Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jokowi Bagikan 1000 Sertifikat Tanah Wakaf di Seluruh Jawa Timur

Jokowi Bagikan 1000 Sertifikat Tanah Wakaf di Seluruh Jawa Timur
Jokowi Bagikan 1000 Sertifikat Tanah Wakaf di Seluruh Jawa Timur.


SwaraWarta.co.id - Presiden Joko Widodo menggelar acara yang luar biasa di Masjid Agung Sidoarjo, di mana beliau menyerahkan tidak kurang dari 1.000 sertifikat tanah wakaf yang tersebar di seluruh Jawa Timur.

Kejadian ini bukan sekadar acara formal, melainkan langkah nyata untuk menghindari potensi konflik dan sengketa atas tanah yang telah diwakafkan.

Dalam orasinya, Presiden menyampaikan keprihatinannya terhadap kasus sengketa lahan yang marak terjadi akibat absennya sertifikat di beberapa lokasi.

Salah satu contohnya adalah masjid di Senayan, Jakarta, yang menghadapi sengketa bernilai miliaran rupiah.

"Waktu diwakafkan enggak ada sertifikat, bapaknya sudah tidak ada misalnya, anaknya berpikir, 'lho itu kok wakaf bapakku di tengah kota? Ini nilainya bisa puluhan miliar.' Di situlah mulai yang namanya sengketa lahan, dan itu kejadiannya di mana-mana," ungkap Presiden

Lebih lanjut, beliau menegaskan pentingnya sertifikat wakaf sebagai dokumen hukum yang membuktikan hak kepemilikan tanah wakaf.

Sertifikat ini bukan hanya sebagai penanda kepemilikan, tetapi juga sebagai langkah preventif untuk menghindari permasalahan hukum di masa depan. "Kalau cucunya nanti mengklaim (tanah) ini punya kakek saya, tunjukkan sertifikat, rampung.

Tapi kalau belum punya, bisa bergulir di pengadilan dan bertahun-tahun akan menjadi sebuah sengketa," tambahnya serius.

Dengan penuh harapan, Presiden berbicara tentang masa depan, di mana setiap tempat ibadah yang berdiri di atas tanah wakaf akan memiliki sertifikat.

Ini bukan hanya sebagai dokumen formalitas semata, tetapi sebagai dasar yang jelas untuk pengembangan tempat ibadah di masa yang akan datang.

"Kita harapkan semuanya bisa kalau mau membangun masjidnya, dan mau memperlebar masjidnya, karena haknya sudah jelas," tandas Presiden dengan penuh keyakinan.

Presiden juga menegaskan bahwa penyerahan 1.000 sertifikat tanah wakaf ini bukan hanya sebagai momen seremonial belaka, tetapi sebagai tonggak awal untuk menjaga warisan keagamaan dan kebajikan sosial.

Dengan senyum tulus, beliau menekankan bahwa kebijakan ini sejalan dengan visi pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang harmonis, di mana masyarakat dapat menjalankan ibadahnya dengan penuh kedamaian dan tanpa beban hukum yang tidak perlu.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter