Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Berduka, Papua Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk Melepaskan Kepergian Mendiang Lukas Enembe


Pemerintah Papua keluarkan edaran bagi masyarakat untuk pasang bendera setengah tiang
Pemerintah Papua keluarkan edaran bagi masyarakat untuk pasang bendera setengah tiang sebagai penghormatan kepada mendiang Lukas Enembe.
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id
- Papua sedang mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari untuk menghormati mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Lukas Enembe meninggal saat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta pada Selasa (26/12) pukul 10.45 WIB. Ia meninggal akibat gagal ginjal.

Pemerintah Provinsi Papua telah mengeluarkan surat edaran yang menetapkan pengibaran bendera setengah tiang dari tanggal 27 hingga 29 Desember 2023 sebagai tanda penghormatan kepada Lukas Enembe.

Keputusan ini tertuang dalam surat edaran Penjabat (Pj) Gubernur Papua dengan Nomor: 100.3.4.1 / 15267 / SET.

"Penjabat Gubernur Papua mengeluarkan surat edaran pengibaran bendera setengah tiang yang ditujukan kepada para pimpinan instansi pemerintah, TNI-Polri, pimpinan agama, dan lembaga kemasyarakatan serta seluruh masyarakat," ujar Plt Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Papua Yohanes Walilo dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

Yohanes menyatakan bahwa masyarakat Papua merasa sangat berduka atas kepergian Lukas Enembe.

Menurut mereka, Lukas Enembe merupakan pemimpin yang memiliki sumbangsih besar dalam pembangunan di Tanah Papua. 

"Yang mana almarhum Bapak Lukas Enembe adalah tokoh dan pimpinan terbaik di Papua maka sudah sepantasnyalah kita memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum," katanya.

Karena kabar duka ini datang pada hari Natal, maka seluruh elemen masyarakat di Papua merasa sangat terpukul oleh kepergian Lukas Enembe.

"Semua masyarakat sangat berduka cita atas hal ini, dimana saat masih dalam merayakan Natal, kita mendengar kabar duka cita ini," ungkapnya.

Yohanes menghimbau agar seluruh masyarakat tetap menjaga kondisi yang tenang serta damai. 

"Kepada seluruh warga untuk bersama menjaga kedamaian dan keamanan serta saling mendoakan sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum," tandasnya

Dia tidak ingin ada kerusuhan saat jenazah Gubernur Papua 2 periode itu datang pada hari Kamis (28/12).

Wakil Ketua I DPRD Provinsi Papua, Yunus Wonda, mengatakan bahwa makam Lukas Enembe akan berada di halaman rumahnya di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. 

Jenazah Lukas Enembe akan disemayamkan terlebih dahulu di kompleks STAKIN Sentani.

Yunus mengatakan bahwa jenazah Lukas Enembe akan tiba di Bandara Sentani Jayapura pada Kamis (28/12) sekitar pukul 09.00 WIT menggunakan pesawat charter dari Jakarta. 

Ia juga menjelaskan bahwa jenazah Gubernur Papua 2 periode itu akan menjalani upacara terlebih dahulu sebelum dibawa ke rumah duka



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter