Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

12 Tempat Wisata di Majalengka Bertema Alam yang Tentunya Indah dan Menyegarkan

Tempat Wisata di Majalengka
Petilasan Prabu Siliwangi - SwaraWarta.co.id (Sumber: WisataHits)


SwaraWarta.co.id - Selepas dari Depok, kita bergeser ke Tempat Wisata di Majalengka yang juga tidak kalah menariknya.

Tempat Wisata di Majalengka pun memiliki beraneka ragam destinasi yang bisa dipilih yang disesuaikan dengan keinginan.

Tempat Wisata di Majalengka ini menyajikan beragam keindahan serta beragam tema yang bisa dipilih untuk memuaskan para pengunjung yang menginginkan liburan yang meninggalkan kesan mendalam.

Majalengka yang letak administratifnya termasuk ke dalam wilayah Jawa Barat, berada di area yang berdekatan dengan Indramayu dan Cirebon.

Tempat Wisata di Majalengka Bertema Alam Paling Banyak Dikunjungi


Tempat Wisata di Majalengka ini didominasi oleh objek-objek wisata yang bertemakan wisata alam, baik air terjun, danau, situ, atau tempat-tempat lain yang kental akan panorama alamnya yang hijau.

Tetapi, objek wisata Majalengka sendiri tidak melulu berbau pesisir, tetapi malah sebaliknya berbau dataran tinggi, bukit, dan pegunungan.

Tempat Wisata di Majalengka sekali lagi banyak macam dan ragamnya. Kalau penasaran di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

1. Curug Kapak Kuda


Tempat Wisata di Majalengka
Curug Kapak Kuda - SwaraWarta.co.id (Sumber: NativeIndonesia)



Tempat Wisata di Majalengka yang pertama berupa objek wisata alam yang berupa air terjun, yang warga lokal sebut sebagai Curug Kapak Kuda.

Air terjun yang memiliki ketinggian airnya 20 meter ini menyajikan pemandangan alam di sekitarnya yang luar biasa.

Berada di kawasan rimbun Tapak Kuda, Lemahsugih, destinasi wisata alam ini banyak dikunjungi orang meski untuk sampai ke tempat tujuan membutuhkan perjuangan karena medan tempuhnya.

2. Taman Dinosaurus Buana Marga


Tempat Wisata di Majalengka
Taman Dinosaurus Buana Marga - SwaraWarta.co.id (Sumber: X.com)




Terletak di daerah Lemahsugih, objek wisata keluarga Taman Dinosaurus Buana Marga ini sangat cocok dikunjungi sambil membawa buah hati kita masing-masing.

Di lokasi ini, para pengunjung akan disuguhi oleh replika binatang purba yang telah lama punah, yakni dinosaurus dalam ukuran antara 2 meter hingga 15 meter.

Lokasi ini tentu saja sangat diminati terutama oleh anak-anak, tetapi bagi para remaja pun tetap masih cocok untuk berku jung.

Di taman dino ini para pengunjung bisa berfoto ria sepuasnya, seraya menikmati pemandangan alamnya yang juga tidak kalah memukau.

3. Petilasan Prabu Siliwangi


Tempat Wisata di Majalengka selanjutnya adalaj Petilasan Prabu Siliwangi, merupakan tempat wisata yang berbau sejarah.

Terletak di lereng Gunung Ciremai, lokasi wisata ini dipercaya sebagai tempat istirahatnya Raja Padjajaran, Prabu Siliwangi.

Selain dikunjungi untuk menikmati pemandangan alam di sekitarnya yang indah dan asri, tempat wisata ini juga biasa dikunjungi untuk aktivitas ziarah.

Di lokasi ini juga dapat ditemukan 2 situ yang tak kalah indahnya yang bisa dinikmati yakni Situ Cikahuripan dan juga Situ Cipadung.

Untuk tiket masuk ke tempat sakral ini, para pengunjung hanya akan dikenai tarif sebesar Rp. 10 ribu sampai Rp. 15 ribu per orangnya.

4. Paralayang Gunung Panten


Bagi para penyuka dunia petualangan yang mempertaruhkan adrenalin, tempat wisata di Majalengka yang satu ini sepertinya sangat cocok untuk dikunjungi.

Untuk lokasi tempat olahraga yang sangat memicu adrenalin ini berada di kawasan perbukitan desa Sudamukti.

Selain tempat dilakukan peluncuran paralayang, di lokasi ini pun bisa dinikmati panorama alamnya yang juga sangat indah.

5. Talaga Herang


Herang dalam bahasa Sunda artinya jernih, hal itulah yang menjadi rujukan objek wisata ini disebut sebagai Talaga Herang karena air di danau ini,

atau disebut sebagai Talaga, airnya sangat jernih sehinhga vegetasi yang ada di dasar telaga beserta ikan-ikan di dalamnya bisa terlihat dengan jelas.

Lokasi Tempat Wisata di Majalengka Talaga Herang ini berada di kawasan Jerukleueut, Sindawangi.

Para pengunjung pastinya akan dimanjakaj dengan keberadaan ikan-ikan yang berenang bebas di dalam air telaga yang sangat jernih ini.

6. Bukit Mercury Sayang Kaak


Merupakan area terbuka tempat basecamp perkemahan yang areanya terbilang unik dengan menyajikan keindahan alam yang luar biasa cantiknya.

Berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, Bukit Mercury menghadirkan suasana yang menyegarkan serta damai.

Berada di kawasan Tejamulya, Argapura tempat ini sangat cocok bagi para pengunjung yang sedang ingin merelaksasi pikirannya yang sedang penat.

Bukit Mercury merupakan salah satu areal wisata yang masih bersinggungan secara langsung dengan kawasan hutan wisata Taman Nasional Gunung Ciremai.

7. Situ Janawi Payung


Tempat Wisata di Majalengka selanjutnya adalah Situ Janawi Payung yang merupakan sebuah danau alam yang letaknya berada di atas perbukitan di Desa Payung, Rajagaluh.

Danau ini sendiri memiliki luas hingga mencapai satu hektar dengan suasana alamnya yang tenang.

Di Situ ini sudah disediakan gazebo untuk sekadar istirahat seraya menyaksikan permukaan air situ yang tenang berpadu dengan hijaunya pohon-pohon di sekeliling danau.

Air dari Situ Janawi menurut kepercayaan warga lokal, diyakini bisa menjadi obat penyembuh terutama untuk penyakit kulit.

8. Terasering Panyaweuyan Argapura


Jika biasanya istilah terasering diperuntukkan untuk menamai sebuah area berupa sawah di perbukitan, berbeda dengan yang di Panyaweuyan.

Terasering di lokasi ini dibuat untuk perkebunan, khusunya tanaman bawang dan sayur-sayuran.

Lokasi ini sangat menakjubkan indahnya. Berada di atas ketinggian dengan udaranya yang masih segar.

Untuk mengunjungi tempat ini, para pengunjung hanya harus merogoh kocek sebesar Rp. 5 ribu rupiah saja.

9. Puncak Sawiyah


Merupakan objek wisata yang berada di ketinggian sebuah bukit. Suasana alamya sangat menakjubkan terutama kalau dinikmati saat senja ketika matahari hendak tenggelam di peraduannya.

Puncak Sawiyah berada di kawasan Desa Sangiang dengan bentang alamnya yang begitu rupawan.

Tak salah bila berkunjung ke tempat ini ketika ingin menikmati sensasi tatkala sunset.

10. Taman Wisata Cadas Gantung


Tempat Wisata di Majalengka selanjutnya adalah Taman Wisata Cadas Gantung, di mana di tempat ini pengunjung akan menikmati pemandangan alam di bawahnya pada ketinggian 500 hingga 700 meter di atas permukaan laut.

11. Cikadongdong River Tubing


Merupakan wisata alam untuk para penyuka wisata olahraga ekstrim. Di sini para pengunjung bisa bermain rafting atau arung jeram sepuasnya di kawasan sungai yang menantang.

Lokasi wisata ini berada di kawasan Desa Payung, Rajagaluh.

Untuk sumber airnya sendiri langsung mengalir dari lereng Gunung Ciremai.

12. Kebun Teh Cipasung


Bagi yang ingin merasakan sensasi teawalk, di lokasi ini para pengunjung bisa merasakannya sekaligus menghirup udara kebun teh yang menyegarkan.

Terletak di bagian timur Gunung Cakrabuana yang terkenal itu, para pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan alam di sekitar kebun teh.

Asri juga menyegarkan.

Itulah 12 Tempat Wisata di Majalengka yang bertemakan alam, semoga membuka wawasan dan pengetahuan para pembaca yang sedang mencari referensi tempat wisata di Majalengka.

Jadi bagi para penyuka tempat-tempat yang indah, asri, menantang, serta tempat yang bisa menaikkan adrenalin kita, setidaknya Tempat Wisata di Majalengka ini patutlah dicoba.***.


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.