Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pemerintah Meminta Masyarakat Tidak Perlu Panik dengan Meningkatnya Lonjakan Covid-19 di Negara Tetangga

Pemerintah Meminta Masyarakat Tidak Perlu Panik dengan Meningkatnya Lonjakan Covid-19 di Negara Tetangga
Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo meminta masyarakat tidak panik atas lonjakan kasus Covid-19. (Foto: Dpr.go.id)


SwaraWarta.co.id - Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo, menyerukan kepada masyarakat untuk tetap tenang menghadapi lonjakan kasus Covid-19 di Singapura.

Meskipun demikian, ia menegaskan pentingnya meningkatkan kewaspadaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pandemi mungkin telah berakhir, namun bukan berarti ancaman virus telah sirna.

Dalam pandangan Handoyo, melihat lonjakan kasus di Thailand dan Singapura seharusnya menjadi cambuk bagi kita untuk meningkatkan kewaspadaan.

Mengira bahwa Covid-19 telah hilang hanya karena kondisi darurat sudah berakhir dan aturan-aturan telah dilonggarkan bisa menjadi kesalahan fatal.

Handoyo mengingatkan kita untuk tidak panik, melainkan tetap waspada. Ia menyarankan agar kita tidak dengan mudah mengabaikan fakta bahwa negara tetangga mengalami lonjakan mungkin disebabkan oleh penurunan kekebalan tubuh setelah masa disfungsi imun.

Politisi dari Fraksi PDI-Perjuangan ini juga mendorong pemerintah untuk meningkatkan praktik surveilans guna memantau penyebaran penyakit.

Data yang kuat akan membantu pemerintah dalam meramalkan, mengamati, dan meminimalisasi risiko wabah, epidemi, dan pandemi di masa mendatang.

"Kami mendorong pemerintah untuk meningkatkan sistem surveilans. Dengan memperkuat sistem ini, kita akan memiliki data yang kuat. Dengan harapan, ketika ada gejala atau masyarakat yang mengunjungi fasilitas kesehatan menunjukkan tanda-tanda peningkatan, kita dapat lebih waspada," jelas Handoyo kepada Parlementaria di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, pada hari Selasa, 5 Desember 2023.

Dengan sikap yang bijak dan kewaspadaan yang ditingkatkan, masyarakat diharapkan dapat melalui masa transisi ini dengan lebih aman.

Meskipun tantangan Covid-19 tidak sepenuhnya lenyap, tindakan preventif dan pemantauan yang cermat akan menjadi kunci untuk menjaga kesehatan bersama.

Selain itu, Handoyo juga menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus.

Melibatkan diri dalam program vaksinasi dan mengikuti anjuran pemerintah akan menjadi langkah bijak untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Dengan meningkatnya partisipasi masyarakat, kita dapat menciptakan lapisan pertahanan yang lebih kuat dalam menghadapi potensi gelombang infeksi baru.

Sebagai langkah tambahan, Handoyo menyarankan agar informasi terkait perkembangan situasi kesehatan disampaikan secara jelas dan transparan kepada masyarakat.

Komunikasi yang efektif akan membantu mengurangi kebingungan dan kekhawatiran yang mungkin timbul, serta memastikan bahwa tindakan yang diambil oleh pemerintah mendapat dukungan luas dari publik.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter