Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mengunjungi 4 Tempat Wisata di Purbalingga yang Lagi In, dan Rasakan Sensasinya

Tempat Wisata di Purbalingga
Kutabawa Flower Garden - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Setelah membahas Kebumen, sekarang saatnya membahas Tempat Wisata di Purbalingga, yang masih berada di Provinsi Jawa Tengah.

Berbeda dengan Kebumen yang terkenal dengan pantai-pantai indahnya, Tempat Wisata di Purbalingga cenderung didominasi oleh objek wisata taman, bukit alam, ataupun pegunungan beserta air terjunnya.

Tempat Wisata di Purbalingga sama halnya dengan pada kebanyakan wisata di Jawa, menyajikan pemandangan alam yang sangat luar biasa.

Letak Purbalingga yang hanya berjarak sekitar empat jam perjalanan dari Daerah Istimewa Yogyakarta tentunya masih bisa terjangkau oleh wisatawan yang kebetulan sedang berkunjung ke Yogya.

Purbalingga sepertinya memiliki hampir semua spot pariwisata yang mengusung tema alam seperti pegunungan, perbukitan, air terjun, terkecuali pantai yang tidak dimilikinya.

Lokasi Purbalingga yang berdekatan dengan Purwokerto yang juga memiliki banyak spot lokasi wisata alamnya juga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Biasanya para wisatawan akan senang bila mendapatkan dua wilayah kota yang berdekatan yang sama-sama memiliki objek wisata yang berlimpah.

Contohnya Purwokerto yang bedekatan dengan Purbalingga yang terkenal dengan wisata alam Batturaden-nya.

Bukan hanya itu, misalnya perjalanan wisata dari Purbalingga lantas lanjut ke Purwokerto dan ditembuskan ke daerah Tegal yang juga satu garis sepertinya menjadi pilihan menarik.

Mungkin Anda bisa berakhir di Kawasan Guci, Tegal setelah transit di Purbalingga. Bagaimana menarik bukan?


Tempat Wisata di Purbalingga


Seperti yang telah dibahas sepintas di atas bahwa tempat wisata di Purbalingga sangat beragam, meskipun didominasi oleh objek wisata bertemakan alam, tetapi hal itu cukup untuk membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Dari banyaknya tempat wisata di Purbalingga, di bawah ini coba kami rangkum dan semoga bisa jadi rekomendasi tempat wisata Anda menjelang liburan lanjang Lebaran yang tinggal hitungan bulan.

1. Kutabawa Flower Garden

Tempat Wisata di Purbalingga
Kutabawa Flower Garden - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Mencerminkan namanya, objek wisata ini tentu saja berupa taman bunga. Di tempat wisata di Purbalingga yang satu ini, para pengunjung akan dimanjakan oleh hamparan bunga warna-warni juga berbagai macam tanaman yang menghijau.

Di sini suasananya sangat segar. Bila biasanya kawasan taman bunga banyak ditemukan di daerah Puncak, Bogor ataupun kawasan Lembang di Bandung, di Purbalingga pun tidak kalah indahnya dari kedua kota tersebut.

Dengan konsep taman bunga, Kutabawa menawarkan keindahan dan kesegaran alam yang asri dan damai.

Ada banyak spot menarik di taman bunga ini yang bisa digunakan untuk berfoto ria, ada banyak landskap buatan dengan latar belakang pegunungan yang hijau yang bisa dimanfaatkan untuk berswafoto ataupun foto bareng-bareng.

Menurut informasi dari pengelola, tercatat kurang lebih terdapat 18 jenis bunga-bungaan yang tumbuh di Kutabawa Flower Garden ini.

Jenis bunga yang ditanam ini kebanyakan bunga dengan jenis yang memiliki kelopak bunga dengan warna-warna cantik semisal merah, kuning, putih, maupun pink.

Bagi para pengunjung yang tertarik ingin memgunjungi taman bunga ini, lokasinya berada di Jalan Raya Kutabawa, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Untuk jam operasional sendiri, taman bunga ini mulai buka pada pukul 05.00 pagi hingga pukul 17.00 atau jam 05 sore hari.


2. Jembatan Cinta Pring Wuluh


Tempat Wisata di Purbalingga
Jembatan Pring Wuluh - SwaraWarta.co.id (Pinterest)



Tempat wisata di Purbalingga berikutnya adalah Jembatan Cinta Pring Wuluh, dimana di objek wisata ini, pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang cantik.

Dimana pada bagian tengah jembatan yang ada di sana membentuk simbol cinta dengan sebuah menara kayu.

Sama halnya dengan menara, jembatannya pun terbuat dari material kayu. Tempat ini sangat cocok bagi para penggemar foto-foto.

Spot-spotnya sangat instragamable, yang cocok untuk diabadikan, sekaligus diunggah ke akun media sosial masing-masing.

Jembatan Cinta Pring Wuluh sangat murah. Untuk para pengunjung yang hendak menikmati Jembatan Cinta, hanya disuruh bayar dengan nominal cuma Rp. 5 ribu rupiah saja.

Lokasinya sendiri berada di Panusupan 03/04, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah.

Untuk jam operasionalnya mulai buka pada pagi hari tepat pada pukul 07.00, sementara tutupnya pada sore hari pukul 18.00.

Objek wisata ini buka setiap hari, baik weekday maupun weekend harga tiket masuk, menurut informasi, sama.

3. Kampung Kurcaci


Tempat Wisata di Purbalingga
Kampung Kurcaci - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat wisata di Purbalingga berikutnya yang terdengar menarik adalah Kampung Kurcaci.

Ini tentu saja mengingatkan kita pada kampung-kampung kurcaci yang kerap dilihat di film-film fantasi. Apakah tempat wisata di Purbalingga ini akan benar-benar seperti ini?

Jika orang-orang pernah berkunjung ke kampung kurcaci atau rumah Bangsa Hobbit di kawasan Yogyakarta atau Bandung, atau kota-kota lainnya, sebaiknya ke Kota Purbalingga pun jangan sampai dilewatkan.

Di objek wisata ini, para pengunjung akan bisa menyaksikan kampung kurcaci yang ukuran kecil.

Meski hanya terdiri dari dua rumah, seperti tidak masalah karena selain kedua rumah kurcaci tersebut sebagai ikonnya, pemandangan alam di sekitar di kaki Gunung Slamet ini tidak kalah cantiknya.

Kedua rumah kurcaci ini tampil mencolok dengan cat rumahnya yang sengaja berwarna jreng, menyerupai rumah dua tokoh Hobbit yang ada di film Lord of The Rings, yakni tokoh Frodo Baggins, dan juga Bilbo.

Selain rumah kurcaci, di objek wisata ini para pengunjung bisa menikmati keasrian suasana di hutan pinus, juga tidak ketinggalan di tempat ini pengunjung juga akan disuguhkan oleh keindahan alam Air Terjun Curug Lawang.

Yang suka hiking atau trekking, sepertinya lokasi ini sangat cocok. Di area ini juga disediakan rumah pohon.

Untuk tiket masuk hanya dikenai tarif sebesar Rp. 5.000 saja. Untuk lokasinya sendiri berada di Kawasan Serang, Karangreja, Purbalingga.

Penasaran untuk datang berkunjung? Jangan sungkan, segera berkemas dan nikmati panoramanya.


4. Curug Tempuran


Tempat Wisata di Purbalingga
Curug Tempuran - SwaraWarta.co.id (Sumber: NativeIndonesia)



Berikutnya di tempat wisata di Purbalingga adalah objek wisata yang berupa air terjun alami, Curug Tempuran.

Di sini para pengunjung sudah mulai dimanjakan oleh suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian meski belum sampai ke lokasi tujuan utama.

Curug ini letaknya tidak jauh dari pusat Kota Purbalingga hingga aksesnya menuju ke sana sangat mudah.

Dengan posisi dekat dengan pusat kota, tentunya objek wisata air terjun ini banyak dikunjungi oleh orang terutama pada saat weekend.

Curug tempuran menawarkan keindahan alamiah air terjun dipadu dengan aliran sungai dan pohon-pohon hijau yang rimbun di sekelilingnya.

Bukan hanya itu, Curug Tempuran memiliki kolam tampung yang luas. Bagi kalian yang suka bermain air, renang, atau sekadar berendam, sepertinya di kolam ini akan betah berlama-lama.

Selain karena airnya yang sejuk, juga suasanannya membuat adem. Bagi yang ingin melepas stress, sepertinya di sinilah tempat yang cocok.

Untuk masuk ke lokasi Curug Tempuran, para pelancong tidak dikenakan tarif  sepeser pun alias gratis.

Untuk indormasi lokasinya sendiri berada di Jalan Raya Binangun nomor 18, Pengalusan, Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.


Masih ada banyak Tempat Wisata di Purbalingga lainnya yang belum dibahas. Untuk sementara cukup 4 objek wisata itu dulu. Selamat berlibur!


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.