Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Rahasia dibalik Puasa Ramadhan yang Jarang diketahui

 


Ilustrasi orang beribadah di bulan ramadhan
Ilustrasi orang beribadah di bulan ramadhan
( Dok. Istimewa


SwaraWarta.co.id
- Rahasia di balik puasa ramadhan jarang sekali diketahui oleh sejumlah umat muslim.

Dalam mencari rahasia di balik puasa ramadhan seseorang harus senantiasa fokus beribadah. 

Deretan Rahasia di Balik Puasa Ramadhan

Berikut ini rahasia di balik puasa ramadhan yang wajib untuk diketahui oleh sejumlah umat muslim:

1. Menguatkan Jiwa

Pertama, puasa Ramadhan dapat membantu menguatkan jiwa. Dengan menahan nafsu makan, minum, dan hawa nafsu lainnya, seseorang dapat lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam hidupnya seperti ibadah dan memperbaiki diri. 

Selain itu, puasa Ramadhan juga dapat membantu seseorang mengendalikan emosi dan mengembangkan kemauan yang lebih kuat.

2. Mendidik Kedisiplinan

Kedua, puasa Ramadhan dapat membantu mendidik kemauan dan disiplin. Dengan menahan diri untuk tidak makan dan minum selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengembangkan kemauan yang lebih kuat dan lebih disiplin dalam menjalani hidupnya. 

Selain itu, puasa Ramadhan juga mengajarkan seseorang untuk menghargai waktu dan menjadikannya lebih produktif dalam berbagai hal.

3. Badan Lebih Sehat

Ketiga, puasa Ramadhan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan badan. Meskipun mungkin terlihat tidak masuk akal, puasa Ramadhan sebenarnya dapat membantu seseorang memperbaiki kesehatannya secara keseluruhan. 

Selama bulan ini, tubuh kita memiliki waktu untuk membersihkan diri dari berbagai toksin dan meremajakan sel-sel tubuh.

4. Mengenal Nilai Kenikmatan

Keempat, puasa Ramadhan juga mengajarkan seseorang mengenal nilai kenikmatan. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang cenderung mengambil segala sesuatu yang mereka miliki untuk granted. 

Namun, dengan berpuasa, seseorang dapat lebih menghargai makanan, minuman, dan berbagai pasokan lainnya yang mungkin sudah menjadi benda yang rutin dan wajar.

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasati Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih (QS 14:7).

5. Menumbuhkan Jiwa Sosial

Kelima, puasa Ramadhan juga dapat membantu seseorang merasakan penderitaan orang lain. Banyak orang di seluruh dunia yang harus mengalami kelaparan dan kesulitan dalam mencari makanan. 

Dengan merasakan sendiri hal ini selama bulan puasa, seseorang dapat lebih memahami dan lebih bersimpati dengan mereka yang hidup di kondisi yang sulit seperti itu.

 “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’a kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui (QS 9:103).

Secara keseluruhan, puasa Ramadhan adalah waktu yang sangat berharga bagi setiap Muslim di seluruh dunia. 

Seperti yang telah kita lihat, puasa Ramadhan memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak begitu jelas pada awalnya.

Dari menguatkan jiwa dan mendidik kemauan, hingga mengenal nilai kenikmatan dan merasakan penderitaan orang lain, semua hal ini menjadi rahasia di balik puasa Ramadhan yang sangat penting dan patut untuk dipahami oleh setiap Muslim.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter