Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Hasil Lembaga Survei Asing, Ganjar Pranowo Unggul dalam Elektabilitas

Hasil Lembaga Survei Asing, Ganjar Pranowo Unggul dalam Elektabilitas
Hasil Lembaga Survei Asing, Ganjar Pranowo Unggul dalam Elektabilitas.


SwaraWarta.co.id - Badan survei internasional pada pemilihan presiden Republik Indonesia. Sejauh ini, telah melakukan survei khusus mengenai kemampuan calon presiden Republik Indonesia.

Dalam survei yang dia lakukan pada Desember lalu tentang pemilihan presiden Republik Indonesia 2024, Roy Morgan, perusahaan market research asal Australia, mengumumkan hasilnya.

Studi ini mempertimbangkan 2.630 pemilih yang disurvei dari Juli hingga September 2023.

Hasil survei menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo adalah kandidat yang paling populer dengan 38%, Prabowo Subianto di urutan kedua dengan 30%, dan Anies Baswedan di urutan ketiga dengan 25%.

Di pulau Jawa, yang merupakan pulau terpadat di Indonesia, disebut memiliki dukungan 41% untuk Ganjar. Ini lebih dari 10 poin di atas Prabowo (29%) dan Anies (25 %).

Pulau Sumatera, pulau terpadat kedua di Indonesia dengan 60 juta penduduk, memiliki perbandingan antara Prabowo (33%) dan Ganjar (33%), sementara Anies (28%) berada di urutan ketiga.

Karena dua pulau terpadat berikutnya di Indonesia, Sulawesi dan Kalimantan, masing-masing memiliki sekitar 20 juta penduduk, Menteri Pertahanan Prabowo memiliki keunggulan.

Di Sulawesi, Prabowo memimpin dengan 42% di depan Ganjar dengan 33% dan Anies dengan 22%. Di Kalimantan, Prabowo juga unggul tipis atas Ganjar dengan 25% dan Anies dengan 25%.

PDI Perjuangan akan menang dengan 34,5% dari Juli hingga September 2023, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Roy Morgan.

Ini dua kali lipat dari partai calon Presiden Prabowo, Gerindra, yang saat ini berada di peringkat kedua dengan 16,5%.

Partai Demokrat berada di peringkat ketiga dengan 12%, disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 10%, Golkar dengan 8%, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 5%.

Selain itu, partai-partai lain yang mendapatkan dukungan kurang lebih 4 persen adalah NasDem dengan 4 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 1,5 persen, Partai Amanat

Michele Levine, Chief Executive Officer Roy Morgan, menyatakan bahwa PDIP dan Ganjar mungkin memenangkan pileg dan pilpres RI.

Meskipun demikian, aspek keberlanjutan kebijakan Presiden Jokowi menjadi sangat penting.

"Hasil jajak pendapat yang dilakukan Roy Morgan menunjukkan akan ada keberlanjutan dari kebijakan Presiden Jokowi saat ini, dengan partainya, PDIP, akan menjadi pemenang besar pada pemilu tahun depan."

 

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter