Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Apa Arti Major dalam CV, Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

 

Apa Arti Major dalam CV, Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!
Arti major dalam CV (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Banyak orang yang menganggap bahwa memilih program studi atau major saat kuliah hanyalah masalah pilihan pribadi. 

Namun, hal ini jauh dari benar karena major menentukan masa depan karir seseorang. Sebagian besar mahasiswa baru awalnya merasa bingung dan cemas tentang bagaimana memilih major yang tepat. 

Tips Memilih Major dengan Benar

Major sendiri merupakan program studi yang bisa diambil mahasiwa saat kuliah. Selain itu, major digunakan sebagai penambah branding dalam CV.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memilih major tertentu, adakah pertimbangan penting yang perlu kamu lakukan?

1. Ketahui Pengertian Major

Pertama, ketahui bahwa major adalah program studi yang sangat penting selama masa kuliahmu. 

Major adalah program studi utama yang memerlukan waktu tiga hingga empat tahun untuk selesainya, dan biasanya memerlukan pilihan mata kuliah tambahan yang mendukung program studi tersebut.

Setiap major memiliki kurikulum yang berbeda dan setiap universitas atau perguruan tinggi menyediakan major yang berbeda pula. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memilih major yang sesuai dengan minat dan bakat pribadimu.

2. Pilih Major yang Tepat

Kedua, memilih major yang tepat sangat penting untuk sukses dan stabilitas karir kita kelak di masa depan. 

Memilih major yang tepat bisa menjadi pintu gerbang untuk karir yang kamu idamkan atau bahkan menjadi penghalang untuk mencapai tujuan kamu.

Kamu perlu memikirkan faktor apa yang ingin kamu kembangkan selama kuliah, seperti kemampuan akademik dan profesional, keterampilan interpersonal dan kepemimpinan. 

Major yang dipilih, harus membantu meningkatkan potensimu dalam aspek-aspek tersebut agar kamu siap menghadapi tantangan karir di masa depan.

3. Pilih Major Sesuai Tujuan 

Ketiga, ketika kamu memilih major jangan hanya fokus pada yang populer atau "saat ini banyak diminati". 

Pilihan majormu harus sesuai dengan tujuan ke depan agar kamu terus termotivasi untuk mempelajari dan menggapai karier yang kamu inginkan.

4. Minta Saran dari Konselor Akademik

Jika kamu masih bingung, kamu bisa meminta saran dari konselor akademik atau teman yang telah memiliki pengalaman serupa. 

Konselor akademik adalah sumber daya yang sangat berguna di perguruan tinggi karena mereka dapat membantu memilih program studi dan membantu mengidentifikasi program studi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Sumber informasi yang lain adalah sejumlah laporan mengenai historia data mengenai lapangan pekerjaan, peluang karir produk yang akan datang, trashold gaji minimum hingga maksimum secara nasional dan global serta trend pekerjaan masa depan.

Terdapat banyak jadwal okupasi yang akan berkembang dalam 10 tahun ke depan yang bisa kamu pastikan memilih major kamu agar terlindungi dari pengangguran. Kamu juga harus mempertimbangkan gaji dan perspektif karir di bidang tersebut.

Memilih major yang tepat dapat memiliki dampak besar pada kesuksesan akademik dan karir seseorang. 

Oleh karena itu, penting untuk memilih major berdasarkan minat dan bakat pribadi, serta mengevaluasi faktor-faktor seperti persyaratan kurikulum, peluang karir, dan jenis pekerjaan yang tersedia setelah lulus. 

Dengan mengikuti panduan ini, mahasiswa dapat memilih major yang tepat dan mencapai kesuksesan di masa depan.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter