Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

KPU Meminta Para Anggota KPPS Melakukan Tes Kesehatan Mendasar

KPU Meminta Para Anggota KPPS Melakukan Tes Kesehatan Mendasar
KPU Meminta Para Anggota KPPS Melakukan Tes Kesehatan Mendasar


SwaraWarta.co.id - Dalam persiapan menyambut Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajukan permintaan unik kepada pemerintah daerah (pemda).

Mereka mengusulkan agar dilakukan pengecekan kesehatan mendasar bagi para pahlawan demokrasi, yakni petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Proses pengecekan tersebut direncanakan akan dilaksanakan di puskesmas atau layanan kesehatan lain.

Anggota KPU RI yang berjiwa pekerja keras, Betty Epsilon Idroos, memberikan pesan melalui keterangan tertulisnya pada Jumat yang bercahaya, 15 Desember 2023.

Menurutnya, upaya ini bertujuan untuk mencegah tragedi yang mirip dengan Pemilu 2019, di mana 894 pahlawan Pemilu menemui ajal, dan 5.175 lainnya terkapar karena sakit.

Betty Epsilon Idroos menegaskan bahwa dalam suasana Pemungutan Suara, jika ada petugas yang merasa kelelahan, mereka dapat dengan mudah digantikan oleh petugas cadangan.

Pasalnya, KPU telah menyiapkan tujuh pahlawan alternatif yang siap bertugas. "Jika ada yang butuh istirahat, kita punya penggantinya," ucapnya penuh keyakinan.

Dari sisi teknis, Betty Epsilon Idroos menjelaskan bahwa para petugas KPPS tidak perlu kerepotan menyalin formulir sebanyak saksi dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

Mereka hanya perlu menyalin satu formulir asli dan membuat fotokopi dengan tanda tangan serta cap basah asli. Cara ini diharapkan dapat meminimalkan risiko kesalahan yang mungkin terjadi.

Untuk memastikan kualitas pahlawan demokrasi yang akan bertugas, KPU menerapkan batasan usia mulai dari 17 tahun, dengan rentang usia maksimal 55 tahun pada hari pemungutan atau pemilihan.

Selain itu, para pahlawan demokrasi ini diharapkan memiliki kondisi jasmani dan rohani yang prima, serta bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Dengan langkah-langkah ini, KPU berharap Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan aman, serta memberikan pengalaman demokrasi yang positif bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pergelangan tangan salut untuk KPU yang tak hanya fokus pada aspek teknis, tetapi juga memperhatikan kesejahteraan pahlawan demokrasi yang bersedia berkarya demi kemajuan bangsa.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter