Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Amalan Hari Jumat yang Sangat Utama untuk Mendapatkan Keberkahan dan Keridhaan dari Allah SWT

Amalan Hari Jumat
Amalan Hari Jumat - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Di dalam Islam, setiap hari dianggap baik, akan tetapi untuk Hari Jumat tentunya memiliki kedudukan istimewa tersendiri, sehingga Amalan Hari Jumat yang beruba hal-hal baik sangat disarankan.

Hari Jumat juga dikenal sebagai 'Raja' di antara hari-hari lainnya. Pada hari ini, amalan-amalan ibadah atau Amalan Hari Jumat-nya memiliki keutamaan yang lebih besar.

Dan bila Amalan Hari Jumat-nya dikerjakan dengan sungguh'-sungguh penuh keikhlasan, maka Allah SWT akan menerima doa serta permohonan umat dengan lebih baik.

Dari sekian waktu yang ada selama hari Jumat, waktu ping istimewa terletak pada saat Ashar, dan ini sesuai dengan sebutannya yang tak kalah istimewanya, yakni "Sa'at al-istijabah".

Pada hari Jumat, salah satu kewajiban umat Islam yang diharuskan adalah melaksanakan shalat Jum'at secara berjamaah di Masjid-masjid.

Shalat ini tentunya bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan level keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Di samping itu, terdapat juga amalan-amalan sunah lainnya yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat, seperti misalnya membaca surah Al-Kahfi, memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, juga melakukan banyak doa untuk diberi kemudahan setiap masalah juga keselamatan dunia dan akhirat.

Keutamaan-keutamaan tersebut membuat hari Jumat menjadi sebuah momen berharga yang sangat penting bagi umat Islam untuk memperbanyak amalan ibadah serta berdoa.

BACA JUGA: 4 Amalan Ketika Haid yang Boleh Dilakukan

Amalan Hari Jumat yang Sebaiknya Dilakukan untuk Mendapatkan Pahala Berlimpah


Hari Jumat merupakan kesempatan untuk memperbaiki hubungan dengan sesama manusia dan memperbanyak sedekah sesuai dengan apa yang kita punya serta amal kebaikan.

Dengan menjalani hari Jumat dengan penuh keberkahan serta ketaatan yang hanya kepada Allah SWT, umat Islam diharapkan bisa meraih keberkahan dan keberuntungan dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

Oleh sebab hal tersebut, penting bagi umat Islam untuk selalu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada pada hari Jumat untuk meningkatkan ibadah, berdoa, dan serta banyak berbuat kebaikan.

Karena di hari Jumat, banyak keberkahan serta kemurahan hati Allah SWT bisa diraih, kalau mendalatkannya, tentu saja kebahagian dunia akhirat bisa kita capai.

Adapun Amalan Hari Jumat yang disarankan dikerjakan, di antaranya sebagai berikut:


1. Membaca Sholawat


Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak shalawat kepadanya terkhusus pada setiap hari Jumat.

Beliau mengungkapkan bahwa shalawat umatnya akan diperlihatkan kepadanya di setiap hari Jumat, dan siapa pun yang rajin bershalawat kepada beliau, akan menjadi orang yang paling mendekatkan dirinya dengan Rasulullah pada hari kiamat kelak.

Pesan ini menegaskan bahwa betapa pentingnya memperbanyak lantunan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, terutama pada hari Jumat.

Dengan melakukan shalawat, umat Islam tidak hanya mengungkapkan rasa cintanya dan penghormatan kepada Rasulullah semata, tetapi juga ingin mendapatkan keberkahan dan keberuntungan di dunia dan akhirat.

BACA JUGA: 4 Amalan Setelah Sholat Subuh yang Disarankan Dilaksanakan Karena Keutamaannya

2. Mandi untuk Membersihkan Diri


Amalan Hari Jumat
Amalan Hari Jumat - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Said RA, Rasulullah Muhammad SAW telah menganjurkan kepada setiap Muslim untuk mandi pada hari Jumat, kemudian mengenakan pakaian yang terbaik yang bersih dan sopan, juga menggunakan wewangian jika memungkinkan.

Ini tentunya menekankan betapa pentingnya bersih dan rapi saat menjalani hari Jumat, terutama bagi mereka yang akan pergi ke masjid.

Bagi pria Muslim yang akan pergi ke masjid pada hari Jumat, disunnahkan untuk menjaga kebersihan diri dengan mandi, kemudian menggunakan siwak untuk kebersihan gigi dan mulut, serta disarankan untuk memotong kuku.

Membersihkan diri ini tidak hanya berlaku secara fisik tapi lebih dalam lagi artinya membersihkan tubuh, tetapi juga menciptakan suasana yang lebih baik untuk ibadah dan meningkatkan rasa ketaatan kepada Allah SWT.

3. Memperbanyak Membaca Al Quran


Amalan Hari Jumat berikutnya yang juga dianjurkan adalah dengan memperbanyak membaca ayat-ayat dalam Al-Quran.

Setiap huruf yang dibaca dari Al-Quran tentunya memiliki nilai pahala yang sangat besar, sehingga semakin banyak membaca, semakin besar pula pahalanya.

Sudah sangat benderang bahwa Al Quran merupakan petunjuk yang nyata serta falsafah yang isinya adalah ajaran Islam dalam berkehidupan yang baik dan sesuai ketentuan dari Allah SWT.

Dengan membaca Al Quran secara rutin, seseorang bisa memperdalam pemahaman tentang ajaran Islam, juga meningkatkan keimanan, dan bisa memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

Bukan hanya itu, keutamaan membaca Al-Quran juga merupakan bentuk ibadah yang dianjurkan di setiap waktu, termasuk pada hari Jumat yang memiliki kedudukan lebih  istimewa.

Karena hal itu, banyaknya ayat Al Quran yang  dibaca pada saat hari Jumat merupakansatu cara dari sekian cara yang bisa dilakukan dalam mendekatkan diri ke hadirat Allah SWT.

Dengan demikian, penting bagi umat Muslim untuk menjadikan membaca Al-Quran sebagai bagian rutin dalam kehidupan sehari-hari,

serta memanfaatkan setiap kesempatan, termasuk pada hari Jumat, untuk memperbanyak bacaan Al-Quran dan meraih keberkahan serta pahala yang berlipat ganda.

BACA JUGA: 5 Amalan Pembuka Rezeki Bila Diamalkan Secara Terus Menerus

4. Memperbanyak Doa dan Dzikir


Amalan Hari Jumat berikutnya, menurut hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, mengatakan bahwa memperbanyak doa dan zikir sangat dianjurkan dalam Islam, terutama pada hari Jumat.

Pada hari ini, terdapat banyak waktu istimewa di mana setiap doa yang dipanjatkan oleh seorang Muslim yang berdiri dalam shalat akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Ini menunjukkan betapa pentingnya memanfaatkan momen berharga ini untuk memohon kepada Allah SWT.

Karenanya, meninggikan level ibadah, doa dan zikir pada hari Jumat menjadi bagian dari bentuk pendekatan diri Allah SWT untuk kebaikan dan juga keberkah dari-Nya.

Hal Jumat inilah merupakan waktu yang ideal untuk menguatkan hubungan spiritual dengan Allah SWT dan meraih rahmat-Nya.

5. Membaca Surat Al Kahfi


Amalan Hari Jumat
Amalan Hari Jumat - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Amalan Hari Jumat yang luar biasa, yang tentunya patut kita simak.

Sebuah hadis diriwayatkan oleh Abu Sa'id Al-Khudri RA, menyebutkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW pernah menjelaskan istimewanya membaca Surah Al-Kahfi pada saat Jumat.

Beliau menyebutkan bahwa orang yang membaca surat ini akan mendapatkan cahaya yang bersinar di antara dua Jumat.

Kemudian Hadis ini juga memberikan dorongan lain bagi umat Islam untuk memperbanyak membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat sebagai bentuk ibadah yang sangat dianjurkan.

Amalan ini lebih utama dibaca pada awal Jumat, yaitu pasca matahari terbenam pada Kamis, hari sebelumya.

BACA JUGA: 5 Amalan Ibu Hamil yang Sesuai Syariat Islam untuk Mempermudah Masa Persalinan

Surah Al-Kahfi banyak berisi dan mengandung pelajaran-pelajaran penting tentang arti keimanan, ketakwaan, serta kepatuhan hanya kepada Allah SWT.

Membaca surah ini tidak hanya mendatangkan berkah di dunia, tetapi juga dapat memberikan perlindungan seta petunjuk  dari Allah di akhirat.

Membiasakan diri membaca Al Kahfi sangat dianjurkan terutama pada hari Jumat, untuk keberkahan dan ketenangan jiwa, juga tentunya mendapat keridhaan dari Sang Ilahi Rabbi, yakni Allah SWT.


Amalan Hari Jumat ini tidak hanya memberikan cahaya dan berkah di dunia semata, tetapi lebih dari itu tetapi juga menjadi investasi bagi kehidupan akhirat yang lebih baik.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.