senapelan Pekanbaru, sebagai informasi, kawasan ini merupakan titik asal dari pembentukan Kota Pekanbaru.

Makam bersejarah ini kerap dikunjungi oleh wisatawan, terutama menjelang Ramadan, atau Idul Fitri.

7. Desa Okura

Desa Okura, memiliki keunikan, yakni adanya aliran Sungai Siak yang menjadi spot memancing bagi para pengunjung.

Bukan hanya itu, di desa Okura terdapat fasilitas outbond yang bisa dinikmati dengan pemandangan suasana desa yang masih asri dan alami.

Para pengunjung bisa masuk ke desa wisata ini tanpa dipungut biaya sepeser pun alias garatis.

Di lokasi, para pengunjung bisa sekadar berfoto ria seraya menikmati suasana.

Merupakan kawasan Agrowisata Pekanbaru yang pernah populer pada masanya yang juga merupakan destinasi wisata yang mencoba menawarkan berbagai aktivitas uji ketangkasan  populer semisal aktivitas memanah, juga menunggang kuda.

BACA JUGA: 11 Wisata Bengkulu Paling Banyak Dikunjungi oleh Para Wisatawan

8. Destinasi Sejarah Rumah Singgah Tuan Kadi

Rumah ini merupakan sebuah peninggalan bersejarah dari Sultan Kerajaan Siak kala itu dan memberikan pengunjung banyak informasi tentang sejarah kejayaan Kesultanan Siak pada masanya.

Lokasinya dekat dengan sungai Siak, rumah bersejarab ini juga menyediakan spot berfoto yang unik dengan latar belakang sungai.

9. Istana Siak

Meski sudah tidak masuk wilayah Pekanbaru, Istana Siak tetap menjadi landmark ikonik di Pekanbaru.

Di dalamnya terdapat koleksi bersejarah seperti guci yang terbuat dari keramik, sebuah kotak hitam yang sangat fenomenal, keramik, bebagai senjata tradisional, pakaian adat, cermin, serta keberadaan ruangan-ruangan bersejarah lainnya di dalam istana.

10. Objek Wisata Sejarah Museum Sang Nila Utama

Hanya dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp5 ribu rupiah saja, para pengunjung bisa menikmati berbagai koleksi museum, termasuk foto tokoh dan gubernur Riau.

Bukan hanya itu, museum ini juga memamerkan diorama suku asli Riau, senjata kerajaan, pakaian adat, serta berbagai benda bersejarah lainnya dari kerajaan di Riau.


Itulah 10 Tempat Wisata di Riau yang layak untuk dikunjungi para wisatawan.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.