Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Saat Bersekolah Dulu, Apakah Ibu dan Bapak Mempunyai Peran dalam Proses Belajar? Jika Ya, Seperti Apa Peran yang Dimiliki

Saat Bersekolah Dulu, Apakah Ibu dan Bapak Mempunyai Peran dalam Proses Belajar
Saat Bersekolah Dulu, Apakah Ibu dan Bapak Mempunyai Peran dalam Proses Belajar


SwaraWarta.co.id – Saat bersekolah dulu, apakah ibu dan bapak mempunyai peran dalam proses belajar? Jika ya, seperti apa peran yang dimiliki.

Masa sekolah adalah periode krusial dalam pembentukan karakter dan pengetahuan seorang anak.

Selain guru di sekolah, orang tua juga memiliki peran yang tak kalah penting dalam mendukung kesuksesan akademis dan perkembangan anak secara keseluruhan.

1. Motivator dan Pemberi Semangat

Orang tua adalah motivator utama bagi anak. Pujian atas prestasi sekecil apapun, dorongan saat anak mengalami kesulitan, serta keyakinan yang ditunjukkan orang tua terhadap kemampuan anak, akan membentuk semangat belajar yang tinggi.

Anak akan merasa didukung dan termotivasi untuk terus berusaha meraih hasil terbaik.

Baca juga: Mengapa Sampah Plastik Bisa Membuat Lingkungan Menjadi Rusak? Simak Begini Alasannya!

2. Fasilitator dan Pembentuk Lingkungan Belajar yang Kondusif

Menyediakan lingkungan belajar yang nyaman di rumah sangatlah penting. 

Orang tua dapat memastikan anak memiliki ruang belajar yang tenang, menyediakan buku-buku referensi, serta membatasi gangguan seperti televisi atau gadget saat anak belajar. 

Selain itu, menyediakan waktu khusus untuk belajar bersama anak juga dapat membantu anak memahami materi pelajaran dengan lebih baik.

3. Pemberi Teladan dalam Hal Disiplin dan Tanggung Jawab

Anak belajar banyak dari apa yang mereka lihat. Orang tua yang disiplin dalam bekerja, bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas, serta memiliki kebiasaan membaca, akan menjadi contoh positif bagi anak. 

Anak akan terinspirasi untuk meniru kebiasaan baik tersebut dan menerapkannya dalam kegiatan belajar mereka.

4. Mitra Komunikasi dengan Pihak Sekolah

Orang tua perlu menjalin komunikasi yang baik dengan guru dan pihak sekolah. Menghadiri pertemuan orang tua, bertanya tentang perkembangan anak, serta berdiskusi mengenai cara terbaik untuk membantu anak belajar adalah langkah penting dalam menciptakan sinergi antara rumah dan sekolah.

5. Pendukung dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Anak

Selain pelajaran akademis, orang tua juga berperan penting dalam mendukung minat dan bakat anak di luar sekolah. 

Mendaftarkan anak dalam kegiatan ekstrakurikuler, memberikan kesempatan anak untuk mengeksplorasi hobinya, serta memberikan apresiasi atas pencapaian anak di bidang non-akademis akan membantu anak berkembang secara holistik.

Peran orang tua dalam proses belajar anak di sekolah sangatlah besar. Dukungan, motivasi, fasilitas, serta komunikasi yang baik antara orang tua, anak, dan pihak sekolah akan menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendorong anak untuk meraih prestasi terbaik.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter