Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Apa Tujuan dari Dasar Segitiga Restitusi Sisi Satu Menurut Dianne Gossen?

 

Tujuan dari Dasar Segitiga Restitusi Sisi Satu Menurut Dianne Gossen
Tujuan dari Dasar Segitiga Restitusi Sisi Satu Menurut Dianne Gossen

SwaraWarta.co.id - Dianne Gossen adalah seorang ahli pendidikan yang terkenal dengan konsep "Restitusi," sebuah pendekatan yang menekankan pada pemulihan hubungan dan tanggung jawab pribadi daripada hukuman.

Salah satu elemen penting dari pendekatan ini adalah "Dasar Segitiga Restitusi Sisi Satu."

Tujuan dari konsep ini adalah untuk membantu individu, terutama siswa, memahami dan memperbaiki perilaku mereka dalam konteks tanggung jawab pribadi dan hubungan positif.

Pemahaman Dasar Segitiga Restitusi Sisi Satu

Dasar Segitiga Restitusi Sisi Satu terdiri dari tiga elemen utama: kepemilikan, empati, dan solusi. Setiap elemen ini memiliki tujuan spesifik yang saling berkaitan untuk mencapai pemulihan yang efektif.

1. Kepemilikan (Ownership): Tujuan pertama dari dasar segitiga ini adalah membantu individu untuk mengambil tanggung jawab penuh atas tindakan mereka.

Dalam konteks pendidikan, ini berarti siswa diajak untuk mengakui kesalahan mereka tanpa menyalahkan orang lain atau situasi.

Dengan demikian, mereka belajar untuk melihat konsekuensi dari tindakan mereka sendiri dan memahami peran mereka dalam menciptakan atau mengatasi masalah.

Baca juga: Apa Saja Aspek yang Perlu Dipertimbangkan Saat Guru akan Melakukan Modifikasi Pembelajaran?

2. Empati (Empathy): Tujuan kedua adalah mengembangkan empati, yaitu kemampuan untuk merasakan dan memahami perasaan orang lain yang terdampak oleh tindakan mereka.

Ini sangat penting dalam proses restitusi karena tanpa empati, sulit bagi seseorang untuk benar-benar menyadari dampak dari perilaku negatif mereka terhadap orang lain.

Dengan mengembangkan empati, siswa belajar untuk lebih menghargai perspektif dan perasaan orang lain, yang pada gilirannya membantu dalam membangun hubungan yang lebih baik dan saling menghormati.

3. Solusi (Solution): Tujuan terakhir adalah menemukan solusi yang konstruktif dan realistis untuk memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. Ini bukan sekadar meminta maaf, tetapi juga melibatkan tindakan konkret yang menunjukkan komitmen untuk berubah dan memperbaiki situasi.

Proses ini melibatkan keterlibatan aktif dari individu dalam mencari cara untuk membuat situasi menjadi lebih baik dan memastikan bahwa kesalahan yang sama tidak terulang di masa depan.

Dengan menerapkan Dasar Segitiga Restitusi Sisi Satu, Dianne Gossen berharap untuk menciptakan lingkungan di mana individu merasa dihargai dan didukung dalam perjalanan mereka menuju perbaikan diri.

Ini bukan hanya tentang mengatasi perilaku negatif, tetapi juga tentang membangun karakter yang kuat dan hubungan yang sehat. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat berkembang menjadi individu yang lebih bertanggung jawab, empatik, dan solutif, baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial mereka

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter